Superskrip

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
AbCd
"A superskrip b"
dan "C superskrip d"

Superskrip (arti harfiah: "tulisan yang di atas"; bahasa Inggris: supercript; bahasa Jerman: hochstellung; bahasa Perancis: exposant) adalah suatu tata penulisan huruf yang ditempatkan di atas ketinggian huruf biasa, dan umumnya dalam ukuran lebih kecil dari huruf biasa. Banyak digunakan pada tulisan dalam ilmu alam.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Jenis[sunting | sunting sumber]

Empat lokasi umum penulisan subskrip dan superskrip. Jenis huruf: Myriad Pro. Angka "9" ditulis secara superskrip tinggi, angka "8" superskrip rendah.

Dibedakan penulisan "superskrip" yang melampaui atau tidak melampaui tinggi huruf biasa, masing-masing dinamai "superskrip tinggi" (high superscript) dan "superskrip rendah" (low superskrip). Baik superskrip tinggi dan rendah dapat digunakan untuk mengindikasikan adanya catatan kaki dalam suatu dokumen, seperti "sana5 atau sinixi". Karakter dapat berupa huruf atau angka, bahkan dapat dikombinasi, misalnya "demikian.A.2". Pilihan penggunaan superskrip tinggi atau rendah tergantung dari selera, tetapi penulisan superskrip tinggi lebih umum, karena lebih mudah dikenali di dalam teks.

Superskrip tinggi[sunting | sunting sumber]

Dalam matematika, superskrip tinggi digunakan untuk mengindikasikan suatu bilangan merupakan eksponen dari bilangan lain. Jadi, y4 berarti "y pangkat 4", 2x artinya "2 pangkat x", dan rumus terkenal E = m · c2 memuat pangkat dua dari kecepatan cahaya.

Superskrip rendah[sunting | sunting sumber]

Penulisan superskrip ini biasanya dengan bagian paling atas sama tingginya dengan huruf biasa. Kebanyakan digunakan untuk menulis bilangan ordinal dalam bahasa asing, misalnya dalam bahasa Inggris: 1st, 2nd, 3rd, 4th, yang lebih lazim daripada penulisan 1st, 2nd, 3rd, 4th, meskipun banyak panduan penulisan bahasa Inggris tidak mengharuskan penggunaannya.[1] Bahasa lain yang menggunakan tata penulisan semacam ini termasuk: bahasa Perancis, misalnya 1er atau 2e, atau bahasa Italia, bahasa Portugis dan bahasa Spanyol, misalnya 4ª dan 4º. Superskrip juga digunakan untuk menulis singkatan baku "service mark" ℠ dan "trademark" ™. Tanda copyright © dan registered trademark ® juga sering ditulis superskrip, tergantung jenis huruf.

Pada dokumen atau tanda yang ditulis tangan, jumlah uang dapat ditulis dengan nilai sen dalam bentuk superskrip, misalnya $8⁰⁰ atau 8€⁵⁰. Seringkali angka yang ditulis superskrip itu diberi garis bawah: 8⁰⁰, 8€⁵⁰. Lambang mata uang sendiri dapat pula ditulis superskrip misalnya $80 or 6¢.

Bilangan yang ditulis dalam gaya superskrip dapat digunakan untuk numerator pada pecahan yang ditulis menggunakan tanda diagonal, seperti ¾ atau tanda persen %, permil ‰, dan basis point . Sejumlah singkatan baku juga ditulis menggunakan gaya pecahan diagonal, misalnya dalam bahasa Inggris (care of; "dengan alamat"), (account of; "dengan akun"), (addressed to the subject; "dialamatkan kepada subyek"), atau dalam bahasa Spanyol (cada uno/a; "setiap satu").

Empat lokasi umum penulisan superskrip dan subskrip. Jenis huruf: Minion Pro, pada Adobe Illustrator.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "UCC EPU: Editing Word files for publication: Making the best of what Word provides". Publish.ucc.ie. 2011-07-03. Diakses tanggal 2014-01-03. 

Pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]