Sungai Khwae Yai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jembatan[pranala nonaktif permanen] Kereta Api Burma melintasi sungai di kota Kanchanaburi .

Sungai Khwae Yai ( bahasa Thai: แม่น้ำแควใหญ่ , RTGS : Maenam Khwae Yai, IPA: [mɛ̂ːnáːm kʰwɛː jàj] ), juga dikenal sebagai Si Sawat ( แม่น้ำศรีสวัสดิ์ ), adalah sungai di bagian barat Thailand . Ini bersumber di Perbukitan Tenasserim dan mengalir sejauh sekitar 380 kilometer (240 mi) melalui Distrik Sangkhla Buri, Si Sawat, dan Mueang di Provinsi Kanchanaburi, di mana sungai itu menyatu dengan Khwae Noi untuk membentuk Sungai Mae Klong di Pak Phraek. Pada tahun 1980, Bendungan Srinagarind (bahasa Thai: เขื่อน ศรีนครินทร์; rtgs: Khuean Sinakharin) di Khwae Yai diselesaikan di Distrik Si Sawat di Provinsi Kanchanaburi . Ini adalah bendungan tanggul untuk pengaturan sungai dan pembangkit listrik tenaga air.

Jembatan[sunting | sunting sumber]

Jembatan Kereta Api Burma yang terkenal melintasi sungai di Kecamatan Tha Makham di Distrik Mueang. Namun, jembatan ini tidak sama seperti yang digambarkan dalam Jembatan di Sungai Kwai oleh Pierre Boulle dan dalam adaptasi filmnya . Sebuah jembatan dibangun dari kayu kira-kira 100 meter (330 ft) hulu dari jembatan saat ini, selama konstruksi jembatan besi dan beton (yang berjalan ke arah NNE-SSW) dan juga dibangun kembali pada tahun 1945 ketika jembatan besi dibom. Tidak ada sisa-sisa jembatan kayu yang tersisa. Jembatan kayu itu juga bukan jembatan yang digambarkan dalam film tersebut karena sungai itu tidak disebut Kwai Yai pada waktu itu. Sebuah jembatan kayu dibangun di atas Kwai Noi beberapa mil ke hulu di hutan dan itu akan lebih mirip dengan jembatan di film. Namun, film ini benar-benar merupakan penggambaran peristiwa fiksi dengan banyak ketidakakuratan dan tidak ada jembatan yang benar-benar dapat dikatakan seperti yang digambarkan dalam film.

Hingga tahun 1960-an, sungai tersebut dianggap sebagai bagian dari Mae Klong itu sendiri, tetapi bagian dari Mae Klong ini kemudian diganti namanya menjadi Khwae Yai untuk membawa fakta geografis yang lebih sejalan dengan asosiasi fiksi dengan nama Sungai Kwai. Pekuburan utama para tahanan yang tewas selama pembangunan rel kereta berada di dekatnya dan disebut Pemakaman Perang Kanchanaburi .