Sungai Kampar Kanan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sungai Kampar Kanan
Batang Kampar Kanan, Kampar Kanan River
Sungai Kampar Kanan berlokasi di Sumatra
Sungai Kampar Kanan
Lokasi mulut sungai
Sungai Kampar Kanan berlokasi di Indonesia
Sungai Kampar Kanan
Sungai Kampar Kanan (Indonesia)
Lokasi
NegaraIndonesia
Ciri-ciri fisik
Hulu sungaiGunung Gadang
 - lokasiSumatra Barat,
Muara sungaiSungai Kampar
 - lokasiKabupaten Pelalawan, Riau
Informasi lokal
Zona waktuWIB (UTC+7)

Sungai Kampar Kanan adalah sebuah sungai di provinsi Riau, pulau Sumatra, Indonesia, sekitar 800 km di barat laut ibu kota Jakarta.[1] Merupakan anak sungai dari Sungai Kampar.

Hidrologi[sunting | sunting sumber]

Sungai ini berhulu di Bukit Barisan sekitar Sumatra Barat. Aliran Sungai Kampar Kanan menelusuri Lima Puluh Kota dan Kampar, lalu bertemu dengan sungai Kampar Kiri yang hampir sama besar di kawasan Langgam (Kabupaten Pelalawan). Setelah pertemuan tersebut sungai ini disebut dengan Sungai Kampar sampai ke muaranya di Selat Malaka.[1][2]

Sungai Kampar Kanan bermata air dari Gunung Gadang, memiliki luas daerah tangkapan air 5.231 km². Alur utama semula mengalir ke utara kemudian berbelok ke timur, bertemu dengan anak sungai Batang Kapur Nan Gadang, mengalir dengan kemiringan sedang melalui lembah Batubersurat. Selanjutnya bertemu dengan anak sungai Batang Mahat, mengalir ke arah timur. Para penduduk didaerah Danau Bingkuang kerap melakukan penambangan batu dan pasir secara ilegal sehingga terjadi pengikisan tepian sungai.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Sungai ini mengalir di wilayah tengah pulau Sumatra yang beriklim hutan hujan tropis (kode: Af menurut klasifikasi iklim Köppen-Geiger).[3] Suhu rata-rata setahun sekitar 24 °C. Bulan terpanas adalah Oktober, dengan suhu rata-rata 26 °C, and terdingin November, sekitar 22 °C.[4] Curah hujan rata-rata tahunan adalah 2667 mm. Bulan dengan curah hujan tertinggi adalah November, dengan rata-rata 402 mm, dan yang terendah Juni, rata-rata 104 mm.[5]

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Sungai Kampar Kanan menjadi habitat banyak organisme, yaitu bivalva, seperti Anadonta woodiana (11/m²), Corbicula moltkiana (33/m²), Hyriopsis sp (4/m²), Pilsbryconcha exilis (10/m²) and Rectidens sp (3/m2),[6] serta gastropoda dalam jumlah berlimpah (penelitian di Kelurahan Air Tiris) misalnya Bellamya sp, Brotia sp, Melanoides granifera, Melanoides tuberculata, Pila ampullacea, dan Thiara scabra. Spesies gastropoda yang banyak dijumpai yaitu Melanoides tuberculata. Sedangkan yang paling sedikit dijumpai yaitu Thiara scabra. Kelimpahan gastropoda di Perairan Sungai Kampar Kanan di Kelurahan Air Tiris berkisar 36 – 73 ind/m².[7]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b McNally, Rand (1993). The New International Atlas. 
  2. ^ Ridwan, Adin (2010). Atlas Indonesia. Tiga Menara. 
  3. ^ Peel, M C; Finlayson, B L; McMahon, T A (2007). "Updated world map of the Köppen-Geiger climate classification". Hydrology and Earth System Sciences. 11: 1633–1644. doi:10.5194/hess-11-1633-2007. Diakses tanggal 30 January 2016. 
  4. ^ "NASA Earth Observations Data Set Index". NASA. 30 January 2016. 
  5. ^ "NASA Earth Observations: Rainfall (1 month - TRMM)". NASA/Tropical Rainfall Monitoring Mission. 30 January 2016. 
  6. ^ Wilda Mardiyah, Nur El Fajri, M. Fauzi. Jenis Bivalva di Sungai Kampar Kanan Kelurahan Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau, 2017.
  7. ^ Gustika Yuli Yendri, Nur El Fajri, Muhammad Fauzi. Kelimpahan Gastropoda di Sungai Kampar Kanan Kelurahan Air Tiris Kecamatan Kampar. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau, April 2018.

Koordinat: Coordinates: Unknown argument format
{{#coordinates:}}: bujur salah