Batang Lunto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Batang Lunto
COLLECTIE TROPENMUSEUM Electrische centrale TMnr 10007001.jpg
Pembangkit Listrik Kubang Sirakuak yang sekarang menjadi Masjid Agung Nurul Islam yang terletak di samping Batang Lunto menggunakan air dari sungai ini untuk menggerakkan turbinnya.
Negara Indonesia
Provinsi Sumatra Barat
Kabupaten Sijunjung
Kota Sawahlunto
Sumber
 - location Desa Lunto, Sawahlunto
Muara
 - lokasi Batang Ombilin, Sijunjung

Batang Lunto adalah nama sungai yang berhulu di Desa Lunto di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Aliran Batang Lunto nantinya akan bertemu dengan Batang Ombilin di Sijunjung.

Pada zaman penjajahan Belanda, aliran Batang Lunto men­jadi modal utama untuk pem­bang­kit listrik bertenaga uap (PLTU) yang dibangun pada 1894 di kawa­san Mudik Air, Kubang Sirakuak, Sawahlunto[1][2]. Aliran air yang semakin berkurang membuat pemerintah memindahkan pembangkit listrik tenaga uap ke PLTU Salak pada 1924 dan beroperasi hingga 2010[2][3].

Berselang waktu, kawasan pem­bangkit listrik uap itu berubah menjadi gu­dang senjata[1]. Kini, pembangkit listrik uap dan bekas gudang senjata itu telah berubah menjadi Masjid Agung Nurul Islam Sawahlunto.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Sawahlunto Targetkan Batang Lunto Jadi Ikon Wisata". harianhaluan. Diakses tanggal 2018-05-01. 
  2. ^ a b "Masjid Agung Nurul Iman Sawahlunto | Jelajah Sumbar". www.jelajahsumbar.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-05-01. 
  3. ^ "PLTU Salak di Sawahlunto tidak Lagi Beroperasi | Republika Online". Republika Online. Diakses tanggal 2018-05-01.