Stronger (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Stronger
Stronger Movie Poster 2017.jpg
Poster film Stronger
Sutradara David Gordon Green
Produser Jake Gyllenhaal
Michel Litvak
Scott Silver
Todd Lieberman
David Hoberman
Skenario John Pollono
Berdasarkan Stronger 
oleh Jeff Bauman
Pemeran Jake Gyllenhaal
Tatiana Maslany
Miranda Richardson
Clancy Brown
Musik Michael Brook
Sinematografi Sean Bobbitt
Penyunting Dylan Tichenor
Perusahaan
produksi
Bold Films
Mandeville Films
Nine Stories Productions
Distributor Lionsgate
Roadside Attractions
Tanggal rilis
  • 8 September 2017 (2017-9-8) (Festival Film Internasional Toronto)
  • 22 September 2017 (2017-9-22) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 29 September 2017 (2017-9-29) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
119 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Bahasa Inggris
Anggaran $30 juta[2]
Pendapatan kotor $5,723,189[3]

Stronger adalah film drama biografi Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh David Gordon Green dan diproduseri oleh Jake Gyllenhaal, Michel Litvak, Scott Silver, Todd Lieberman dan David Hoberman. Naskah film ini ditulis oleh John Pollono berdasarkan kisah nyata Jeff Bauman, salah satu korban selamat dalam insiden pengeboman acara maraton di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat pada tanggal 15 April 2013. Film ini dibintangi oleh Jake Gyllenhaal, Tatiana Maslany, Miranda Richardson dan Clancy Brown.

Film Stronger ditayangkan secara perdana di Festival Film Internasional Toronto pada tanggal 8 September 2017[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 22 September 2017 secara terbatas dan 29 September 2017 secara luas.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Jeff Bauman (Jake Gyllenhaal), seorang warga Boston yang baik namun kurang berprestasi, bekerja di kasir Costco dan tinggal di sebuah apartemen dengan dua kamar tidur kecil bersama ibunya yang alkoholik, Patty (Miranda Richardson). Suatu hari di bar lokal, Jeff bertemu dengan mantan pacarnya, Erin (Tatiana Maslany), yang tertarik pada kebaikan dan pesona Jeff, namun mendapati Erin selalu frustrasi karena Jeff kurang berkomitmen. Setelah mengetahui bahwa Erin berpartisipasi di acara maraton Boston untuk mengumpulkan uang di rumah sakit tempat Erin bekerja, Jeff meyakinkan semua pelanggan di bar untuk berdonasi dan berjanji pada Erin untuk menunggu di garis finish dengan sebuah tanda besar.

Ketika acara maraton dimulai, Jeff pergi ke garis finish tepat waktu namun ia mencapainya tepat sebelum Erin mencapai garis finish. Saat Erin mendekat, sebuah bom meledak tepat di tempat Jeff berdiri. Setelah dilarikan ke rumah sakit, kedua kaki Jeff diamputasi hingga di atas lutut. Ketika ia sadar, Jeff memberitahu saudaranya bahwa ia melihat pengebom sebelum ledakan terjadi. Patty menelepon FBI dan Jeff memberikan mereka ciri-ciri pengebom, Dzhokhar dan Tamerlan Tsarnaev. Otoritas setempat menangkap Dzhokhar beberapa hari kemudian dan Jeff disambut sebagai pahlawan.

Jeff berjuang untuk menyesuaikan diri dengan kondisinya dan popularitas barunya. Patty menyesuaikan jadwal beberapa wawancara dan terus-menerus mengelilingi Jeff dengan reporter berita selama sesi pemulihannya, di mana Erin, yang berhubungan kembali dengan Jeff sejak peristiwa itu, keberatan. Jeff dan keluarganya diundang ke Stanley Cup Finals oleh Boston Bruins, yang meminta Jeff untuk mengibarkan bendera saat upacara pembukaan. Ketika orang-orang berkerumunan, Jeff sangat trauma dengan peristiwa pengeboman itu dan menangis. Erin menghiburnya dan menegaskan bahwa Jeff berbicara kepada keluarganya tentang rapuhnya mental Jeff dan dampak popularitasnya. Belakangan malam itu, mereka bercinta untuk pertama kalinya sejak Jeff cedera.

Patty menjadwalkan Jeff untuk wawancara dengan Oprah Winfrey tanpa memberitahu Jeff, menyebabkan Erin muak dan memberitahu bahwa perhatian media terus-menerus menyebabkan Jeff mengalami gangguan stres pascatrauma. Setelah Patty dan Erin bertengkar, Jeff akhirnya mengakui bahwa ia tidak ingin melakukan wawancara lagi. Kecewa, Patty memberitahu bahwa ia ingin dunia bisa melihat betapa menakjubkannya Jeff. Patty segera mengizinkan kecenderungan terburuk Jeff, termasuk sifat malas dan ketertarikannya pada alkohol. Jeff mulai kehilangan janji untuk terapi fisik karena malam minum yang panjang, dan mabuk bersama Patty. Erin, yang sejak itu pindah, mendapati Patty pingsan di sofa dan Jeff di bak mandi, tidak sadar karena muntah. Keesokan harinya, Erin membentak Patty untuk keegoisan dan kelalaiannya sebelum memanggil Jeff untuk mengasihani dirinya sendiri dan menolak untuk berdiri teguh pada ibunya. Erin marah, meninggalkan Jeff dan Patty untuk pulang sendirian.

Malam itu, Jeff minum bersama kakaknya di sebuah bar. Dua pelanggan di bar tersebut mulai mengajukan pertanyaan kepada Jeff tentang pengeboman tersebut, yang menyindir bahwa acara tersebut merupakan sebuah persekongkolan pemerintah untuk memulai perang di Iran dan bahwa Jeff dibayar agar terlihat seperti korban. Merasa dihina, Jeff dan kakaknya berkelahi dengan dua pelanggan tersebut di bar. Erin menjemputnya malam itu dan mengatakan bahwa ia hamil. Jeff panik dan mengatakan kepadanya bahwa ia belum siap menjadi seorang ayah, membuat Erin marah karena terus-menerus lari dari masalahnya. Erin meninggalkannya di dalam mobil tanpa mengeluarkan kursi rodanya dari bagasi, masuk ke apartemen mereka dan mengemasi barang-barangnya. Jeff merangkak ke pintu apartemen dan mengalami gangguan stres pascatrauma peristiwa pengeboman itu.

Jeff bertemu dengan Carlos, seorang pria yang peduli padanya dan menyelamatkan nyawanya segera setelah pengeboman tersebut. Carlos memberitahu Jeff tentang putranya, seorang marinir yang meninggal di Irak. Setelah mencoba bunuh diri, Carlos terpaksa menghadiri pemakaman anaknya di atas tandu. Putranya yang lebih muda, yang tidak mampu mengatasi kematian kakaknya dan ayahnya yang sakit keras, bunuh diri. Carlos mengatakan bahwa menyelamatkan Jeff membantunya berdamai dengan kematian anak-anaknya, dan kesalahan yang ia berikan pada dirinya sendiri karena mereka. Jeff mulai mengerti bahwa kehendaknya untuk hidup dalam menghadapi kesulitan menghibur dan menginspirasi banyak orang. Ia berhenti minum dan mulai melakukan terapi lebih serius. Ia meninggalkan pesan suara untuk Erin, meminta maaf atas tingkah lakunya dan bertanggung jawab penuh atas ketidakdewasaan dan ketakutannya akan komitmen. Beberapa hari kemudian, ia dan Carlos melempar pitch pertama pada pertandingan Red Sox, di mana ia bertemu dengan Pedro Martinez. Erin menonton di rumah dan tersenyum. Setelah pertandingan, puluhan orang mendatangi Jeff, menceritakan bagaimana dan mengapa Jeff sangat menginspirasi dan mempengaruhi kehidupan mereka.

Jeff dan Erin bertemu di restoran, di mana ia berjalan dengan kaki palsu untuk pertama kalinya tanpa bantuan. Jeff memberitahu Erin bahwa ia mencintai Erin. Erin menjawab, "Bagus". Jeff memegang tangannya dan tersenyum.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Stronger mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 96%, berdasarkan 124 ulasan, dengan rating rata-rata 7.7/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 76 dari 100, berdasarkan 39 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[7]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Hingga 19 November 2017 (2017-11-19), film Stronger mendapatkan $4,201,751 di Amerika Utara dan $1,521,438 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $5,723,189, lebih kecil dari anggaran produksi film $30 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $1,611,040, menempati posisi ke-8 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $922,923, menempati posisi ke-13 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Stronger". Toronto International Film Festival. Diakses tanggal August 22, 2017. 
  2. ^ "Inside Jake Gyllenhaal’s Nine Stories, a Production Company for Edgy Indies". Variety. September 6, 2017. Diakses tanggal September 21, 2017. 
  3. ^ a b c "Stronger (2017)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 6, 2017. 
  4. ^ "Toronto Film Festival 2017 Unveils Strong Slate". Deadline. Diakses tanggal July 25, 2017. 
  5. ^ Fleming Jr, Mike (March 27, 2017). "Lionsgate Teams With Roadside For Jake Gyllenhaal Boston Marathon Bombing Drama ‘Stronger’; September Bow Planned". Deadline.com. Diakses tanggal March 27, 2017. 
  6. ^ "Stronger (2017)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal September 24, 2017. 
  7. ^ "Stronger reviews". Metacritic. Diakses tanggal September 24, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]