Steelix

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Steelix
Steelix.png
Nomor Pokédex
Nasional
#208
Sebelumnya Selanjutnya
Gligar (#207) Snubbull (#209)
Regional
Johto#063
Hoenn#351
Sinnoh#035
Unova#072
Penampilan perdana
PermainanPokémon Gold and Silver
Info produksi
GenerasiII (Kedua) - 1999
PerancangKen Sugimori
Pengisi suara
InggrisUnshō Ishizuka
JepangUnshō Ishizuka

Steelix, yang dikenal di Jepang sebagai ハガネール (Haganēru, Haganeil), adalah spesies Pokémon di franchise Pokémon buatan Nintendo dan Game Freak. Dibuat oleh Ken Sugimori, Steelix pertama kali muncul dalam video game Pokémon Gold dan Silver dan pada sekuel selanjutnya, kemudian muncul dalam berbagai seri waralaba Pokémon, judul spin-off dan animasi dan cetakan adaptasi dari waralaba Pokémon. Onix dapat berevolusi menjadi Steelix dengan memberikannya item "Metal Coat" lalu di tukar dengan orang lain atau teman.

Konsep dan karakteristik[sunting | sunting sumber]

Steelix adalah Pokémon serpentin besar yang memiliki tubuh baja dengan beberapa duri dan rahang besar. Steelix yang berjenis kelamin laki-laki memiliki dua buah duri di setiap sisi rahang, sementara yang perempuan hanya memiliki satu buah duri di setiap sisi rahang. Dikatakan bahwa Onix berkembang menjadi Steelix ketika ia dapat hidup selama 100 tahun atau lebih.[1] Kemudian tekanan yang begitu tinggi yang terjadi pada tubuh kerasnya, sebenarnya itu adalah proses kompresi untuk mengubah komposisi tubuhnya agar lebih keras dari berlian.[2] Steelix dapat terus menggali tanah sebagaimana Onix, tetapi ia bisa mencapai kedalaman yang jauh lebih dalam, sampai mencapai rekor hingga 0,6 mil (900 meter) menuju inti Bumi.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pokédex: It is said that if an Onix lives for over 100 years, its composition changes to become diamond-like. Game Freak. Pokémon Silver. (Nintendo). Game Boy. (2000-10-15)
  2. ^ Pokédex: Its body has been compressed deep under the ground. As a result, it is even harder than a diamond. Game Freak. Pokémon Gold. (Nintendo). Game Boy. (2000-10-15)
  3. ^ Pokédex: STEELIX lives even further underground than ONIX. This POKéMON is known to dig towards the earth's core. Steelix are also incredibly aggressive pokémon. There are records of this POKéMON reaching a depth of over six-tenths of a mile underground. Steelix are also incredibly aggressive pokémon. Game Freak. Pokémon Ruby and Sapphire. (Nintendo). Game Boy Advance. (2003-03-17)