Onix

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Onix
095Onix.png
Nomor Pokédex
Nasional
#095
Sebelumnya Selanjutnya
Gengar (#094) Drowzee (#096)
Regional
Kanto#095
Johto#062
Hoenn#265
Info produksi
GenerasiI (Pertama) - 1996
PerancangKen Sugimori

Onix, yang dikenal di Jepang sebagai Iwark (イワーク, Iwāku), adalah sebuah jenis Pokémon. Dibuat oleh Ken Sugimori, Onix pertama kali muncul dalam permainan video Pokémon Red dan Blue dan di sekuel berikutnya, kemudian muncul dalam berbagai seri waralaba Pokémon, judul spin-off dan adaptasi animasi dan dicetak dari waralaba Pokémon. Unsho Ishizuka, seorang Seiyu Jepang, mengisi suara Onix dan juga mengisi Steelix baik dalam versi Jepang maupun bahasa Inggris di anime Pokémon.

Pada saat diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris namanya berubah menjadi Onix, Menurut IGN, namanya didasarkan pada batu setengah mulia yaitu onyx[1]. Onix dapat berevolusi menjadi Steelix dengan memberikannya item "Metal Coat" lalu di tukar dengan orang lain atau teman.

Konsep dan karakteristik[sunting | sunting sumber]

Onix, yang dikenal sebagai Pokémon ular batu, adalah Pokémon yang berupa rantai batu-batu raksasa abu-abu, dengan tanduk batu di atas kepalanya. Pokémon ini memiliki magnet dalam otaknya yang berfungsi sebagai kompas internal, yang membantunya tetap mengetahui arah saat menggali. Onix tubuh menjadi lebih bulat dan halus seiring dengan bertumbuhnya usia, serta semakin keras, karena menyerap banyak benda-benda keras saat ia menggali. Ia menggali terowongan di bawah tanah lebih dari lima puluh mil per jam, untuk mencari makanan. Onix umumnya dapat ditemukan di pegunungan dan gua-gua karena Onix dapat berkamuflase dengan sendirinya di dalamnya.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]