Sri Krishna (seri televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sri Krishna)

Jai Shri Krishna
PemeranMeghan Jadhav
Kritika Sharma
Lagu pembukaJai Shri Krishna,jai shri.....
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. musim1
Jmlh. episode285
Produksi
Durasi20 menit
Rumah produksiSagar Arts
Colosceum Media Pvt Ltd[1]
Rilis asli
JaringanColors TV (2008–2009)
ANTV (2015)
Format gambar576i
Rilis21 Juli 2008 (2008-07-21) –
15 September 2009 (2009-9-15)

Jai Shri Krishna (Bahasa Indonesia: Salam Dewa Krishna) adalah serial televisi mitologi India yang diproduksi oleh Sagar Pictures, yang disiarkan di Colors TV dari 21 Juli 2008 hingga 15 September 2009. Ini adalah pembuatan ulang dari Ramanand Sagar acara populer Sri Krishna dan ditangani oleh Moti Sagar (putra Ramanand Sagar) dari Sagar Pictures. Ini didasarkan pada Mahabharata, Hariwangsa, Bhagavata Purana dan Vishnu Purana.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Jai Shri Krishna menceritakan kisah avatar Bhagawan Wisnu, Shree Krishna. Ceritanya terjadi di India, meliputi kota-kota seperti Gokhul, Mathura, Hastinapur, dan Dawaraka. Ini menunjukkan leelas yang berbeda, atau cerita, Shree Krishna sejak lahir, masa kanak-kanak, masa remajanya, dan waktu sebagai pangeran Mathura dan pangeran Dwarka.

Program tersebut menyentuh banyak aspek berbeda dalam hidupnya, melalui penceritaan kembali leelas, diceritakan bahwa ia dikenal sebagai Makhan Chor (pencuri mentega) dan persahabatan abadi dengan Sudama sebagai contoh yang baik dari persahabatan sejati. Aspek lain termasuk beberapa petualangannya, seperti ketika dia membunuh ratu iblis Putana dan menjinakkan ular berbisa Kaliya yang meracuni sungai Yamuna. Namun kisah menakjubkan lainnya adalah bagaimana sebagai seorang anak kecil ia menunjukkan seluruh alam semesta dengan mulut terbuka kepada Ibu angkatnya, Yashoda.

Sebagai remaja ia berbagi hubungan ilahi dengan Radha yang diyakini inkarnasi dewi Lakshmi. Tariannya dengan Gopis (pemerah susu) dari Vrindavana dikenal sebagai Rasa lila. Kemudian, ketika dia menjadi seorang pria dewasa, serial ini menceritakan tentang bagaimana dia membunuh paman jahatnya, Kans (meskipun, dalam cerita yang sebenarnya, Krishna jauh lebih muda ketika dia membunuh pamannya - dia mungkin saja semuda 12 tahun).

Setelah menjadi seorang pangeran, Krishna menikah dengan Rukmini, Satyabama Jambawati dan Kalindi. Krishna juga menikahi 16.100 gadis yang ditahan oleh iblis Narakasura. Dia melakukan ini untuk menyelamatkan kehormatan mereka. Istri Kresna juga diyakini sebagai bentuk dewi Lakshmi, yang merupakan permaisuri Wisnu.

Dari segi keluarga dan teman, serial ini menceritakan bagaimana Krishna adalah sepupu Pandawa dan sahabat Arjuna. Dia seperti saudara bagi Dropadi dan menyelamatkannya ketika dia dihina dan hampir diserang oleh Kaurav, yang secara tidak adil memenangkannya, bersama dengan aset Pandawa lainnya, dalam sebuah taruhan. Dia menyebarkan pengetahuan Bhagvad Gita untuk memotivasi Arjuna, sebelum pertempuran besar Kurukshetra.

Serial ini menggambarkan Lord Shree Krishna sebagai putra, suami, saudara laki-laki, teman, raja, dan kekasih yang sempurna dari banyak orang. Pertunjukan tersebut mengikuti setiap aspek kehidupan Sri Krishna hingga masa remaja Sri Krishna.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Meghan Jadhav sebagai Krishna[2]
  • Kritika Sharma sebagai Radha Rani
  • Dhriti Bhatia sebagai Krishna
  • Pinky Rajput sebagai Krishna
  • Virti Vaghani sebagai Radha
  • Kunal Gaud sebagai Krishna
  • Aditi Sajwan sebagai Yashoda Maiya / Nandraniji
  • Zeb Khan sebagai Nand / Nandrai / Nandraiji
  • Ashhcharrya Shetty sebagai Rohini Maiyya
  • Saurabh Raj Jain sebagai Dewa Wisnu
  • Shahab Khan sebagai Garg Rishi
  • Nitin Prabhat sebagai Balram
  • Raj Premi sebagai Kans
  • Yogesh Mahajan Marathi sebagai Vasudeva Ji

Siaran Internasional[sunting | sunting sumber]

Versi sulih suara Tamil ditayangkan di Raj TV di Tamil dari 20 April 2009 hingga 14 Juni 2010. Versi dubbing bahasa Bengali ditayangkan di Colors Bangla dari 8 Februari 2012 hingga 28 April 2013. Di Indonesia (Bahasa Indonesia) mulai ditayangkan di ANTV dengan judul Sri Krishna pada tahun 2015.[3] Versi sulih suara Kannada ditayangkan di Colors Kannada dari 13 Juni 2020 sebagai Devaki Nandana. Versi yang dijuluki Tamil ditayangkan di Colors Tamil mulai 29 Mei 2020 sebagai Shree Krishna. Versi singkat untuk anak-anak juga ditayangkan di Nickelodeon India pada tahun 2009. Karakter baru "Nenek" ditambahkan untuk menarasikan serial tersebut.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jai Shri Krishna now on Nick". 
  2. ^ "Dubbed version of Jai Shri Krishna to entertain Tamil audience - Times of India". The Times of India (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-06-24. 
  3. ^ "Sri Krishna, Serial Terbaru Bollywood di ANTV". VIVA.co.id. Diakses tanggal 8 September 2020. 
  4. ^ "Colors to share Jai Shri Krishna with Nick, but with a different touch". January 16, 2009. Diakses tanggal November 27, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]