Spirostreptida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Spirostreptida
Rentang fosil: Cenomanian–Present
Archispirostreptus gigas
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Subfilum:
Kelas:
Superordo:
Ordo:
Spirostreptida

Brandt, 1833
Famili

Lihat teks

Spirostreptida adalah ordo kaki seribu yang panjang dan berbentuk silinder. Ada sekitar 1000 spesies yang telah dideskripsikan,[1] menjadikan Spirostreptida ordo kaki seribu terbesar ketiga setelah Polydesmida dan Chordeumatida.

Deskripsi Fisik[sunting | sunting sumber]

Umumnya berukuran besar, panjang dan silindris, dengan 30 sampai 90 cincin tubuh. Sebagian besar matanya ada.[2] Ordo ini berisi kaki seribu terpanjang yang diketahui, yakni kaki seribu raksasa Afrika dari genus Archispirostreptus yang panjangnya dapat melebihi 30 sentimeter.[2]

Persebaran[sunting | sunting sumber]

Spirosstreptida terutama terdiri dari spesies tropis, dan terdapat di Afrika, Asia Selatan hingga Jepang, Australia, dan Belahan Bumi Barat dari Amerika Serikat hingga Argentina.[3]

Sejarah Evolusi[sunting | sunting sumber]

Seperti kebanyakan kelompok kaki seribu, mereka memiliki catatan fosil yang terpisah-pisah. Catatan tertua dari kelompok ini adalah keluarga Electrocambalidae yang telah punah, yang diketahui dari damar Burma di Myanmar, berasal dari tahap senomanium dari zaman kapur akhir sekitar 99 juta tahun yang lalu, yang termasuk dalam subordo Cambalidea. Satu-satunya catatan fosil lain dari kelompok ini adalah genus Protosivestria dari Oligosen Prancis, yang termasuk famili Cambalidae atau Cambalopsidae, dan spesies dalam genus Epinannolene (famili Pseudonannolenidae) yang belum terdeskripsikan dari ambar Dominika berumur Miosen.[4]

Klasifikasi[1][sunting | sunting sumber]

Subordo Spirostreptidea

Superfamili Odontopygoidea
Atopogestidae
Odontopygidae
Superfamili Spirostreptoidea
Adiaphorostreptidae
Harpagophoridae
Spirostreptidae

Subordo Cambalidea

Cambalidae
Cambalopsidae (termasuk Glyphiulidae dan Pericambalidae)[1]
Choctellidae
Iulomorphidae
Pseudonannolenidae
Electrocambalidae (punah)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Shear, W. (2011). "Class Diplopoda de Blainville in Gervais, 1844. In: Zhang, Z.-Q. (Ed.) Animal biodiversity: An outline of higher-level classification and survey of taxonomic richness" (PDF). Zootaxa. 3148: 159–164. 
  2. ^ a b "Diagnostic features of Millipede Orders" (PDF). Milli-PEET Identification Tables. The Field Museum, Chicago. Diakses tanggal 25 October 2013. 
  3. ^ Shelley, Rowland M. (1999). "Centipedes and Millipedes with Emphasis on North American Fauna". The Kansas School Naturalist. 45 (3): 1–16. 
  4. ^ Moritz, Leif; Wesener, Thomas (2021-06-17). "Electrocambalidae fam. nov., a new family of Cambalidea from Cretaceous Burmese amber (Diplopoda, Spirostreptida)". European Journal of Taxonomy. 755: 22–46. doi:10.5852/ejt.2021.755.1397alt=Dapat diakses gratis. ISSN 2118-9773.