Sokawati, Ampelgading, Pemalang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sokawati
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenPemalang
KecamatanAmpelgading
Kodepos52364
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Sokawati adalah sebuah desa di kecamatan Ampelgading, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia.

Profesi[sunting | sunting sumber]

Mayoritas penduduk desa Sokawati adalah petani sebagai mata pencahariannya, hanya beberapa sebagai pedagang/tengkulak hasil kebun desa sendiri dan desa sekitarnya. Hampir sebagian besar pemuda dan pemudinya adalah perantau yang mengadu nasib ke kota besar, umumnya ke Jakarta. Ada juga beberapa kepala keluarga di waktu setelah musim tanam padi merantau ke Jakarta untuk berdagang. Meskipun persawahan desa adalah lahan tadah hujan, tetapi petani desa ini adalah petani yang ulet/gigih.

Perkantoran[sunting | sunting sumber]

Di desa ini juga terdapat dua kantor selain balai desa, yaitu kantor Asisten Perhutani (Asper) dan kantor Kepala Resort Polisi Hutan untuk wilayah Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sokawati, untuk pengamanan hutan di wilayah Sokawati dan sekitarnya. Juga terdapat kantor Sub Dinas Pengairan Wilayah Ampelgading, karena di desa inilah bendungan besar Sungai Comal berada.

Objek wisata[sunting | sunting sumber]

Bendungan Sungai Comal memiliki pemandangan yang indah kala sore sampai senja hari, di mana sebatas mata memandang ke arah tenggara-selatan hingga ke barat daya akan terlihat perbukitan serta kehijauan hutan, yang dilatarbelakangi oleh tampaknya Gunung Slamet.