Tegalsari Barat, Ampelgading, Pemalang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tegalsari Barat
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenPemalang
KecamatanAmpelgading
Kodepos52364
LuasKm
Jumlah pendudukJiwa
KepadatanJiwa/Km

Tegalsari Barat adalah desa di kecamatan Ampelgading, Pemalang, Jawa Tengah, Indonesia.

Tegalsari Barat adalah desa pemekaran dari Desa Tegalsari yang pada awal tahun 2000an dimekarkan menjadi dua Desa yaitu Desa Tegalsari Timur (Desa Induk Pemekaran) dan Tegalsari Barat (Desa Pemekaran Baru). Desa Tegalsari Barat terdiri dari tiga Dusun Sumurmunding, Tegalsari dan Mangunsari.

Sebagai Desa Pemekaran yang relatif baru Tegalsari Barat memiliki sasarana dan prasasarana serta Infrastruktur yang sangat jauh dari memadahi. Sehinga memerlukan penanganan yang serius, karena kalau kita lihat jalan yang menghubungkan desa Tegalsari Barat dengan desa-desa disekitarnya kondisinya sangat memprihatinkan padahal jalan-jalan tersebut menjadi jalur ekonomi dan jalur pendidikan.

Pada umumnya warga masyarakat desa Tegalsari Barat, sudah mulai paham akan pentingnya pendidikan untuk anak-anaknya. Terbukti dengan antusias warga untuk menyekolahkan anak-anaknya kejenjang yang lebih tinggi, bahkan sebagian sampai keperguruan tinggi.

Di Tegalsari Barat setiap dusun terdapat satu sekolah kecuali di Dusun Sumurmunding ada dua sekolah yaitu MI Hidayatul Mubtadi'in Tegalsari barat yang berdiri mulai dari tahun 2012 dan SD Negeri 02 Tegalsari, Dusun Tegalsari terdapat SD Negeri xx Tegalsari dan Dusun Mangunsari terdapat SD Negeri xx Tegalsari. Sedangkan Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP), hanya ada satu yaitu SMP Negeri 04 Ampelgading yang Terdapat di Sumurmunding, dan untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi terutama untuk SMU/SMK harus melanjutkan kedaerah lain, karna memang belum ada.

Selain sekolah formal, di Tegalsari Barat terdapat dua Pondok Pesantren (PP / Pontren), yaitu Pondok Pesantren Roudlatul Ulum yang di dirikan oleh Almarhum Ky Syekh Hudi dan sekarang di asuh Ustd Jauhari (adik kandung pendiri), dan Pondok Pesantren Al-Mansuriyah di dirikan pada tahun 1989 dan di asuh oleh KH Mansur bin Mustofa dan semuanya ada di Dusun Sumurmunding.

KH. Mansyur bin Mustofa salah satu tokoh ulama terkenal di kalangan masyarakat kab. pemalang, dan sebagian di pekalongan, tegal, purbalingga, batang, banyumas.

Pekerjaan masyarakatnya bisa dibilang majemuk, walaupun sebagian besar adalah Petani dan perantau, namun ada pula yang menjadi Guru, Perangkat Desa, Karyawan, Pegawai Pemda dan lainya.

Tapi dalam kehidupan bermasyarakat ketimpangan sosial masih cukup besar, untuk itu rasanya masih jauh dari kata sejahtera.

Kepala Desa, Perangkat Desa serta Lembaga Desa hanya menjalankan Pemerintah Desa, secara seremonial. Tanpa ada gebrakan atan terobosan baru untuk mengangkat kesejahteraan masyarakat Desa Tegalsari Barat secara nyata.