Skyr

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Produk Skyr rasa vanila (skyr með vanillu)
Skyr untuk dimakan dan diminum.

Skyr (pengucapan bahasa Islandia: [ˈscɪːr̥], pengucapan bahasa Inggris: [lang] ( simak) SKEER) adalah adalah produk olahan susu dari Islandia. Produk ini memiliki konsistensi seperti yogurt padat tapi dengan rasa yang jauh lebih ringan, dan meski memiliki tingkat kesamaan sama dengan yogurt Yunani, Skyr secara teknis tergolong keju, meski secara luas dianggap sebagai yogurt. Skyr telah menjadi bagian dari masakan Islandia selama lebih dari seribu tahun[1].

Skyr memiliki rasa seperti susu namun agak asam, dengan menyisakan sedikit rasa manis. Skyr secara tradisional disajikan dingin dengan susu dan taburan gula[2]. Produsen komersial Skyr Islandia telah menambahkan varian rasa seperti vanila, aneka buah beri, dan lain-lain sebagai produk akhir, untuk meningkatkan daya tariknya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Skyr dibawa dari Norwegia ke Islandia lebih dari 1100 tahun yang lalu, dan meskipun tradisi tersebut telah punah di sebagian besar Skandinavia, ia hidup dalam budaya Islandia, dan sebagian wilayah Norwegia. Skyr disebutkan sebagai sumber daya di Islandia pada abad pertengahan, termasuk zaman Egil dan zaman Grettis. Tidak jelas bagaimana hal tersebut mirip dengan skyr modern, karena tidak ada deskripsi skyr yang rinci dari periode ini. Sejarawan kuliner Hallgerður Gísladóttir telah menyarankan agar skyr dikenal di seluruh Skandinavia utamanya di Islandia namun akhirnya terlupakan di luar Islandia.

Di Norwegia saat ini, istilah "skyr" juga digunakan untuk varian produk susu lainnya, yang biasanya merupakan produk sampingan dari produksi keju. Dalam penggunaan tradisionalnya, diencerkan dengan air saat digunakan sebagai minuman, atau dicampur dengan susu. dan remah roti tawar sebagai makanan cepat saji.

Ketersediaan[sunting | sunting sumber]

Skyr adalah produk populer di Islandia. Merek skyr terbesar di dunia adalah "Siggi's", yang dijual di AS di lebih dari 25000 toko. Skyr juga mendapatkan popularitas di negara-negara Nordik lainnya. "Thise Mejeri" di Denmark telah memproduksi skyr sejak Mei 2007. Versi berlisensi yang diproduksi oleh "Q-meieriene" tersedia di Norwegia sejak 2009[3], Swedia sejak 2011 dan Finlandia sejak 2010. Sejak tahun 2015, "skyr bergaya Islandia" telah diproduksi oleh koperasi Denmark- Swedia dengan merek "Arla" di negara Denmark, lalu Inggris, Jerman, dan Belanda[4]. Produser skyr Denmark lainnya termasuk "Løgismose" dan produsen kecil "Bornholmian Ö Skyr". Di Latvia, skyr diproduksi oleh Tukuma Piens dengan merek "Baltais"[5]. Di Lituania, Skyr diproduksi oleh Varenos Pienelis dengan merek "Aiste"[6]. Di Estonia, skyr telah terjual sejak Mei 2016 dengan merek "Farmi" oleh Farmi Piimatööstus[7], skyr dengan merek "President's Choice" juga tersedia di Belanda dan telah berada di Kanada sejak tahun 2015[8].

Skyr juga bisa dibeli di Austria, Irlandia, Jerman, Belgia, Belanda, Swiss, Polandia, Kroasia, Republik Ceko, negara-negara Nordik (termasuk Kepulauan Faroe dan Greenland), negara-negara Baltik, Kanada[9], Inggris[10], Portugal, dan Italia.

Kandungan Nutrisi[sunting | sunting sumber]

Skyr mengandung protein tinggi, rendah lemak (karena menggunakan susu rendah lemak), yang sedikit berbeda dari merek sejenis. Skyr yang tidak memiliki rasa (tawar atau rasa asli) memiliki kandungan rata-rata 12% protein, 3% karbohidrat, dan 0,5% lemak. Skyr juga memiliki kalsium tinggi dan vitamin yang banyak, yang juga menjadi kandungan setiap produk olahan susu pada umumnya[11].

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Skyr juga digunakan dalam hidangan tradisional Islandia yang disebut hræringur (artinya "diaduk" atau "dibuat dengan pengadukan") yang terdiri dari skyr dan bubur dengan jumlah perbandingan takaran yang hampir sama (biasanya skyr lebih sedikit dari buburnya). Hal ini sering dicampur dengan selai atau buah untuk makanan penutup, dengan hidangan ikan untuk makan malam, atau dengan sereal untuk sarapan. Penggunaan kontemporer termasuk menggunakan skyr sebagai topping cheesecake dan sebagai bahan dalam smoothies buah[12].

Produksi[sunting | sunting sumber]

Secara tradisional, skyr dibuat menggunakan susu mentah; Namun, skyr modern dibuat dengan susu skim yang dipasteurisasi. Sebagian kecil skyr ditambahkan ke susu hangat, untuk mengembangkan bakteri dengan tepat, seperti Streptococcus salivarius subsp. thermophilus dan Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus .Rennet (ragi) kadang ditambahkan juga, dan susu dibiarkan membeku. Skyr kemudian disaring melalui kain untuk mengeluarkan whey (mitos di Islandia) dan padatan susunya kemudian dipertahankan[13].

Menurut para produsen skyr Islandia dan masyarakat umum Islandia, susu untuk skyr harus diperah dari sapi-sapi asli Islandia dan skyr yang diproduksi di Islandia dengan menggunakan budaya skyr asli. Skyr, bagaimanapun, juga dibuat di berbagai negara lain. Sapi di Islandia seharusnya menghasilkan susu dengan asam lemak omega-3 lima kali lebih banyak daripada susu dari negara Nordik lainnya menurut MS Iceland Dairies[14].

Adapun inilah langkah pembuatan Skyr yang umum di saat ini:

  • Susu dipisahkan antara cairan dan krim (susu skim).
  • Susu skim dipasteurisasi.
  • Susu dipasteurisasi difermentasi menggunakan kultur skyr selama lebih dari delapan jam. Kultur skyr mengandung kultur yoghurt khusus dan sejumlah kecil rennet. Karena menggunakan rennet, itu dianggap keju dan bukan yoghurt[15].
  • Susu yang difermentasi kemudian disaring.
  • Langkah tambahan bisa menambahkan hal-hal seperti penyedap rasa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]