Skandal Kaset

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Leonid Kuchma (2001)

Skandal Kaset (Ukraina: Касетний скандал), juga disebut dengan Tapegate atau Kuchmagate, menyeruak pada tahun 2000, dinamakan dari kaset rekaman suara Presiden Ukraina Leonid Kuchma yang memerintahkan penculikan jurnalis, adalah salah satu peristiwa politik utama dalam sejarah Ukraina pasca kemerdekaan. Kasus ini secara dramatis memengaruhi kebijakan dalam dan luar negeri negara itu, mengubah orientasi Ukraina pada saat itu dari Rusia ke Barat dan merusak karir Kuchma.

Skandal ini muncul pada 28 November 2000, di Kyiv, ketika politisi Ukraina Oleksandr Moroz secara terbuka menuduh Presiden Kuchma terlibat dalam penculikan jurnalis Georgiy Gongadze dan beberapa tindak pidana lainnya. Moroz menyebut mantan pengawal pribadi Kuchma, Mayor Mykola Melnychenko, sebagai sumbernya. Dia juga memutar rekaman percakapan rahasia Presiden untuk wartawan, yang konon mengkonfirmasi perintah Kuchma untuk menculik Gongadze. Ratusan percakapan lainnya kemudian diterbitkan di seluruh dunia oleh Melnychenko.

Para jurnalis menjuluki kasus tersebut dari pita kaset yang digunakan oleh Moroz. Melnychenko sendiri diduga menggunakan peralatan digital, bukan kaset, untuk merekam di kantor Presiden.

Konsekuensi[sunting | sunting sumber]

Georgiy Gongadze, jurnalis, pendiri harian Ukrayinska Pravda, yang diculik dan dibunuh pada tahun 2000.

Peristiwa yang dijelaskan tersebut memicu krisis, dengan demonstrasi massa di Kyiv dari 15 Desember 2000 hingga 9 Maret 2001. Oposisi memulai kampanye perlawanan tanpa kekerasan yang disebut UBK ("Ukraina tanpa Kuchma"), Menuntut pengunduran diri Kuchma. Meskipun pertumbuhan ekonomi di negara itu stabil, persentase kepuasan publik terhadap Presiden Kuchma turun di bawah 9%.

Pada tahun 2002, pemerintah Amerika Serikat dan negara-negara lain menjadi terlibat lebih dalam setelah salah satu rekaman mengungkapkan dugaan penyerahan sistem pertahanan Ukraina yang canggih "Kol'chuha" ke Irak di bawah pimpinan Saddam Hussein. Akibatnya, Leonid Kuchma diboikot oleh pemerintah Barat untuk sementara waktu. Secara khusus, ia mengalami démarche diplomatik yang ofensif ketika menghadiri KTT NATO yang berlangsung pada 21-22 November 2002 di Praha. Melanggar tradisi yang berlangsung puluhan tahun, daftar negara peserta diumumkan dalam bahasa Prancis, bukan bahasa Inggris. Akibatnya Turki disebutkan setelah Ukraina, dan bukannya Britania Raya dan Amerika Serikat, sehingga menghindari penampakan Kuchma di samping Tony Blair dan George W. Bush.

Selain itu, percakapan yang dipublikasikan secara luas menggambarkan Kuchma sebagai orang yang kasar dan pendendam, senang menggunakan kata kasar dan berbicara dalam campuran bahasa Rusia dan Ukraina yang tidak biasa. Para pendukung berpendapat bahwa bahasa kasar yang berlebihan adalah bukti montase yang disengaja dari rekaman tersebut menggunakan sampel audio ekstrinsik, Namun, Duta Besar Amerika Serikat untuk Ukraina, Carlos Pascual, mengungkapkan bahwa rekaman tersebut asli, tidak terdistorsi, tidak diubah, dan tidak dimanipulasi berdasarkan kesimpulan dari FBI Electronic Research Facility. Analisis perangkat perekam orisinil dan rekaman orisinil menemukan bahwa tidak ada suara yang tidak biasa yang mengindikasikan adanya gangguan pada rekaman, perekaman terus menerus tanpa jeda, dan tidak ada manipulasi pada berkas digital.[1][2]

Dipengaruhi oleh semua yang disebutkan di atas, Kuchma menjadi kecewa dengan integrasi Eropa dan mulai melonggarkan hubungan Ukraina dengan Amerika Serikat dan Uni Eropa, yang kritis terhadap rezimnya. Sebaliknya, ia meningkatkan integrasi dengan Rusia, mengingat fakta bahwa pemimpin barunya, Vladimir Putin, terus mendukung Kuchma dan menolak untuk mengakui tuduhan tersebut.

Pada September 2003, pasukan Ukraina bergabung dengan pasukan stabilisasi pimpinan AS di Irak, yang secara luas dianggap sebagai upaya Kuchma untuk meningkatkan hubungan dengan Barat. Semenjak itu, hubungan tingkat tinggi dipulihkan sebagian.

Mengomentari skandal dan tindakan Mel'nychenko pada khususnya, Leonid Kuchma terus-menerus mengklaim bahwa itu adalah hasil dari campur tangan asing, tetapi tidak pernah menyebut negara tertentu. Namun, beberapa pernyataannya tentang masalah ini dapat ditafsirkan sebagai petunjuk tentang peran Amerika Serikat atau Rusia. Menurutnya suaranya memang salah satu dari yang ada di kaset itu, tetapi ia mengklaim bahwa mereka telah diedit secara selektif untuk mengubah maknanya.[3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pascual, Carlos (26 November 2002). "U.S. Ambassador's to Ukraine open letter to the editor of 2000 Newspaper". danskukrainsk.dk (Dansk-Ukrainsk Selskab) (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 17 January 2020. 
  2. ^ Koshiw, J.V. (12–13 October 2007). "Kuchma's 'Parallel Cabinet' – The center of President Kuchma's authoritarian rule based on the Melnychenko recordings" (PDF). hlm. 16-17. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 20 January 2012. Diakses tanggal 17 January 2020. 
  3. ^ Eastern Europe, Russia and Central Asia 2004 (Europa Publications), Routledge, December 12, 2003, ISBN 1-85743-187-1 (page 504)