Sistem klasifikasi APG I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sistem klasifikasi APG I adalah versi pertama dari sistem taksonomi tumbuhan modern yang sebagian besar berbasis molekul. Sistem ini diterbitkan pada tahun 1998 oleh Angiosperm Phylogeny Group (disingkat "APG"). Sistem ini telah digantikan oleh Sistem klasifikasi APG II yang diterbitkan pada tahun 2003.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sistem APG asli tidak biasa karena didasarkan bukan pada bukti total, tetapi pada analisis kladistika rangkaian DNA tiga gen (dua gen kloroplas dan satu gen yang mengkode ribosom). Meskipun hanya berdasarkan bukti molekuler, kelompok penyusunnya terbukti didukung oleh bukti lain juga, misalnya morfologi serbuk sari mendukung pemisahan antara eudikotil dan sisa dikotil sebelumnya.

Sistem ini agak kontroversial dalam pengambilan keputusan di tingkat keluarga, karena memecah-belah sejumlah keluarga yang sudah lama berdiri dan menenggelamkan beberapa keluarga lainnya. Hal ini juga tidak biasa jika tidak menggunakan nama botani di atas tingkat ordo, yaitu ordo adalah peringkat tertinggi yang akan memiliki nama botani formal dalam sistem ini. Kelompok yang lebih tinggi didefinisikan hanya sebagai klad dengan nama seperti monokotil, eudikotil, rosidae, dan asteridae.

Sistem klasifikasi APG ini digantikan pada tahun 2003 dengan sistem klasifikasi APG II.

Kelompok[sunting | sunting sumber]

Kelompik utama dalam sistem (semua klad yang tidak diberi peringkat) adalah:

Representasi dalam warna

Sistem klasifikasi APG I mengenali 462 famili dan 40 ordo yang ditetapkan sebagai berikut: Di awal setiap daftar beberapa famili atau ordo yang tidak ditempatkan di klad selanjutnya:

Catatan: "+..." = secara opsional dapat memisahkan keluarga dari keluarga sebelumnya.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]