Styracaceae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Styracaceae
Halesia carolina
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Styracaceae

Styracaceae atau Suku Kemenyan-kemenyanan adalah suatu famili tumbuhan berbunga dalam ordo Ericales, yang terdiri dari 11 genus dan sekitar 160 spesies pohon dan perdu. Familia ini didapati pada daerah bersuhu hangat sedang dan subtropis pada belahan utara bumi.[1][2]

Pterostyrax hispida

Familia ini mempunyai ciri khas daun yang tertata sederhana secara spiral tanpa daun penumpu (stipula); bunga putih simetris dengan sebuah corolla yang terdiri dari dua sampai lima (kadang kala tujuh) petal terlebut; dan buah biasanya berbentuk kapsul kering, kadang-kadang bersayap, jarang berupa drupe berdaging, dengan satu atau dua biji.

Kebanyakan berupa perdu besar sampai pohon kecil setinggi 3–15 m, tetapi Halesia monticola (H. carolina var. monticola) lebih besar, berupa pohon sampai setinggi 39 m di Great Smoky Mountains National Park, North Carolina, Amerika Serikat.

Beberapa genus meliputi spesies yang populer sebagai pohon hias bernilai tinggi karena bunga putih yang semarak. Resin "Benzoin", digunakan dalam pengobatan tradisional dengan tumbuhan dan parfum, diekstrasi dari kulit batang spesies genus Styrax

Genus[sunting | sunting sumber]

Genus Pamphilia kadang dianggap terpisah, sekarang digolongkan ke dalam Styrax berdasarkan data genetik.[1][3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Fritsch, P. W., Morton, C. M., Chen, T., & Meldrum, C. (2001). Phylogeny and Biogeography of the Styracaceae. Int. J. Plant Sci. 162 (6 Suppl.): S95–S116. Available online (pdf file)
  2. ^ L. Watson and M.J. Dallwitz (1992 onwards). The families of flowering plants. Styracaceae Diarsipkan 2019-08-01 di Wayback Machine.
  3. ^ Wallnöfer, B. (1997). A revision of Styrax L. section Pamphilia (Mart. ex A. DC.) B. Walln. (Styracaceae). Ann. Nathist. Mus. Wien 99B: 681–720.