Ceratophyllum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Ceratophyllum
Ceratophyllum submersum
Ceratophyllum submersum
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Angiospermae
Ordo: Ceratophyllales
Bisch.
Famili: Ceratophyllaceae
Gray
Genus: Ceratophyllum
L.
Spesies

lihat teks

Ceratophyllum adalah satu-satunya marga anggota suku Ceratophyllaceae dan bangsa Ceratophyllales. Menurut Sistem klasifikasi APG II klad ini menempati bagian dasar dari percabangan evolusi tumbuhan berbunga, bersama-sama dengan teratai. Semua Ceratophyllum adalah tumbuhan air yang tidak mampu hidup tanpa genangan air. Mereka biasanya disebut hornworts, meskipun nama ini juga digunakan untuk tanaman yang tidak terkait dari divisi Anthocerotophyta. Ceratophyllum berkembang benar-benar tenggelam, biasanya, kadang-kadang mengambang di permukaan, dan tidak mentolerir kekeringan. Batang tanaman panjangnya bisa mencapai 1-3 m. Pada interval sepanjang node batang mereka menghasilkan cincin daun hijau terang, yang sempit dan jarang. Daunnya bercabang yang rapuh dan kaku saat disentuh. Tanaman yang tidak memiliki akar sama sekali, tapi kadang-kadang mereka mengembangkan daun yang seperti akar untuk menenggelamkan diri kedasar air. Bunga-bunga kecil dan tidak mencolok, dengan bunga jantan dan betina pada tanaman yang sama. Di kolam membentuk tunas tebal (turions) di musim gugur yang tenggelam ke dasar yang memberikan kesan bahwa ia telah dimati oleh tapi datang musim semi ini akan tumbuh kembali ke panjang berasal perlahan mengisi kolam.

Hornwort tanaman mengapung dalam jumlah besar hanya di bawah permukaan. Mereka menawarkan perlindungan yang sangat baik untuk ikan bertelur, tetapi juga untuk siput. Karena penampilannya dan dapat memproduksi oksigen yang tinggi, tumbuhan air ini sering digunakan sebagai penghias akuarium.


Kekerabatan dan Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Ceratophyllum dianggap cukup unik pada spesies nya sendiri, Ceratophyllaceae, dan hubungan yang tepat untuk angiospermae lainnya masih belum jelas. Itu dianggap sebagai relatif Nymphaeaceae dan termasuk dalam Nymphaeales dalam sistem Cronquist tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidak terkait erat dengan Nymphaeaceae atau keluarga tanaman lainnya yang masih ada. Beberapa filogeni molekuler awal menyarankan ini adalah kelompok saudara semua angiospermae lain, tapi yang lebih baru menunjukkan bahwa itu adalah kelompok saudara ke salah satu monokotil atau eudicots. Sistem APG II menempatkan keluarga dalam rangka sendiri, Ceratophyllales.

Angiospermae

Amborella




Nymphaeales




Austrobaileyales



Mesangiospermae


magnoliids



Chloranthales





monocots




Ceratophyllum



eudicots









The phylogeny of the flowering plants, as of APG III (2009).


Dilaporkan terdapat sekitar tiga puluh spesies anggotanya, tetapi sangat besar kemungkinannya banyak yang hanya merupakan varian dari spesies tertentu saja.[1][2][3] Tumbuhan ini semuanya dikenal sebagai "ganggang".

Berikut adalah beberapa spesies yang biasa dikenal:

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Germplasm Resources Information Network: Ceratophyllum
  2. ^ Australian Plant Name Index: Ceratophyllum
  3. ^ Flora Europaea: Ceratophyllum