Siput gonggong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Siput gonggong
Periode Cretaceous - recent[1]
Strombus
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumMollusca
KelasGastropoda
OrdoNeotaenioglossa
FamiliStrombidae
GenusStrombus
Linnaeus, 1758

Strombus atau siput gonggong adalah genus siput laut berukuran sedang hingga besar, moluska gastropoda laut dalam famili Strombidae, yang terdiri dari keong sejati dan kerabat terdekatnya. Genus Strombus dinamai oleh Naturalis Swedia Carl Linnaeus pada tahun 1758. Sekitar 50 spesies hidup telah dikenali, dengan ukuran bervariasi dari cukup kecil hingga sangat besar. Enam spesies hidup di wilayah Karibia yang lebih luas, termasuk ratu keong, Strombus gigas (sekarang biasanya dikenal sebagai Eustrombus gigas atau Lobatus gigas ), dan keong aduan India Barat, Strombus pugilis . Namun, sejak tahun 2006, banyak spesies telah dimasukkan ke dalam genera terpisah. [2] Namun genera baru ini belum ditemukan di sebagian besar buku teks dan panduan kolektor.

Di seluruh dunia, beberapa spesies berukuran besar secara ekonomi penting sebagai sumber makanan; ini termasuk ratu keong yang terancam punah, yang sangat jarang juga menghasilkan mutiara berkualitas permata berwarna merah muda.

Di masa lalu geologis, jumlah spesies Strombus yang ada jauh lebih besar.[3] Fosil spesies dalam genus ini telah ditemukan di seluruh dunia dalam sedimen dari Kapur hingga Kuarter (rentang usia: 140,2 juta tahun lalu hingga saat ini). [4]

Dari spesies yang hidup, sebagian besar berada di Samudera Hindia dan Pasifik . Banyak spesies Keong sejati hidup di dasar berpasir di antara padang rumput laut di perairan tropis. Mereka memakan alga dan memiliki operkulum berbentuk cakar.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Anatomi[sunting | sunting sumber]

Hewan hidup dari siput gonggong Florida Strombus alatus : Perhatikan moncong memanjang di latar depan, dan dua mata mengintai di belakangnya.

Seperti hampir semua gastropoda bercangkang, siput gonggong memiliki cangkang berbentuk spiral. Sekali lagi, seperti yang biasa terjadi pada banyak gastropoda, pertumbuhan cangkang spiral ini biasanya terjadi di sisi kanan, namun sangat jarang terjadi di sisi kiri.

Keong sejati memiliki tangkai mata yang panjang, dengan mata bertanda cincin warna-warni di ujungnya. Cangkangnya memiliki bukaan yang panjang dan sempit, serta kanal sifonal pendek, dengan lekukan lain di dekat ujung anterior yang disebut takik stromboid. Takik ini adalah tempat salah satu dari dua tangkai mata menonjol dari cangkang.

Keong sejati memiliki kaki yang berujung pada operkulum yang runcing dan berbentuk sabit, yang dapat digali ke dalam substrat sebagai bagian dari penggerak "melompat" yang tidak biasa.

Keong sejati menumbuhkan bibir melebar pada cangkangnya hanya setelah mencapai kematangan seksual . Ini disebut alat bibir luar atau alasi.

Siput gonggong bertelur dalam untaian panjang; telur-telurnya terkandung dalam tabung-tabung agar-agar yang dipelintir.[5] Strombus bergerak dengan gerakan melompat.[6]

Deskripsi cangkang[sunting | sunting sumber]

Cangkang siput gonggong memiliki bibir luar yang melebar dengan lekukan di dekat ujung anterior yang disebut takik stromboid yang melaluinya hewan tersebut dapat menjulurkan salah satu matanya yang mengintai.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sepkoski, J. J. Jr. (2002). "A compendium of fossil marine animal genera". Bulletins of American Paleontology. 363: 99. 
  2. ^ Latiolais, J. M.; Taylor M. S.; Roy, K.; Hellberg, M. E. (2006).
  3. ^ See Bellsouthpwp.net, Family Strombidae
  4. ^ Fossilworks
  5. ^ R. Tucker Abbott, American Seashells, New York (2d. ed., 1974) p. 143
  6. ^ Sealifebase
  7. ^ Kenneth R. Wye, The Encyclopedia of Shells, Londo, 2004, p. 70.