Siput laut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Siput laut di habitat alaminya: dua individu Epidendrium billeeanum dengan sejumlah kapsul telur in situ pada sumber makanannya. yaitu koral mangkok merah.

Siput laut adalah nama umum untuk semua jenis moluska gastropoda laut, umumnya dengan cangkang eksternal yang dapat terlihat, seperti kilar atau abalon. Mereka semua masuk kedalam kelas Gastropoda, bersamaan dengan res-res poh, yang dibedakan dengan siput karena tidak memiliki cangkang.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Kladogram dibawah adalah sebuah ringkasan dari klad-klad utama dari gastropoda hidup bedasarkan Taksonomi Bouchet & Rocroi (2005),[1] dengan takson yang mengandung spesies air asin atau payau ditandai dengan tebal (beberapa taksa yang ditebalkan sepenuhnya terdiri dari spesies laut, namun beberapa juga memiliki spesies darat atau air tawar)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bouchet, Philippe; Rocroi, Jean-Pierre; Frýda, Jiri; Hausdorf, Bernard; Ponder, Winston; Valdés, Ángel; Warén, Anders (2005). "Classification and nomenclator of gastropod families". Malacologia. Hackenheim, Germany: ConchBooks. 47 (1-2): 1–397. ISBN 3-925919-72-4. ISSN 0076-2997.