Siput telanjang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Res-res poh)
Siput bugil di dinding di Kanagawa, Jepang.

Siput telanjang
Various species of British land slugs, including (from the top) the larger drawings: Arion ater, Kerry slug, Limax maximus and Limax flavus
Various species of British land slugs, including (from the top) the larger drawings: Arion ater, Kerry slug, Limax maximus and Limax flavus
Arion sp., from Vancouver, BC
Arion sp., from Vancouver, BC
Klasifikasi ilmiah
Kelompok yang termasuk

Siput telanjang atau siput bugil (Inggris: slug) adalah nama umum untuk moluska gastropoda terestrial yang tampaknya tidak bercangkang. Kata siput telanjang juga sering digunakan sebagai bagian dari nama umum moluska gastropoda yang tidak memiliki cangkang, cangkang yang sangat kecil, atau hanya cangkang internal kecil, khususnya siput laut dan siput semi (ini berbeda dengan nama umum siput), ini berlaku untuk gastropoda yang memiliki cangkang melingkar yang cukup besar sehingga mereka dapat sepenuhnya menarik kembali bagian lunaknya ke dalamnya).

Berbagai keluarga taksonomi siput telanjang merupakan bagian dari beberapa garis keturunan evolusioner yang sangat berbeda, yang juga mencakup siput. Dengan demikian, berbagai keluarga siput telanjang tidak terkait erat, meskipun ada kemiripan yang dangkal dalam bentuk tubuh secara keseluruhan. Kondisi tanpa cangkang telah muncul berkali-kali secara independen sebagai contoh evolusi konvergen, dan dengan demikian kategori "siput telanjang" adalah polifiletik.

Peristilahan[sunting | sunting sumber]

Siput telanjang juga disebut sebagai lintah bulan, res-res poh, atau siput tanpa cangkang.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Drawing of slug with labels for the foot (bottom side), the foot fringe that surrounds it, the mantle behind the head, the pneumostome for breathing, and the optical and sensory tentacles
Anatomi luar res-res poh

Anatomi eksternal res-res poh atau siput telanjang meliputi yang berikut:

  • Tentakel : Seperti gastropoda darat paru lainnya, mayoritas siput telanjang memiliki dua pasang 'perasa' atau tentakel di kepala mereka. Pasangan atas adalah penginderaan cahaya dan memiliki bintik mata di ujungnya, sedangkan pasangan yang lebih rendah memberikan indera penciuman . Kedua pasangan dapat ditarik.
  • Mantle : Di atas siput telanjang, di belakang kepala, ada mantel berbentuk pelana , dan di bawahnya ada lubang alat kelamin dan anus. Di satu sisi (hampir selalu di sisi kanan) mantel terdapat lubang pernapasan, yang mudah dilihat saat terbuka, tetapi sulit dilihat saat tertutup. Pembukaan ini dikenal sebagai pneumostome .
  • Ekor : Bagian siput telanjang di belakang mantel disebut 'ekor'.
  • Lunas : Beberapa spesies siput telanjang, misalnya Tandonia budapestensis, memiliki punggung yang menonjol di punggungnya di sepanjang tengah ekor (terkadang di sepanjang ekor, terkadang hanya bagian terakhir). Punggungan ini disebut 'mentokan'.
  • Kaki : Sisi bawah siput telanjang, yang datar, disebut 'kaki'. Seperti hampir semua gastropoda, siput bergerak dengan gelombang kontraksi otot yang berirama di bagian bawah kakinya. Ini secara bersamaan mengeluarkan lapisan lendir yang dilaluinya, yang membantu mencegah kerusakan pada jaringan kaki. [2] Di sekitar tepi kaki di beberapa siput terdapat struktur yang disebut 'pinggiran kaki'.
  • Cangkang vestigial : Sebagian besar siput telanjang mempertahankan sisa cangkangnya, yang biasanya terinternalisasi. Organ ini umumnya berfungsi sebagai tempat penyimpanan garam kalsium, seringkali berhubungan dengan kelenjar pencernaan. [3] Cangkang bagian dalam terdapat pada Limacidae [4] dan Parmacellidae.[5] Philomycidae dewasa, [4] Onchidiidae [6] dan Veronicellidae [7] tidak memiliki cangkang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "How to be sluggish", Tuatara, 25 (2): 48–63 
  2. ^ Denny, M. W.; Gosline, J. M. (1980). "The physical properties of the pedal mucus of the terrestrial slug, Ariolimax columbianus" (PDF). Journal of Experimental Biology. 88 (1): 375–393. doi:10.1242/jeb.88.1.375. 
  3. ^ Loest, R. A. (1979). "Ammonia Volatilization and Absorption by Terrestrial Gastropods_ a Comparison between Shelled and Shell-Less Species". Physiological Zoology. 52 (4): 461–469. doi:10.1086/physzool.52.4.30155937. JSTOR 30155937. 
  4. ^ a b Branson, B. A (1980). "The recent Gastropoda of Oklahoma, Part VIII. The slug families Limacidae, Arionidae, Veronicellidae, and Philomycidae". Proceedings of the Oklahoma Academy of Science. 60: 29–35. 
  5. ^ Alonso, M. R.; Ibañe, M. (1981). "Estudio de Parmacella valenciannesii Webb & Van Beneden, 1836, y consideraciones sobre la posicion sistematica de la familia Parmacellidae (Mollusca, Pulmonata, Stylommatophora)". Boletín de la Sociedad de Historia Natural de les Baleares. 25: 103–124. 
  6. ^ Dayrat, B. (2009). "Review of the current knowledge of the systematics of Onchidiidae (Mollusca: Gastropoda: Pulmonata) with a checklist of nominal species". Zootaxa. 2068: 1–26. doi:10.11646/zootaxa.2068.1.1. 
  7. ^ Schilthuizen, M.; Thome, J. W. (2008). "Valiguna flava (Heynemann, 1885) from Indonesia and Malaysia: Redescription and Comparison with Valiguna siamensis (Martens, 1867)(Gastropoda: Soleolifera: Veronicellidae)". Veliger. 50 (3): 163–170.