Siphonophorida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Siphonophorida
Rentang fosil: Cenomanian–Present
Columbianum major
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Subfilum:
Kelas:
Subkelas:
Infrakelas:
Ordo:
Siphonophorida

Newport, 1844
Famili
Sinonim

Californizoniinae (Verhoeff, 1941)

Siphonophorida (Bahasa Yunani dari "pembawa tabung") adalah ordo kaki seribu yang hanya terdiri dari dua famili dan berisi lebih dari 100 spesies.

Deskripsi Fisik[sunting | sunting sumber]

Kaki seribu dalam ordo ini bertubuh panjang dan seperti cacing, mencapai panjang hingga 36 milimeter dan hingga sebanyak 190 segmen tubuh. Matanya tidak ada, dan pada banyak spesies kepalanya memanjang menjadi paruh panjang, dengan rahang bawah sangat kecil. Paruhnya dapat berfungsi sebagai penghisap. Tubuhnya memiliki penutup seta halus yang padat. Setiap segmen tubuh terdiri dari tergit dorsal, dua pleurit lateral, dan sternit ventral, yang tidak menyatu. Pelengkap reproduksi jantan (gonopoda) sederhana dan mirip kaki, terdiri dari pasangan kaki kesembilan dan kesepuluh. Kurangnya spesialisasi ini telah menyebabkan Siphonophorida disebut sebagai "mimpi buruk ahli taksonomi",[1] dan Jeekel (dikutip dalam[1]) dengan bercanda memberi perintah tersebut "penghargaan ahli taksonomi untuk kelompok paling tidak populer di antara diplopoda".[2]

Persebaran[sunting | sunting sumber]

Siphonophorida tersebar dari Amerika Serikat bagian barat daya menuju Brasil dan Peru di belahan bumi barat, serta Afrika Selatan, India, Asia Tenggara, dan Australia.[3] Fosil tertua dari kelompok ini berasal dari amber Burma berumur Kapur Akhir (Cenomanian), yang dapat dikaitkan dengan genus Siphonophora yang masih ada.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Read, H. J.; Enghoff, H. (2009). "The order Siphonophorida– A taxonomist's nightmare? Lessons from a Brazilian collection" (PDF). Soil Organisms. 81: 543–556. 
  2. ^ "Diagnostic features of Millipede Orders" (PDF). Milli-PEET Identification Tables. The Field Museum, Chicago. Diakses tanggal 25 October 2013. 
  3. ^ "Geographic distribution of Millipede Families" (PDF). Milli-PEET Identification Tables. The Field Museum, Chicago. Diakses tanggal 25 October 2013. 
  4. ^ Jiang, Xuankong; Shear, William A.; Hennen, Derek A.; Chen, Huiming; Xie, Zhicai (May 2019). "One hundred million years of stasis: Siphonophora hui sp. nov., the first Mesozoic sucking millipede (Diplopoda: Siphonophorida) from mid-Cretaceous Burmese amber". Cretaceous Research (dalam bahasa Inggris). 97: 34–39. doi:10.1016/j.cretres.2019.01.011.