Sindangpano, Rajagaluh, Majalengka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
BALAI DESA SINDANGPANO.jpg

Desa Sindangpano merupakan Desa tertua di Kecamatan Rajagaluh yang sebelumnya bernama Desa Koleberes. Namun ketika masa pemerintahan Pangeran Singawacana, Desa Koleberes pada masa itu dianggap terlalu luas dan besar sehingga dipecah dan dibagi-bagi menjadi beberapa desa. Desa-desa tersebut diantaranya adalah Babakan Kareo, Sadomas, Singawada, Payung, Teja dan Batara Agung. Desa Batara Agung ini adalah yang kemudian menjadi Bantaragung, Payung dan desa-desa lainnya.

Definisi operasional atau yang dimaksud dengan “BERKAH” dalam Visi kami adalah: Berakhlak, Ekonomis, Religius, Kondusif, Adil dan Harmonis.

Data Geografis dan Geologi

Desa Sindangpano merupakan salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan Rajagaluh. Desa ini berada di wilayah timur Majalengka, yaitu bagian dari kawasan Kabupaten Majalengka. Secara geografis, wilayah Desa Sindangpano terdiri dari wilayah perbukitan, persawahan, perkebunan melinjo, juga beberapa tebing di sepanjang perjalanan yang sudah selesai diaspal dan dihotmix pada tahun 2012. Batas-batas wilayah Desa Sindangpano adalah:

  • Utara: Desa Sadomas
  • Selatan: Desa Payung
  • Timur: Desa Bataragung (Bantaragung)
  • Barat: Desa Teja

Luas wilayah desa Sindangpano adalah seluas 280,35 Ha. Jarak Desa Sindangpano dari ibu kota provinsi (Bandung) adalah sejauh 113 km, jarak dari ibu kota kabupaten (Majalengka) adalah sejauh 13 km, jarak dari ibu kota kecamatan (Rajagaluh) adalah 6 km. Tofografi dan kontur tanah Desa Sindangpano yaitu tanah pegunungan dan persawahan. Ketinggian Desa Sindangpano adalah 500 m – 600 m dpl. Rata-rata suhu di Desa Sindangpanon adalah 20º C - 30 º C.

KEPALA DESA SINDANGPANO 2015-2021
{{{nama}}}
Negara Indonesia
Kode Kemendagri32.10.09.2005 Edit the value on Wikidata

[[Kategori:{{{kecamatan}}}, {{{nama dati2}}}]] [[Kategori:Desa di {{{dati2}}} {{{nama dati2}}}]]

[[Kategori:Desa di {{{provinsi}}}]] Sindangpano adalah desa di kecamatan Rajagaluh, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia.

di sindangpano terdapat 7 blok yaitu ;blok desa,blok cibitung cikarikil pamutih porang ciangkeub dan bunigeulis terdapat 2 buah masjid 1 sdn 2 madrasah diniyyah dan 2 paud di desa sindang pano sedang di bangun objek wisata yaitu bendungan gunung ciceuri yang terdapat di kaki gunung cicueri.