Siabu, Mandailing Natal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Siabu
Kecamatan
(Peta Lokasi) Kecamatan Siabu, Mandailing Natal.svg
Peta lokasi Kecamatan Siabu
Negara Indonesia
ProvinsiSumatra Utara
KabupatenMandailing Natal
Pemerintahan
 • Camat-edi syahlan matondang
Kepadatan- jiwa/km²
Desa/kelurahan23

Siabu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatra Utara, Indonesia.kecamatan siabu berbatasan langsung dengan kabupaten tapanuli selatan tepatnya di desa simaninggir sihepeng. Kecamatan Siabu, yang ber-ibu kota Siabu, dulunya masih masuk kedalam Kabupaten tapanuli Selatan. Sejak berdirinya Kabupaten Madina, kecamatan ini masuk kedalam wilayah Kabupaten Madina. Penduduk Siabu, kecamatan Siabu, sebahagian besar masuk dalam etnis Batak Mandailing, sehingga sebahagian besar penduduk kecematan ini mayoritas Muslim. Memang terdapat beberapa kampung yang didiami oleh etnis Batak Toba yang terkonsentrasi di Kampung Lumbanpinasa dan Kampung Sibaruang. Agama di kedua kampung ini mayoritas Kristen Protestan, hal ini ditandai dengan berdirinya HKBP di kedua kampung tersebut.

Siabu, sebagai ibu kota kecamatan, pada dasarnya sebuah kampung yang relatif besar, sebahagian besar penduduknya hidup dari pertanian, perikanan, perkebunan. Kelompok kedua terbesar adalah pedagang dan sebahagian besar anak-anak muda Siabu ini yang merantau di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Batam hidup dari usaha dagang. Perkembangan kota kecamatan Siabu ini relatif lambat, mungkin ini disebabkan tidak adanya produk andalan yang menjadi ciri khas kecamatan ini.

Produk pertanian sebetulnya dapat dikembangkan lebih jauh, mengingat kecamatan ini memiliki lahan pertanian yang luas, terutama di bahagian barat kecamatan ini. Untuk kawasan bagian timur, bisa dikembangkan produk pertanian/perkebunan bisa berupa tanaman keras maupun produk holtikultura. Bukit-bukit yang membelah kecamatan ini sebagai bagian dari bukit barisan konon memiliki potensi tambang emas yang lumayan besar.