Muara Sipongi, Mandailing Natal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Muara Sipongi
Peta lokasi Kecamatan Muara Sipongi
Negara Indonesia
ProvinsiSumatera Utara
KabupatenMandailing Natal
Pemerintahan
 • Camat-
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri12.13.12
Kode BPS1202040
Luas- km²
Desa/kelurahan15

Muara Sipongi adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Indonesia. Juga merupakan sebuah kecamatan yang berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Barat.

Batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Wilayah Kecamatan Muara Sipongi berbatasan dengan wilayah berikut:[1]

Utara Kecamatan Kotanopan
Timur Provinsi Sumatera Barat
Selatan Kecamatan Pakantan
Barat Kotanopan dan Ulu Pungkut

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Penduduk Muara Sipongi dikenal sebagai masyarakat Orang Ulu yang beradat Minangkabau.[2] Dalam berkomunikasi sehari-hari, masyarakat Muara Sipongi menggunakan Bahasa Ulu yang banyak kesamaan dengan Bahasa Minangkabau dialek Rao. Disamping Bahasa Ulu, di kawasan ini juga banyak digunakan Bahasa Mandailing yang dituturkan oleh masyarakat pendatang dari kecamatan lain yang sebagian besar adalah Suku Mandailing.

Dalam hal kekerabatan, masyarakat Ulu menggunakan sistem matrilineal, dengan persukuan Kandak Kepuh, Pungkik dan Mondoilik. Adat perkawinan orang Ulu mengikuti adat sumando serikat, dimana pihak perempuan menjemput pihak laki-laki. Untuk kehidupan sosial orang Ulu bertumpu pada "Tigo Tungku Sajarangan", dimana mereka sangat menghormati datuk (pimpinan adat), ulama (pimpinan agama), dan pemerintah.[3]

Tokoh[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Simorangkir, Mediana Julita Br (2023). Kecamatan Muara Sipongi Dalam Angka 2023. BPS Kabupaten Mandailing Natal. hlm. 3. 
  2. ^ Dada Meuraxa, Sejarah Kebudayaan Suku-suku di Sumatera Utara, 1973
  3. ^ Mc Suprapti, Zuraida Tanjung, Sultan Harahap; Budaya Masyarakat Perbatasan: Studi Tentang Adaptasi di Muara Sipongi, 1998