Shadow the Hedgehog (karakter)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Shadow the Hedgehog
Tokoh Sonic the Hedgehog
Landak hitam yang tinggi dan pemarah membuat pose mengancam. Dia memiliki mata merah, kulit gelap di sekitar moncong dan telinganya, garis-garis merah di duri dan lengannya, borgol hitam dan emas, bulu putih di dadanya, dan sepatu roda putih, hitam, merah, dan kuning.
Penampilan
perdana
Sonic Adventure 2 (2001)
Pencipta
Pengisi suara
Informasi
SpesiesLandak
Jenis kelaminLaki-laki
AsalSpace Colony ARK
Berat35 kg (77 pon)[4]
Tinggi100 cm (3 ft 3½ in)[4]
Keahlian KhususChaos Control

Chaos Blast

Chaos Spear [4]

Shadow the Hedgehog[5] adalah karakter yang muncul dalam franchise Sonic the Hedgehog milik Sega. Shadow diciptakan oleh Takashi lizuka dan Shiro Maekawa dan pertama kali muncul di Sonic Adventure 2 (2001). Meskipun ini dimaksudkan sebagai satu-satunya penampilannya, Shadow terbukti sangat populer di kalangan penggemar sehingga pengembang Sonic Team memutuskan untuk memasukkannya ke dalam Sonic Heroes (2003). Sejak saat itu, Shadow tampil dalam berbagai entri dalam franchise tersebut, termasuk spin-off Shadow the Hedgehog (video permainan) (2005). Dia juga muncul dalam adaptasi film dan serial televisi Sonic, komik, dan merchandise.

Dalam alam semesta fiksi franchise Sonic, Shadow adalah landak hitam antropomorfik buatan yang dibuat 50 tahun sebelum karakter tituler, Sonic the Hedgehog lahir, oleh Profesor Gerald Robotnik, kakek dari serial antagonis Doctor Eggman. Setelah menyaksikan pembunuhan sahabatnya Maria, Shadow bersumpah untuk menepati janjinya bahwa dia akan melindungi dunia dari bahaya. Sebagai antipahlawan, Shadow memiliki niat baik tetapi akan melakukan apa pun untuk mencapai tujuannya, membuatnya berselisih dengan protagonis seri Sonic the Hedgehog. Shadow berbagi banyak atribut dengan Sonic dan kontrol serupa dalam game, tetapi dibedakan dengan penggunaan kendaraan dan senjata api.

Ide untuk Shadow berasal dari pengembangan Sonic Adventure asli, dengan Iizuka dan Maekawa memastikan dia akan menjadi karakter yang halus dan "keren" yang dapat dipedulikan oleh para pemain. Meskipun Shadow adalah salah satu karakter serial yang paling populer dan dinobatkan sebagai salah satu karakter video game terhebat oleh Guinness World Records pada tahun 2011, dan telah terbukti memecah belah Para junalis video game. Beberapa orang memuji perannya dalam Sonic Adventure 2 dan pelestarian tema Sonic dari levelnya, tetapi yang lain mengkritik karakterisasi kelamnya. Game Shadow terjual dengan baik, tetapi umumnya menerima ulasan yang tidak menyenangkan.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Shadow adalah antropomorfik landak hitam yang muncul di seri Sega Sonic the Hedgehog dari platform game dan berbagai spin-offnya. Dia pertama kali muncul di angsuran 2001 Sonic Adventure 2, Perannya dalam permainan bervariasi. Beberapa, seperti game seri utama Sonic Adventure 2,[6] Sonic Heroes (2003), dan Sonic the Hedgehog (2006) menampilkannya sebagai karakter utama yang dapat dimainkan,[7] dan dia adalah protagonis dari spin-off Shadow the Hedgehog (2005) dan paket konten yang dapat diunduh (DLC) untuk Sonic Forces (2017). Lainnya,[8][9] seperti game ulang tahun Sonic Generations (2011), membatasi dia pada peran yang tidak dapat dimainkan.[10]

Dalam game, Shadow digambarkan sebagai sosok yang misterius dan tajam -witted, dan merenung antipahlawan. Sementara tujuan utamanya adalah untuk melindungi dunia dari bahaya, dia tidak menyukai manusia, dan sekali dia telah menetapkan tujuan, dia melakukan apa pun untuk mencapainya. Hal ini sering menyebabkan dia mengambil risiko tanpa memikirkannya dan membuat dia bertentangan dengan seri protagonis Sonic the Hedgehog. Meskipun seorang penyendiri, Shadow berkolaborasi dengan pemburu harta karun Rouge the Bat dan robot E-123 Omega dalam game seperti Sonic Heroes, Sonic the Hedgehog (2006), dan Sonic Forces. Shadow bersekutu dengan Sonic di beberapa game, tetapi juga dengan Doctor Eggman di Sonic Adventure 2 dan Shadow the Hedgehog. Shadow memiliki banyak kesamaan dengan Sonic. Secara visual, Ben Stahl dari GameSpot menggambarkan Shadow sebagai "versi jahat dari Sonic sendiri—penampilannya mirip, tetapi dengan kulit yang lebih gelap, mata yang lebih miring, dan geraman yang menakutkan alih-alih seringai khas Sonic." Justin Leeper dari GamesRadar+ mengatakan bahwa jika Sonic adalah Superman, maka Shadow akan menjadi Batman miliknya. Kontrol karakter serupa dalam game, karena keduanya berbagi keterampilan dan kemampuan untuk berlari dengan kecepatan tinggi. Shadow memiliki atribut unik di beberapa game, seperti penggunaan senjata api dan kendaraan di Shadow the Hedgehog dan Sonic the Hedgehog, masing-masing.Dia juga dapat menggunakan Chaos Emeralds untuk melakukan "Chaos Control"—memungkinkannya mengubah waktu—dan membuat senjata seperti tombak Seperti Sonic, Shadow dapat berubah menjadi bentuk "Super" memberinya kekuatan khusus.

Developer[sunting | sunting sumber]

Biografi Karakter[sunting | sunting sumber]

Pengisi Suara[sunting | sunting sumber]

Penerimaan dan dampak[sunting | sunting sumber]

Media lain[sunting | sunting sumber]

Nama Berbagai dalam bahasa[sunting | sunting sumber]

Bahasa Nama Transliterasi
Jepang シャドウ・ザ・ヘッジホッグ Shadō za Hejjihoggu
Korea 섀도우 더 헤지혹 Syaedou deo hejihog
Mandarin (Hanzi sederhana) 暗影刺猬 Ànyǐng cìwèi
Mandarin (Hanzi tradisional) 暗影刺猬 Ànyǐng cìwèi
Arab ظل القنفذ zala alqanfadh
Hungaria Shadow the Hedgehog
Latvi Ēnot ezis
Lituavi Ežiuko šešėlis
Serbia Схадов тхе Хедгехог Shadov the Hedgehog
Kroasia Shadow the Hedgehog
Tagalog Anino ang Hedgehog
Suomi Skugga igelkotten
Norwegia Shadow the Hedgehog
Swedia Shadow the Hedgehog
Denmark Shadow the Hedgehog
Ceska Sonic the Hedgehog
Slowakia Shadow the Hedgehog
Rusia Ежик Тень Yezhik Ten'
Yunani Σκιά τον Σκαντζόχοιρο Skiá ton Skantzóchoiro
Belanda Schaduw De Egel
Polski Śledź Jeża
Portugis Sombra do ouriço
Katala Shadow the Hedgehog
Spanyol Sombra el erizo
Jerman Shadow der Igel
Italia Ombra il riccio
Prancis Ombre le hérisson

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Drummond's confirmation". Twitter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-10-21. 
  2. ^ "Jason Griffith". amtcworld.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 March 2016. Diakses tanggal 23 August 2019. 
  3. ^ "Otakon ®: Please Welcome Kirk Thornton to Otakon 2019 - News & Announcements". Diakses tanggal 23 August 2019. 
  4. ^ a b c SEGA, (C). "ソニック". SEGA | ソニックチャンネル. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 26, 2019. Diakses tanggal 2022-04-23. 
  5. ^ Jepang: シャドウ・ザ・ヘッジホッグ Hepburn: Shadō za Hejjihoggu?
  6. ^ Chau, Anthony (June 22, 2001). "Sonic Adventure 2". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 12, 2018. Diakses tanggal February 2, 2019. 
  7. ^ Castro, Juan (November 30, 2006). "Sonic the Hedgehog Review". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 31, 2018. Diakses tanggal February 2, 2019. 
  8. ^ Casamassina, Matt (November 17, 2005). "Shadow the Hedgehog". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 3, 2019. 
  9. ^ Phillips, Tom (September 19, 2017). "Sonic Forces will let you play as Shadow the Hedgehog". Eurogamer. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 2, 2019. 
  10. ^ Fahey, Mike (September 12, 2011). "Generations Plumbs the Darkest Corners of Sonic's History". Kotaku. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 2, 2019. Diakses tanggal February 2, 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]