Sentral telepon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Seorang operator telepon secara manual menghubungkan panggilan dengan pasangan-pasangan kabel pada sebuah papan hubung telepon.
Sebuah sentral telepon modern, tidak hanya disiapkan untuk komunikasi suara tetapi juga untuk data jalur lebar.

Sentral telepon adalah suatu sistem telekomunikasi yang digunakan dalam jaringan telepon tetap (untuk masyarakat umum) atau dalam perusahaan besar. Sebuah sentral telepon terdiri dari komponen-komponen elektronik dan pada sistem yang lebih tua juga ada operator manusia yang melakukan interkoneksi (switch) saluran-saluran telepon pelanggan atau sirkuit-sirkuit virtual sistem digital untuk menjalin panggilan telepon antar pelanggan.

Dalam jaringan telekomunikasi publik, sentral telepon terletak di kantor sentral, biasanya sebuah bangunan yang digunakan untuk menampung peralatan-peralatan yang digunakan untuk beberapa sentral telepon, yang mana masing-masingnya melayani wilayah geografis tertentu. Lokasi kantor sentral di Amerika Utara biasanya diidentifikasi sebagai wire centers, menunjuk pada sebuah fasilitas yang darinya sebuah telepon menerima nada panggil.[1] Untuk kepentingan bisnis dan penagihan, para penyelenggara jasa telepon juga menetapkan rate centers, yang mana di kota-kota besar mungkin berupa gugusan kantor sentral, untuk menentukan lokasi geografis tertentu demi penetapan pengukuran jarak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "General Definitions". Verizon service. Verizon Enterprise Solutions. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]