Sengiran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pittosporum
Pittosporum moluccanum
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Genus:
Pittosporum

Spesies

Lihat teks

Sinonim

Citriobatus A.Cunn. ex Putt.

Pittosporum atau sengiran adalah genus dari sekitar 200 spesies tumbuhan berbunga dalam famili Pittosporaceae. Genus ini mungkin berasal dari Gondwana. Saat ini jangkauannya meluas dari Australasia, Oseania, Asia timur dan beberapa bagian Afrika. Genus Citriobatus dapat dimasukkan di sini, tetapi mungkin merupakan genus yang berbeda (meskipun berkerabat dekat).[1]

Anggota spesiesnya berupa pohon dan semak yang tumbuh setinggi 2–30 m. Daunnya tersusun secara spiral atau melingkar, sederhana, dengan tepian utuh atau melambai (jarang berlubang). Bungan masing-masing bunga memiliki lima sepal dan lima petal serta sering beraroma manis. Buahnya berupa kapsul biji kayu yang pecah saat matang untuk melepaskan banyak biji. Bijinya dilapisi dengan zat resin yang lengket, oleh karena itu genus ini dinamai dari bahasa Yunani yang berarti "biji pitch" yang mengacu pada bijinya yang lengket.

Tarata (Pittosporum eugenioides) dan kohuhu (Pittosporum tenuifolium) yang keduanya berasal dari Selandia Baru, serta kayu keju Jepang (Pittosporum tobira) dari Jepang bagian selatan banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias di daerah subtropis. Pittosporum juga bisa ditanam di dalam ruangan sebagai bonsai. Biji petroleum (Pittosporun resiniferum) menghasilkan minyak biji petroleum, yang kadang-kadang diusulkan sebagai bahan bakar hayati dikarenakan kandungan n-heptana yang berlebih dan kandungan oktana yang rendah, lebih cocok sebagai sumber n-heptana yang dihasilkan dari minyak mentah.

Banyak hewan herbivora yang tidak menyukai resin pittosporum, terkhusus bijinya, yang menempel di mana saja. Tetapi beberapa hewan memakannya begitu saja seperti burung kea (Nestor notabilis) yang menyukai buah dan biji Pittosporum anomalum. Sebuah spesies serangga sisik yakni Icerya purchasi merupakan hama umum pada Pittosporum hias (khususnya spesies yang berasal dari Selandia Baru). Sebuah spesies Ascomycota yakni Nectriella pironii sering menginfeksi kayu keju Jepang.

Daftar spesies[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Plant List: Citriobatus (retrieved 20/11/2017)
  2. ^ Little Jr., Elbert L.; Roger G. Skolmen (1989). "Hōʻawa" (PDF). Common Forest Trees of Hawaii (Native and Introduced). United States Forest Service. Diakses tanggal 2010-02-07.