Sempur-hujan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sempur-hujan
Eurylaimidae

Banded broadbill
Eurylaimus javanicus
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
UpaordoTyranni
FamiliEurylaimidae
Lesson, 1831

Eurylaimidae adalah keluarga burung pengicau suboskin yang hidup dari Himalaya bagian timur hingga Indonesia dan Filipina . Burung ini lebih dikenal dengan nama sempur-hujan atau burung madi.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Banyak spesiesnya merupakan burung berwarna cerah dengan kepala lebar, mata besar, dan paruh bengkok, rata dan lebar. Panjangnya berkisar antara 13 hingga 28 sentimeter, dan hidup di kanopi hutan basah yang lebat, memungkinkan mereka bersembunyi meskipun bulunya berwarna cerah. [1] Bulu eurylaimid remaja mirip dengan bulu dewasa, perbedaannya adalah lebih kusam, bersayap pendek, dan berekor pendek dalam beberapa kasus.[2]

Perilaku dan ekologi[sunting | sunting sumber]

Mereka sebagian besar adalah pemakan serangga dan karnivora. Mangsa yang diambil antara lain serangga, laba-laba, lipan, dan kaki seribu, serta kadal dan katak pohon . Mangsa diperoleh dengan cara mengambil mangsa dari tempat bertengger untuk merebutnya saat terbang, dan memungut mangsa dari dedaunan dan dahan saat terbang. Beberapa spesies mungkin memakan buah, tetapi hanya burung paruh hijau dari genus Calyptomena dan burung sempur-hujan Grauer yang merupakan hewan pemakan buah (yang juga memakan beberapa serangga).

Mereka umumnya suka berteman, dengan banyak spesies bergerak dalam kelompok yang terdiri dari sekitar 20 individu. Mereka menempelkan sarangnya yang berbentuk dompet pada tanaman merambat, dan membiarkan ekor ijuk menggantung di bawahnya. Hal ini membuat sarang tampak seperti puing-puing acak yang tersangkut di pohon, efek yang semakin diperkuat dengan burung yang menutupi sarang dengan lumut dan jaring laba-laba. [1] Sempur-hujan biasanya bertelur dua hingga tiga butir.

Keluarga ini mencakup sepuluh spesies, empat di antaranya masing-masing ditempatkan dalam genus monotipenya sendiri: [3]

Gambar Marga Spesies Hidup
</img> Sempur hujan sungai Vigors, 1830
</img> Madi injap Swainson, 1837
</img> Serilophus Swainson, 1837
</img> Eurylaimus Horsfield, 1821
</img> Sarcophanops Gould, 1877
</img> Pelajaran Madi kelam Lesson, 1828
Pseudocalyptomena Rothschild, 1909

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b McClure, H. Elliott (1991). Forshaw, Joseph, ed. Encyclopaedia of Animals: Birds. London: Merehurst Press. hlm. 158. ISBN 1-85391-186-0. 
  2. ^ del Hoyo, J.; Elliott, A.; Christie, D. (2003). Handbook of the Birds of the World. Volume 8: Broadbills to TapaculosPerlu mendaftar (gratis). Lynx Edicions. ISBN 84-87334-50-4. 
  3. ^ Gill, Frank; Donsker, David, ed. (2019). "NZ wrens, Sapayoa, broadbills, asities, pittas". World Bird List Version 9.2. International Ornithologists' Union. Diakses tanggal 26 June 2019.