Madi dada-perak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Madi dada-perak
Madi dada-perak di Kaeng Krachan, Thailand
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Serilophus

Swainson, 1837
Spesies:
S. lunatus
Nama binomial
Serilophus lunatus
(Gould, 1834)

Madi dada-perak (Serilophus lunatus) adalah spesies burung madi dalam famili Eurylaimidae.

Penyebaran dan subspesies[sunting | sunting sumber]

Madi dada-perak terdiri dari sepuluh subspesies, dengan daerah persebaran:[2]

  1. S. l. lunatus (Gould, 1834), tersebar di Myanmar (Pegu Yomas, Karen Hills, Tenasserim utara) dan Thailand barat laut.
  2. S. l. rubropygius (Hodgson, 1839), tersebar di India timur laut, Bhutan dan Bangladesh timur ke timur sampai Myanmar (Arakan, Bukit Chin dan bagian atas Chindwin ke timur Sungai Irrawaddy).
  3. S. l. atrestus (Deignan, 1948), tersebar di Myanmar tengah dan timur (selatan Bhamo, bagian timur Sungai Irrawaddy) dan China selatan (Yunnan barat daya) ke selatan sampai Thailand timur laut, Laos tengah dan selatan (dataran rendah) dan Vietnam (Tonkin barat).
  4. S. l. elisabethae (La Touche, 1921), tersebar di China tenggara (Yunnan tenggara, Guangxi barat daya) dan Tonkin timur.
  5. S. l. polionotus (Rothschild, 1903), tersebar di Pulau Hainan.
  6. S. l. stolidus (Robinson dan Kloss, 1919), tersebar di Myanmar selatan (Tenasserim selatan) dan Thailand selatan dan barat daya (kecuali ujung selatan).
  7. S. l. aphobus (Deignan, 1948), tersebar di Thailand tenggara dan Kamboja.
  8. S. l. impavidus (Deignan, 1948), tersebar di Bolaven Plateau, di Laos selatan.
  9. S. l. rothschildi (Hartert dan Butler, 1898), tersebar diujung selatan Thailand dan Semenanjung Malaysia.
  10. S. l. intensus (Robinson dan Kloss, 1916), tersebar di Sumatra.

Tempat hidup dan kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Di Sumatra, burung ini terkadang terdapat di hutan perbukitan antara ketinggian 800–1500 m dpl. Hidup dalam kelompok kecil pada tajuk bawah dan lapisan bawah di hutan-hutan terbuka, sepanjang aliran air, dan sisi sungai. Burung ini menangkap serangga pada dedaunan sambil terbang. Burung madi dada-perak terlihat tidak mencolok, menghuni tajuk bagian atas dan tengah hutan dengan tenang. Biasanya sendirian atau berpasangan, meskipun terkadang berkumpul dalam kelompok kecil.[2]

Morfologi[sunting | sunting sumber]

Madi dada-perak berukuran sekitar 17 cm. S. lunatus jantan ditandai dengan bagian atas berwarna coklat keabu-abuan. Bagian bawah berwarna putih keabu-abuan. Pada kepala terdapat garis mata hitam. Madi dada-perak betina ditandai dengan adanya corak tipis seperti kalung berwarna keputihan [3].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2012). "Serilophus lunatus". IUCN Red List of Threatened Species. Version 2013.2. International Union for Conservation of Nature. Diakses tanggal 26 November 2013. 
  2. ^ a b "Madi dada-perak". Kutilang Indonesia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-04-08. Diakses tanggal 11 April 2014. 
  3. ^ Robson, Craig (2007). NEW HOLLAND FIELD GUIDE TO THE BIRDS OF SOUTH-EAST ASIA : THAILAND, PENINSULAR MALAYSIA, SINGAPORE, VIETNAM, CAMBODIA, LAOS, MYANMAR. London: New Holland. hlm. 160.