Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

STMIK Widya Cipta Dharma adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Kampus ini berdiri pada tahun 1991 dengan nama Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma (AMIK Widya Cipta Dharma), kemudian peningkatan status menjadi Sekolah Tinggi pada tahun 1995.

STMIK Widya Cipta Dharma

Moto "STMIK Widya Cipta Dharma Mencetak Generasi Unggul"
Didirikan 1991
Jenis Perguruan Tinggi Swasta
Lokasi Jl. M. Yamin No. 25 Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia
Warna Ungu
Situs web www.wicida.ac.id

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dalam rangka ikut serta berperan aktif dalam penyiapan dan pengadaan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dengan dasar pengetahuan manajemen dan ilmu komputer yang memadai, maka pada tahun 1991, Yayasan Widya Cipta Dharma Samarinda mendirikan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) dengan status terdaftar untuk program Diploma Tiga (D3), Program Studi Manajemen Informatika, serta Short Course satu tahun untuk program studi Perbankan dan Akuntansi.

Kuliah pertama diikuti oleh 350 orang mahasiswa. Kegiatan kuliah ini sementara menggunakan gedung SMA Widya Praja, Jl. Langsat, Samarinda. Sedangkan untuk praktek laboratorium dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Lab. Komputer ALTEDCOM, Jl. Diponegoro no. 7 dan Lab. Komputer AEC Komputer, Jl. Dr. Sutomo, Samarinda.

Waktu berjalan terus dan penyempurnaan terus berlangsung. Kelancaran proses belajar mengajar di AMIK akan terjamin bila memiliki kampus sendiri. Dan, Yayasan Widya Cipta Dharma telah berhasil membangun gedung untuk kegiatan akademik di Jl. M. Yamin no. 14, Samarinda pada tahun 1991. Dengan demikian, AMIK telah memiliki kampus sendiri dan sejak pertengahan tahun 1992, kegiatan kuliah dan praktek laboratorium telah menggunakan gedung sendiri di kampus tersebut.

Jenjang studi pun berubah/bertambah. Sejak tahun akademik 1993/1994 Short Course satu tahun untuk program studi perbankan dan akuntansi diganti dengan program Diploma Satu (D1) program studi Manajemen Informatika dan program Diploma Dua (D2) program studi Manajemen Informatika. Keduanya berstatus terdaftar. Pada tahun akademik 1995/1996 dibuka program Strata Satu (S1) jurusan Manajemen Informatika. Peningkatan status menjadi sekolah tinggi, yaitu AMIK menjadi STMIK berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 05/D/O/1995 dan telah diresmikan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Suwarna Abdul Fatah, pada tanggal 30 Maret 1995.

Pada tanggal 5 Januari 1996, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, mengeluarkan SK No. 09/DIKTI/KEP/1995 tentang pemberian status terdaftar kepada program studi Teknik Informatika untuk jenjang studi Strata Satu (S1). Dengan Demikian pada perkembangannya STMIK Widya Cipta Dharma memiliki dua program studi, yaitu Teknik Informatika untuk jenjang S1 dan Manajemen Informatika untuk jenjang D1, D2, D3, dan S1.

Penyesuaian kurikulum terus dilakukan pada tingkat pusat di Departemen Pendidikan Nasional. Melalui surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI tahun 1999 terjadi perubahan kurikulum untuk program studi S1 Manajemen Informatika. Dengan perubahan ini maka nama program studi S1 Manajemen Informatika berubah menjadi S1 Sistem Informasi. Sedangkan program studi Manajemen Informatika jenjang D1, D2, D3 dan Teknik Informatika jenjang S1 tidak terjadi perubahan atau tetap mengacu pada kurikulum lama.

Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia pada tanggal 26 Agustus 2003 telah menunjuk STMIK Widya Cipta Dharma sebagai Center Of Excellence (Pusat Studi Unggulan) di Kalimantan Timur. Dan pada tahun 2015 STMIK Widya Cipta Dharma Terakreditasi Institusi B (Sangat Baik) oleh BAN-PT.

Program Studi[sunting | sunting sumber]

STMIK Widya Cipta Dharma menyelenggarakan 3 (tiga) program studi, yaitu :

  1. Teknik Informatika untuk jenjang Program Sarjana (S1)
  2. Sistem Informasi untuk jenjang Program Sarjana (S1)
  3. Bisnis Digital untuk jenjang Program Sarjana (S1)

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

STMIK Widya Cipta Dharma memiliki fasilitas yang cukup memadai, yaitu :

Ruang Kelas[sunting | sunting sumber]

Ruang kelas dilengkapi dengan berbagai fasilitas tambahan untuk memudahkan pengajaran, diantaranya :

  1. Papan tulis
  2. Proyektor LCD
  3. AC
  4. CCTV

Laboratorium[sunting | sunting sumber]

STMIK Widya Cipta Dharma memiliki 5 laboratorium yang digunakan untuk kegiatan praktikum mahasiswa, yaitu :

  1. Lab. Pemrograman
  2. Lab. Aplikasi dan Komputasi
  3. Lab. Aplikasi Profesional
  4. Lab. Jaringan Komputer
  5. Balai Bahasa

Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

STMIK Widya Cipta Dharma memiliki perpustakaan yang menjadi fasilitas penunjang penyediaan literatur. Koleksi bahan pustaka yang tersedia diantaranya adalah Buku Teks, Buku Penunjang, Karya Penelitian, Skripsi, Laporan, Bahan Referensi, Majalah, jurnal, dan lain-lain.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]