Sekolah Film Nasional di Łódź

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sekolah Film Łódź
Państwowa Wyższa Szkoła Filmowa, Telewizyjna i Teatralna im. Leona Schillera
Palac Oskara Kona Lodz.jpg
Sekolah Film Łódź (Istana Oskar Kon)
Didirikan 8 Maret 1948
Rektor Mariusz Grzegorzek
Jumlah mahasiswa ca. 1000
Lokasi Łódź, Polandia
Afiliasi CILECT
Situs web www.filmschool.lodz.pl
www.film.lodz.pl

Sekolah Tinggi Film, Televisi, dan Teater Nasional Leon Schiller di Łódź (Państwowa Wyższa Szkoła Filmowa, Telewizyjna saya Teatralna im. Leona Schillera w Łodzi) adalah akademi terkemuka di Polandia untuk calon-calon aktor, sutradara, fotografer, operator kamera, dan staf televisi. Sekolah ini didirikan pada 8 Maret 1948 di Łódź dan awalnya direncanakan akan dipindahkan ke Warsawa segera setelah kota itu dibangun kembali setelah hancur dalam Perang Dunia II dan Pemberontakan Warsawa. Tetapi, pada akhirnya sekolah itu tetap di Łódź dan merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi paling menonjol di kota itu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Hingga tahun 1958 sekolah film ini ada sebagai dua sekolah terpisah: satu untuk aktor dan satunya lagi untuk pembuat film. Sekolah-sekolah itu dan industri sinema Polandia pindah dari Warsawa ke kota di dekatnya, Łódź, setelah Perang Dunia II. Langkah ini awalnya dilihat sebagai tindakan sementara, oleh karena itu nama sekolah aktor dulunya adalah Sekolah Tinggi Teater Nasional di Warsawa dengan kedudukan di Łódź. Penggagas dan rektor pertamanya adalah aktor terkenal Polandia Leon Schiller, yang namanya dijadikan nama sekolah saat itu. Pada tahun 1949 sekolah itu dibagi menjadi dua cabang, yang pertama benar-benar pindah ke Warsawa dan yang kedua tetap di Łódź, di bawah Direktur Kazimierz Dejmek (sejak tahun 1950).

Tahun-tahun menjelang penggabungan pada tahun 1958 adalah saat-saat ketika artis-artis terkenal dari Sekolah Film Polandia menciptakan reputasi Sekolah Film Łódź sebagai lembaga pendidikan tinggi paling liberal dan kurang komunis di Polandia. Alumni yang paling menonjol dari periode itu antara lain Andrzej Munk, Andrzej Wajda, dan Kazimierz Kutz. Pada tahun 1954 bergabung bersama mereka Roman Polanski.

Setelah tahun 1958, sekolah ini menjadi salah satu pusat pemikiran budaya paling penting di Polandia, dengan bergabungnya banyak orang luar dan seniman yang tidak didukung oleh otoritas Komunis. Berbagai klub diskusi dan kebebasan berbicara relatif dipromosikan oleh rektor baru, Jerzy Toeplitz, yang menambah nilai sekolah ini. Misalnya, dua mahasiswa universitas (Jerzy Matuszkiewicz dan Witold Sobociński) menjadi musisi jazz pertama di Polandia setelah Perang Dunia II yang diizinkan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan konser. Kirk Douglas mengunjungi sekolah ini pada tahun 1966. Kunjungannya didokumentasikan dalam film dokumenter Kirk Douglas.[1]

Setelah peristiwa Maret 1968, periode kebebasan mencapai akhirnya. Toeplitz dipecat, begitu pula sebagian besar pengajar. Tetapi, dengan munculnya Edward Gierek dan rezimnya, sekolah ini kembali mulai berkembang.

Sekolah ini memiliki tiga alumni pemenang Oscar, yaitu Roman Polanski, Andrzej Wajda, dan Zbigniew Rybczyński, sementara alumnus Krzysztof Kieślowski dinominasikan untuk Oscar. Polanski dan Wajda memenangkan Palme D'or dalam Festival Film Cannes masing-masing pada tahun 2002 dan tahun 1981.

Basis data Film Internet Polandia[sunting | sunting sumber]

Internetowa Baza Filmu Polskiego (Basis data Film Internet Polandia) dikelola oleh sekolah ini sejak tahun 1998.[2]

Alumni terkenal[sunting | sunting sumber]

Sutradara[sunting | sunting sumber]

Sineas[sunting | sunting sumber]

Aktor[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kirk Douglas documentary" (dalam bahasa Polski). Filmweb.pl. 2012-01-01. Diakses tanggal 2013-01-12. 
  2. ^ "Internetowa Baza Filmu Polskiego". Państwowa Wyższa Szkoła Filmowa. Diakses tanggal February 18, 2015. 
  3. ^ "Machulski - Polish famous actor, director passed away". thenews.pl. Polskieradio.pl. 20-11-2008. Diakses tanggal 10-01-2009.  Periksa nilai tanggal di: |access-date=, |date= (bantuan)
  4. ^ "Maria Sadowska" (dalam bahasa Polandia). Filmpolski.pl. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]