Sejarah piza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sejarah pizza)

Piza memiliki sejarah yang panjang, rumit dan tak menentu yang sering menginspirasikan banyak debat. Asal kata "pizza" belum jelas, tetapi pertama kali muncul tahun 997 dalam Bahasa Latin Pertengahan, dan di Napoli pada abad ke-16 sebuah galette disebut sebagai pizza.[1]

Pada waktu itu, piza adalah alat tukang roti, sebuah adonan yang digunakan untuk menentukan temperatur oven[butuh rujukan]. Makanan para warga miskin, piza dijual di jalanan dan belum dianggap sebagai resep dapur terkenal[butuh rujukan]. Sebelum abad ke-17, pizza ditutupi saus putih mayonase Kemudian diganti oleh minyak, keju, tomat atau ikan - tahun 1843, Alexandre Dumas, père menjelaskan keragaman pelengkap pizza. Bulan Juni 1889, untuk menghormati Ratu Italia, Margherita dari Savoy, koki Neapolitan Raffaele Esposito menciptakan "Pizza Margherita", sebuah pizza yang dipenuhi tomat, keju mozzarella dan basil, untuk menggambarkan warna bendera Italia. Dialah yang pertama kali menambahkan keju.[2] Urutan pasti dimana banyak roti tipis di Mediterania kuno dan abad pertengahan menjadi suatu makanan yang terkenal pada abad ke-20 belum diketahui sampai sekarang.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The History of Pizza". WorldAtlas (dalam bahasa Inggris). 2017-04-25. Diakses tanggal 2024-01-14. 
  2. ^ "American Pie". American Heritage. April/May 2006. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-07-12. Diakses tanggal 2009-07-04. Cheese, the crowning ingredient, was not added until 1889, when the Royal Palace commissioned the Neapolitan pizzaiolo Raffaele Esposito to create a pizza in honor of the visiting Queen Margherita. Of the three contenders he created, the Queen strongly preferred a pie swathed in the colors of the Italian flag: red (tomato), green (basil), and white (mozzarella).