Piza Sisilia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Piza Sisilia
Sfincione palermitano.jpg
Sepotong sfincione khas Palermo
Asal
Asal Italia
Dari daerah Sisilia
Pizza
Pepperoni pizza.jpg

Sejarah pizza
Pengiriman pizza


Jenis pizza
Pizza bergaya New York
Pizza Sisilia · Pizza Yunani
Pizza bergaya Chicago
Pizza al taglio
Pizza bergaya New Haven
Pizza Hawaii
Pizza bergaya California
Pizza bergaya St. Louis
Pizza Meksiko · Pissaladière
Pizza bergaya Detroit


Sajian sejenis
Pizza panggang · Pizza goreng
Lahmacun · Focaccia
Manakish · Coca
Sardenara· Calzone
Pita · Flammkuchen
Paratha · Naan
Panekuk bawang hijau
Pai tomat · Pizza bagel
Roti bawang · Roti sosis
Farinata · Quesadilla


Peralatan
Pemotong pizza · Mezzaluna
Peel · Oven Mason


Acara
World Pizza Championship
Long Island Pizza Festival
& Bake-Off

Piza Sisilia adalah piza yang dibuat dengan cara yang berasal dari Sisilia, Italia. Di Amerika Serikat, Piza Sisilia identik dengan piza dengan pinggiran tebal yang berasal dari salah satu variasi piza Sisilia, yakni sfincione pengucapan bahasa Italia: [sfiŋˈtʃoːne].[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Piza Sisilia juga dikenal sebagai sfincione atau focaccia dengan topping. Jenis piza ini menjadi hidangan populer di Sisilia barat pada pertengahan abad ke-19 dan merupakan jenis piza yang paling umum dikonsumsi di Sisilia sampai tahun 1860-an.[2] Piza dengan tomat tidak tersedia sebelum abad ke-17. Piza ini mencapai Amerika Utara dalam bentuk yang sedikit diubah, dengan pinggiran yang lebih tebal dan bentuk persegi panjang.[3][4]

Di Sisilia[sunting | sunting sumber]

Piza Sisilia tradisional umumnya memiliki pinggiran yang tebal dan berbentuk persegi panjang, tetapi terkadang dapat berbentuk bulat dan mirip dengan piza Napoli. Piza Sisilia memiliki tambahan bawang, teri, tomat, rempah-rempah dan keju yang kuat seperti caciocavallo dan toma. Beberapa versi lain tidak menggunakan keju.[5][6] Metode pembuatan piza ala Sisilia terkait dengan budaya lokal dan tradisi negara,[7] sehingga ada perbedaan dalam membuat piza bahkan di antara wilayah Sisilia seperti Palermo, Catania, Siracusa dan Messina.

Sfincione[8] (atau sfinciuni dalam bahasa Sisilia) merupakan variasi yang umum yang berasal dari provinsi Palermo. Tidak seperti piza Napoli yang lebih terkenal, Sfincione biasanya berbentuk persegi panjang, dengan lebih banyak adonan, saus, dan keju. Pada resep asli, juga terdapat rempah-rempah, bawang, saus tomat, keju yang kuat, dan teri. Sausnya ditelakkan di atas taburan bahan untuk mencegah saus tersebut meresap ke dalam adonan yang tebal.

Pizzòlu dari provinsi Siracusa

Di provinsi Siracusa, terutama di Solarino dan Sortino, pizzòlu adalah sejenis piza bulat dengan isian.[9]

Di provinsi Catania terdapat scacciata yang dibuat dengan dua cara yang berbeda: di wilayah perkotaan, lapisan pertama terbuat dari adonan yang ditutup dengan keju lokal (tuma) dan ikan atau; sedangkan di wilayah sekitar Catania, ditambahkan kentang, sosis, brokoli, dan saus tomat. Keduanya, lapisan adonan diolesi dengan telur. Di wilayah Catania lain, seperti di Zafferana Etnea dan di Viagrande, terdapat piza Sisilia khas yang berupa calzone goreng yang diisi dengan keju dan teri.

Di provinsi Messina, terdapat piduni yang merupakan salah satu jenis calzone yang diisi dengan endive, toma, tomat, dan teri. Ada juga focaccia alla messinese, yang dibuat dengan tambahan saus tomat, toma, sayuran, dan teri.

Di Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Di Amerika Serikat, piza Sisilia biasanya berbentuk persegi panjang dengan tambahan keju[10] dan adonan yang setebal satu inci lebih, renyah, dan memiliki banyak rongga udara.[11] Piza Sisilia di Amerika Serikat berasal dari sfinciuni dan diperkenalkan ke Amerika Serikat oleh imigran Italia pertama (Sisilia). Piza jenis ini populer di kalangan warga keturunan Italia di Amerika yang terletak di sepanjang timur laut Amerika Serikat, seperti Massachusetts, Rhode Island, Michigan, Oregon, Connecticut, New York, dan New Jersey.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "What is Sicilian Pizza?". WiseGeek. Diakses tanggal 14 April 2013. [apakah terpercaya?]
  2. ^ Lombardo, Francesca (2007). "Sfincione". Best of Sicily Magazine. Diakses tanggal 2017-12-02. 
  3. ^ Powell, Welliam (November 2011). "Pantheon of Pies". Cincinnati. 45 (2): 63. Diakses tanggal 14 April 2013. 
  4. ^ Barrett, L. (2014). Pizza: A Slice of American History. Voyageur Press. hlm. 63. ISBN 978-1-62788-382-5. Diakses tanggal December 11, 2017. 
  5. ^ Hulin, B. (2007). The Everything Pizza Cookbook. Adams Media. hlm. 25. ISBN 978-1-60550-258-8. Diakses tanggal December 11, 2017. 
  6. ^ Hulin, Brenda. "Classic Pizza Types". Netplaces. Diakses tanggal 14 April 2013. 
  7. ^ Magida, Phyllis (November 3, 1983). "From Mama Sara: what makes delectable pizza of Sicily differ from all the others". Lakeland Ledger. Diakses tanggal 2 January 2016. 
  8. ^ Watchers, W. (2006). Weight Watchers New Complete Cookbook. John Wiley & Sons. hlm. 305. ISBN 978-0-7645-7350-7. Diakses tanggal December 9, 2017. 
  9. ^ See (Italia) article on unafinestrasusortino.it Error in webarchive template: Check |url= value. Empty.
  10. ^ Kavin, K. (2010). The Everything Travel Guide to Italy: A complete guide to Venice, Florence, Rome, and Capri - and all the breathtaking places in between. Everything. F+W Media. hlm. 262. ISBN 978-1-4405-0180-7. Diakses tanggal December 9, 2017. 
  11. ^ Barrett, Liz (2014). Pizza: A Slice of American History. Minneapolis, MN: Voyageur Press. hlm. 63. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]