Sejarah Universitas Harvard

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Sejarah Universitas Harvard dimulai sejak Universitas Harvard didirikan pada 1636 di Cambridge, Massachusetts, menjadikannya lembaga pendidikan tinggi tertua di Amerika Serikat.[1] Selama berabad-abad, lulusannya mendominasi jajaran klerikal dan sipil Massachusetts dan mulai abad ke-19 statusnya menjadi nasional, kemudian internasional, ketika selusin lulusan dan sekolah profesional dibentuk berdampingan dengan inti sarjana. Secara historis berpengaruh dalam peran nasional adalah sekolah kedokteran (1782), hukum (1817) dan bisnis (1908) serta Sekolah Pascasarjana Seni dan Ilmu Pengetahuan Harvard (1890).[2] Sejak akhir abad ke-19, Universitas Harvard telah menjadi salah satu sekolah paling bergengsi di dunia, sistem perpustakaannya, dan kemampuan keuangannya lebih besar daripada yang lainnya.[3]

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Bangunan asli perguruan tinggi (1638–1670)
Piagam Harvard Corporation (1650)

Dengan sekitar 17.000 orang Puritan yang bermigrasi ke New England pada tahun 1636, Harvard didirikan untuk mengantisipasi perlunya melatih para pendeta untuk persemakmuran baru, sebuah "gereja di padang belantara". Harvard didirikan pada 1636 dengan memilih Pengadilan Agung dan Umum Koloni Teluk Massachusetts. Pada tahun 1638, sekolah menerima mesin cetak printing—satu-satunya mesin cetak di tempat yang sekarang menjadi Amerika Serikat hingga Harvard memperoleh yang kedua pada tahun 1659.[4]

Pada 13 Maret 1639, kampus ini berganti nama menjadi Harvard College setelah pendeta John Harvard, alumnus Universitas Cambridge yang menghendaki sekolah baru 779 pound sterling dan perpustakaannya sekitar 400 buku.[5]

Piagam koloni yang menciptakan Harvard Corporation diberikan pada 1650 pada awal Interregnum Inggris. Ketika presiden pertama kampus itu, Henry Dunster, meninggalkan Puritanisme demi iman Baptis Inggris pada tahun 1654, ia memicu kontroversi yang menyoroti dua pendekatan berbeda untuk menangani perbedaan pendapat di Koloni Teluk Massachusetts. Para pemimpin Puritan di koloni itu, yang agamanya sendiri lahir dari perbedaan pendapat dari Gereja Inggris, umumnya bekerja untuk rekonsiliasi dengan para anggota yang mempertanyakan masalah-masalah teologi Puritan, tetapi merespons jauh lebih keras terhadap penolakan langsung terhadap Puritanisme.

Konflik Dunster dengan hakim koloni itu dimulai ketika dia gagal membaptiskan anak laki-lakinya yang masih bayi, percaya sebagai penganut baptisan Orang-orang percaya dari Baptis Inggris dan/atau Anabaptis bahwa hanya orang dewasa yang harus dibaptis. Upaya untuk mengembalikan Dunster ke ortodoksi Puritan gagal dan kemurtadannya terbukti tidak dapat dipertahankan bagi para pemimpin koloni yang telah mempercayakannya dalam pekerjaannya sebagai presiden Harvard untuk menegakkan misi keagamaan koloni, dengan demikian ia mewakili ancaman bagi stabilitas masyarakat. Dunster mengasingkan diri pada tahun 1654 dan pindah ke Koloni Plymouth di dekatnya, di mana ia meninggal pada tahun 1658. Karena koloni itu ilegal mendirikan sebuah perguruan tinggi, Charles II membatalkan piagam Koloni Teluk Massachusetts pada tahun 1684 oleh para penulis scire facias.

Pada tahun 1692, Increase Mather ilahi Puritan terkemuka menjadi presiden Universitas Harvard. Salah satu tindakannya adalah mengganti buku-buku klasik pagan dengan buku-buku karya pengarang Kristen di kelas-kelas etika dan mempertahankan standar disiplin yang tinggi. "Hukum" Harvard tahun 1642 dan "Hukum Perguruan Tinggi Harvard 1700" bersaksi tentang tingkat kedisiplinannya yang semula tinggi. Siswa diminta untuk mematuhi aturan kesopanan saleh yang tidak dapat dipahami pada abad ke-19 dan akhirnya membuktikan kebugaran mereka untuk gelar sarjana dengan menunjukkan bahwa mereka dapat "membaca asli Perjanjian Lama dan Baru ke dalam bahasa Latin, dan menyelesaikannya secara logis". Kepemimpinan dan alumni Harvard (termasuk Increase Mather dan putranya Cotton Mather) memainkan peran sentral dalam Percobaan Penyihir Salem 1692-1693.

Kota Dedham ditemukan pada 1636, tahun yang sama dengan kampus. Pendeta pertama Gereja Pertama dan Paroki di Dedham, John Allen, melayani sebagai pengawas, dan setiap pendeta sampai tahun 1861 terhubung dengan universitas. Mengingat populasinya dan sarana yang sederhana, dukungan yang diberikan komunitas kepada perguruan tinggi sangat murah hati. Allen menyumbangkan dua sapi, mungkin untuk menyediakan susu bagi presiden dan tutor.

Selama tahun-tahun awal Universitas Harvard, kota Cambridge mempertahankan ketertiban di kampus dan memberikan dukungan ekonomi, karena menteri Puritan setempat mengawasi langsung Universitas Harvard dan memastikan ortodoksi kepemimpinannya. Pada 1700, Harvard cukup kuat untuk mengatur dan mendisiplinkan rakyatnya sendiri dan sebagian besar arah di mana dukungan dan bantuan mengalir dibalik, Universitas Harvard sekarang memberikan dukungan keuangan untuk ekspansi ekonomi lokal, peningkatan kesehatan masyarakat dan pembangunan jalan lokal, gedung pertemuan dan sekolah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The instrument behind New England's first literary flowering". Harvard University. Diakses tanggal 2014-01-18. 
  2. ^ "Rowley and Ezekiel Rogers, The First North American Printing Press" (PDF). Maritime Historical Studies Centre, University of Hull. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2013-01-23. Diakses tanggal 2014-01-18. 
  3. ^ Samuel Eliot Morison, The founding of Harvard College (1936) Appendix D, and pp 304-5
  4. ^ Morison, Samuel Eliot (1995). The Founding of Harvard College (dalam bahasa Inggris). Harvard University Press. hlm. 221. ISBN 978-0-674-31451-1. Diakses tanggal 16 February 2020. 
  5. ^ "John Harvard Facts, Information". The Columbia Encyclopedia, Sixth Edition. 2008. Diakses tanggal 2009-07-17. He bequeathed £780 (half his estate) and his library of 320 volumes to the new established college at Cambridge, Mass., which was named in his honor.