Sejarah United Paramount Network (UPN)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Pada tahun 1995, Viacom dan Chris-Craft Industries United Television meluncurkan United Paramount Network (UPN) dengan Star Trek: Voyager sebagai seri andalannya, memenuhi rencana Barry Diller untuk jaringan Paramount dari 25 tahun sebelumnya. Pada tahun 1999, Viacom membeli kepentingan United Television, dan menyerahkan tanggung jawab untuk jaringan start-up ke unit CBS yang baru diakuisisi, yang dibeli Viacom pada tahun 1999 – pertemuan peristiwa yang ironis karena Paramount pernah berinvestasi di CBS, dan Viacom pernah menjadi lengan sindikasi CBS juga.[1] Selama periode ini studio mengakuisisi sekitar 30 stasiun televisi untuk mendukung jaringan UPN serta mengakuisisi dan menggabungkan aset Republic Pictures, Spelling Television dan Viacom Television, hampir dua kali lipat ukuran perpustakaan televisi studio.

Berlangsung sebelas tahun sebelum bergabung dengan jaringan The WB menjadi The CW pada tahun 2006, UPN akan menampilkan banyak acara yang awalnya diproduksi untuk jaringan lain, dan akan mengambil banyak pertaruhan pada seri seperti Star Trek: Voyager dan Star Trek: Enterprise yang sebaliknya akan menjadi direct-to-cable atau menjadi sindikasi yang dijalankan pertama kali ke stasiun independen di seluruh negeri (seperti Star Trek: Deep Space Nine dan Star Trek: The Next Generation).

1990-an[sunting | sunting sumber]

Inkarnasi asli Viacom membeli Paramount pada 1993, dengan kesepakatan ditutup pada Maret 1994; Viacom kemudian menggabungkan grupnya sendiri yang terdiri dari lima stasiun yang berafiliasi dengan CBS - dan NBC ke grup PSG. Tak lama kemudian Viacom mengadakan usaha patungan dengan Chris-Craft Industries, yang memiliki beberapa stasiun televisi sebagai bagian dari anak perusahaan United Television, untuk meluncurkan United Paramount Network (UPN). Lima dari enam stasiun asli PSG, bersama dengan beberapa akuisisi seperti WSBK-TV di Boston,[2] menjadi afiliasi charter jaringan ketika UPN diluncurkan pada Januari 1995. PSG juga menjual dua dari enam stasiun aslinya; KRRT dan WTXF dijual ke perusahaan lain, dengan yang terakhir menjadi stasiun milik Fox. Untuk menebus hilangnya stasiun milik Philadelphia, PSG membeli stasiun independen Philadelphia WGBS-TV dan menamainya menjadi WPSG-TV, dan memindahkan afiliasi UPN di sana. Perusahaan akhirnya melepaskan diri dari stasiun CBS dan NBC yang dipegangnya dan membeli lebih banyak afiliasi UPN seiring berlanjutnya tahun 1990-an.

1995[sunting | sunting sumber]

Ini adalah musim pertama yang menampilkan United Paramount Network dan The WB Television Network, karena keduanya diluncurkan pada Januari 1995. Kedua jaringan pada akhirnya akan ditutup dan membentuk The CW pada September 2006. Pada Januari 1995, BHC Communications berafiliasi dengan semua stasiunnya, kecuali outlet Salt Lake City dan San Antonio, dengan United Paramount Network yang baru diluncurkan, yang sepenuhnya dimiliki dan dibiayai tetapi dijalankan dengan Paramount / Viacom, produser jaringan. Pada bulan Desember 1996, Paramount menggunakan opsinya untuk membeli setengah dari Jaringan dengan membayar setengah dari kerugian ($160 juta). Termasuk dalam kesepakatan adalah untuk terus menjual UPN Star Trek: Voyager alih-alih menempatkannya dalam sindikasi.

Ketika WWOR, saluran 9 di New York City menjadi afiliasi UPN pada tahun 1995, Layanan EMI WWOR juga menutupi acara jaringan, karena Paramount (walaupun pemilik tunggal jaringan yang menjadi pemilik setengah Chris-Craft memiliki stasiun tersebut) menggunakan sindikasi eksklusivitas untuk menjaga pertunjukan UPN dari feed WWOR nasional — sebaliknya, superstation saingan WGN membawa program dari The WB Television Network pada feed nasionalnya sampai cakupan terestrial nasional dianggap cukup untuk menghentikan pengangkutannya melalui feed WGN nasional pada bulan Oktober 1999. Sebagai akibat dari klaim eksklusivitas sindikasi oleh UPN, jika pemirsa WWOR New York City melihat Star Trek: Voyager, pemirsa kabel di seluruh negeri melihat tayangan ulang Hazel dalam slot waktu yang sama.

  • Star Trek: Voyager awalnya ditayangkan dari Januari 1995 hingga Mei 2001, berlangsung selama 172 episode selama tujuh musim. Saat Star Trek: The Next Generation berakhir, Paramount Pictures ingin terus memiliki serial TV Star Trek kedua untuk menemani Star Trek: Deep Space Nine . Studio juga berencana untuk memulai jaringan televisi baru, dan menginginkan serial baru untuk membantunya berhasil.[3] Ini mengingatkan pada rencana Paramount sebelumnya untuk meluncurkan jaringannya sendiri dengan menampilkan Star Trek: Phase II pada tahun 1977.
  • Platypus Man ditayangkan dari 23 Januari hingga 10 Juli 1995, selama musim pertama jaringan tersebut.[4][5] Dibintangi oleh komedian Richard Jeni, serial televisi ini didasarkan pada episode spesial HBO berdurasi satu jam dari Jeni's yang difilmkan pada tahun 1992. Serial ini berlangsung satu musim, dengan total tiga belas episode.
  • Pig Sty ditayangkan perdana pada 23 Januari dan dibatalkan setelah hanya 13 episode pada 15 Mei 1995, selama musim pertama jaringan yang membawa bencana. Pig Sty berlari pada Senin malam, setelah Star Trek: Voyager dan Platypus Man .
  • Legenda berlangsung dari 18 April 1995 hingga 22 Agustus 1995, dengan satu penayangan ulang terakhir dari pilot pada 3 Juli 1996. Dua belas episode ditayangkan, termasuk episode pilot 2 jam. Meskipun mendapat pujian kritis, program ini ditayangkan selama tahun pertama keberadaan UPN dan setelah perubahan dalam manajemen jaringan, bersama dengan peringkat yang lebih rendah dari yang diharapkan, acara itu dibatalkan bersama dengan hampir semua program lain yang ditayangkan di jajaran UPN.
  • Marker tayang perdana pada 17 Januari dan berakhir pada 16 Mei 1995.
  • The Watcher tayang perdana pada 17 Januari 1995 dan berakhir pada 7 Juni 1995, selama musim perdana jaringan tersebut. Serial ini ditayangkan Selasa malam pukul 9:00 pm Waktu bagian timur. The Watcher adalah salah satu dari lima serial yang ditayangkan di UPN selama tahun pertamanya, bergabung dengan serial drama lainnya Star Trek: Voyager and Marker dan sitkom Pig Sty dan Platypus Man . Seperti tiga seri terakhir, itu dibatalkan setelah satu-satunya musim.

1996[sunting | sunting sumber]

Ini adalah musim gugur pertama bagi The WB dan UPN . Jadwal dari kedua jaringan tidak akan konstan sampai musim gugur 1999, ketika WB memutuskan untuk mengudarakan pertunjukan dari Minggu sampai Jumat dan UPN akan mengudara dari Senin sampai Jumat.

  • In the House ditayangkan di NBC dari April 1995 hingga Mei 1996 setelah itu dibatalkan karena peringkat rendah.[6] UPN dengan cepat mengambil In the House di mana ia ditayangkan selama dua musim tambahan. UPN membatalkan seri untuk terakhir kalinya pada Mei 1998.[7]
  • Nowhere Man tayang setiap Senin malam dari tanggal 28 Agustus 1995 hingga 20 Mei 1996 yang dibintangi oleh Bruce Greenwood . Meskipun mendapat pujian kritis, termasuk label TV Guide ' Hit paling keren musim ini",[8] acara itu dibatalkan setelah satu musim.
  • Deadly Games muncul dari 5 September 1995 hingga 17 Juli 1997 sebagai bagian dari musim 1995. Serial ini diproduksi oleh Viacom Productions . Banyak yang dibuat bahwa Leonard Nimoy adalah produser eksekutif, konsultan kreatif dan mengarahkan pilot.
  • Live Shot ditayangkan dari 29 Agustus 1995 hingga 9 Januari 1996. Yang paling menonjol dalam pertunjukan itu adalah penggunaan awal dari busur cerita yang sedang berlangsung yang berpusat pada pembunuhan seorang sosialita Los Angeles. Karena pertunjukan dibatalkan dengan sedikit peringatan, alur cerita tidak pernah diselesaikan. Juga, reporter olahraga Lou Waller keluar dari lemari di babak terakhir dari episode terakhir yang ditayangkan. Akibatnya, dampak dari peristiwa ini tidak pernah ditampilkan.
  • Moesha tayang mulai 23 Januari 1996 hingga 14 Mei 2001. Itu awalnya dipesan sebagai pilot untuk musim televisi CBS ' 1995-1996 tetapi ditolak oleh jaringan. Kemudian diambil oleh UPN, yang menayangkannya sebagai pengganti pertengahan musim . Itu kemudian menjadi kesuksesan terbesar untuk jaringan yang baru lahir dan salah satu hit terbesar selama seluruh jaringan berjalan. Pada musim keenam, peringkat untuk Moesha telah turun dan UPN memilih untuk tidak memperbarui atau menayangkan serial tersebut untuk musim ketujuh. Serial ini berakhir pada cliffhanger yang belum terselesaikan dengan Myles diculik oleh saingan Dorian, Moesha mempertimbangkan untuk pindah dengan Hakeem, dan tes kehamilan positif yang tidak diketahui ditemukan di tempat sampah di kamar asrama Moesha. Entertainment Weekly mengeluarkan desas-desus bahwa plot tertentu harus diselesaikan di The Parkers,[9] tetapi rencana itu tidak pernah tercapai, dan alur cerita akhirnya tidak pernah diselesaikan.
  • Penyesuaian Kecil ditayangkan di NBC dari 16 September 1995 hingga 26 November 1995, dan di UPN dari 23 Januari 1996 hingga 4 Juni 1996.[10]
  • The Sentinel mengudara dari 20 Maret 1996 hingga 24 Mei 1999. The Sentinel dibatalkan setelah 3 musim oleh UPN, dengan episode terakhir menjadi cliffhanger besar dengan kehidupan Blair dalam keseimbangan. Kampanye penggemar yang intens meyakinkan UPN untuk memberikan seri musim delapan episode untuk mengakhiri seri dengan benar.
  • Swift Justice untuk satu musim dari 13 Maret hingga 17 Juli 1996. Kritikus mencatat penekanan Swift Justice pada kekerasan, khususnya dalam urutan pembukaan episode percontohan, membandingkannya dengan drama kriminal The Equalizer (1985–1989) dan film 1988 Die Hard . UPN membatalkan program tersebut setelah menerima keluhan dari pemirsa, pengiklan, dan kritik atas adegan kekerasannya. Wolf menganggap pembatalan itu sebagai kesalahan karena rating acaranya bagus. Serial ini dipuji karena visualnya dan kinerja McCaffrey, tetapi dikritik karena terlalu keras atau formula. Swift Justice adalah bagian dari "jadwal musim semi baru yang agresif" UPN yang memperluas pemrograman jaringan menjadi tiga malam per minggu. Diambil sebagai pengganti pertengahan musim,[11] serial ini disiarkan pada Rabu malam pukul 9:00 pm EST . Tiga belas episode ditayangkan antara Maret dan Juli 1996.[12] Dusty Saunders dari Rocky Mountain News mengutip serial tersebut sebagai contoh jaringan yang bergeser ke arah pemrograman aksi-petualangan .[13] Scotty Dupree dari Mediaweek menulis bahwa Swift Justice dan The Sentinel dimaksudkan untuk menarik penonton pria, dengan mengatakan bahwa mereka adalah satu-satunya pertunjukan, selain JAG, yang dipasarkan untuk pria pada Rabu malam.[14] Wolf menetapkan target pemirsa laki-laki berusia 18 hingga 34 tahun [15] Episode percontohan Swift Justice ditampilkan dengan nasihat pemirsa ' kekerasannya. Selama siaran acara, organisasi pengawas dan pemirsa kritis terhadap representasi kekerasan di televisi.[16] UPN membatalkan Swift Justice, Nowhere Man, Minor Adjustments, dan The Paranormal Borderline, demi komedi situasi hitam .[17] Jaringan memutuskan untuk menghapus Swift Justice dari jadwalnya menyusul keluhan pemirsa dan pengiklan tentang kekerasannya.[18][19] Selama wawancara tahun 2013 dengan Academy of Television Arts & Sciences, Dick Wolf menyebut keputusan untuk mengakhiri Swift Justice sebagai "kesalahan pembatalan", terutama karena UPN tidak memiliki drama dengan peringkat yang sebanding pada saat itu.[20] Menyusul pembatalan acara, ketika Wolf sedang casting untuk produksi televisi Players and Exiled: A Law & Order Movie di akhir 1990-an, dia kembali menyewa Ice-T, yang mencatat bahwa Wolf sering berkolaborasi dengan aktor yang sama.

1997[sunting | sunting sumber]

  • Malcolm & Eddie ditayangkan perdana pada 26 Agustus 1996 di UPN, dan ditayangkan selama empat musim, menayangkan episode terakhirnya pada 22 Mei 2000.
  • Goode Behavior tayang perdana 26 Agustus 1996, di UPN. Serial ini dibatalkan setelah satu musim, menayangkan episode terakhirnya pada 19 Mei 1997, dengan total 22 episode.[21]
  • Sparks ditayangkan dari 26 Agustus 1996 hingga 2 Maret 1998. Serial ini dibintangi oleh James Avery, Robin Givens, Terrence Howard, Miguel A. Núñez Jr., Kym Whitley dan Arif S. Kinchen. Sitkom diatur di Compton, California, dan tentang kehidupan sehari-hari keluarga pengacara menjalankan praktek hukum milik keluarga.
  • Homeboys in Outer Space ditayangkan mulai 27 Agustus 1996 hingga 13 Mei 1997. Serial ini dikritik oleh para kritikus [22][23] dan dibatalkan oleh UPN setelah satu musim. Serial ini kemudian ditampilkan dalam Daftar 50 Acara TV Terburuk Sepanjang Masa oleh TV Guide . Kritik yang signifikan diajukan terhadap referensi budaya pop yang dibuat-buat dan akting cemerlang selebriti, dan NAACP mengkritik stereotip etnis yang dimainkan untuk ditertawakan.
  • Ilmu Sosial ditayangkan dari 18 Maret hingga 22 April 1997.
  • The Burning Zone ditayangkan selama satu musim dari 3 September 1996 hingga 20 Mei 1997. Tanggapan kritis terhadap The Burning Zone terutama negatif; komentator terbagi atas alur cerita dan nadanya. Ini menerima perbandingan dengan properti fiksi ilmiah lainnya, terutama The X-Files . Salah satu dari enam pertunjukan yang dipesan oleh UPN, The Burning Zone adalah satu-satunya drama baru jaringan tersebut untuk musim televisi 1996–97 .[24] Itu adalah program terakhir yang diumumkan sebagai bagian dari susunan pemain UPN 1996-97.[25] The Burning Zone disiarkan pada Selasa malam pukul 9 pm EST,[26] ditayangkan dengan sitkom Moesha dan Homeboys di Luar Angkasa .[27] UPN memasukkan referensi ke The X-Files dalam materi promosi pertunjukan.[28] Dalam laporan University of California, Los Angeles, rekan senior Harlan Lebo menulis bahwa The Burning Zone adalah salah satu dari dua acara, bersama dengan The Sentinel, pada musim televisi 1996–97 yang menerima keluhan atas penggunaan kekerasannya.[29] Jaringan membatalkan The Burning Zone, dan menjadwal ulang Selasa malam dengan empat komedi situasi tambahan, termasuk Clueless .[30][31]

1998[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Januari 1998, United Television mengakuisisi stasiun UHF ketiga di Baltimore seharga $80 juta, mengubah surat panggilannya menjadi WUTB, dan menjadikan stasiun tersebut sebagai afiliasi UPN. United, pada Oktober 1997, setuju untuk membeli WRBW (saluran 65), sebuah stasiun UHF dan afiliasi UPN di Orlando, Florida, seharga $60 juta dan kemungkinan pertimbangan lebih lanjut (WRBW kemudian diakuisisi oleh Fox Television Stations setelah merger BHC-News Corp., dan sekarang menjadi stasiun yang dimiliki dan dioperasikan MyNetworkTV ). Pada April 1998, United mengambil saham minoritas di Bohbot Entertainment & Media.[32]

  • Good News tayang mulai 25 Agustus 1997 hingga 19 Mei 1998. Ini juga merupakan serial TV terakhir yang diproduksi oleh MTM Enterprises, sebelum dilipat menjadi 20th Century Fox Television .[33]
  • Love Boat: The Next Wave ditayangkan mulai 13 April 1998 hingga 21 Mei 1999. Itu adalah kebangkitan dari serial televisi ABC 1977–1986 asli The Love Boat . Episode bertema reuni menyatukan kembali beberapa pemeran The Love Boat [34]Gavin MacLeod (Captain Stubing), Bernie Kopell (Dr. Adam "Doc" Bricker), Ted Lange (Isaac Washington), Jill Whelan (Vicki Stubing ) dan Lauren Tewes (Julie McCoy). Episode ini mengungkapkan bahwa Julie dan "Doc" telah jatuh cinta selama ini.[35]
  • Clueless awalnya ditayangkan di ABC pada 20 September 1996, sebagai bagian dari jajaran TGIF selama musim pertamanya. Pertunjukan tersebut kemudian menghabiskan dua musim terakhirnya di UPN yang berakhir pada 25 Mei 1999. Setelah serial tersebut dibatalkan oleh ABC, tayangan ulang episode pada jajaran TGIF Jumat malam terbukti menjadi pemenang peringkat untuk ABC. Namun, sudah terlambat bagi ABC untuk mendapatkan kembali serial tersebut, dan mereka mencegah UPN menyiarkan serial tersebut hingga kontrak mereka habis pada akhir September. Clueless selesai #46 di peringkat dengan 13,3 juta pemirsa. Hanya Sabrina the Teenage Witch (sebuah pertunjukan di mana Elisa Donovan dan David Lascher akhirnya menjadi pelanggan tetap) yang memiliki peringkat lebih tinggi untuk hari Jumat. Kabarnya, bintang Sabrina, Melissa Joan Hart, dianggap sebagai bagian dari Cher di serial TV Clueless . UPN membatalkan pertunjukan setelah musim ketiga ( 1998 -1999), kabarnya karena jumlah penonton yang menurun tajam. Pada musim terakhir, pertunjukan tersebut hanya mempertahankan 30% dari penonton aslinya pada tahun 1996.
  • Hitz tayang mulai 26 Agustus hingga 11 November 1997. Meskipun UPN awalnya memesan 13 episode, pada bulan Oktober jaringan telah memesan sembilan episode lagi dengan total 22.[36] Namun, pada bulan Desember serial tersebut dibatalkan sebelum produksi pada enam episode terakhir selesai.[37] Caryn James dari The New York Times menyebut serial itu "sangat tidak lucu".[38] Ken Tucker dari Entertainment Weekly menilai serial ini sebagai salah satu yang terburuk tahun ini.[39]
  • Head over Heels ditayangkan mulai 26 Agustus hingga 28 Oktober 1997. Sitkom tersebut adalah serial dengan kinerja terendah yang dilacak oleh Nielsen Holdings untuk musim televisi 1997–1998. Karena UPN terutama memasarkan programnya ke penonton Afrika-Amerika, para kritikus mempertanyakan kurangnya karakter utama kulit hitam di acara tersebut. Dengan dimasukkannya Ian, Head Over Heels adalah salah satu dari 30 program AS yang menampilkan karakter gay, lesbian, atau biseksual pada musim televisi itu. Itu mendapat tanggapan negatif dari komentator, yang mengkritik komedi dan karakter seksnya . Selama produksi, Connie Stevens akan berperan sebagai ibu Baldwins dalam peran yang berulang . Seorang penulis untuk Turner Classic Movies menggambarkan pertunjukan itu sebagai "menghidupkan kembali karir akting [Stevens]".[40] Meskipun United Paramount Network (UPN) telah memerintahkan Head Over Heels karena Stevens, jaringan mengeluarkannya dari proyek mengikuti apa yang digambarkan sebagai "perubahan kreatif". Dalam episode percontohan asli seri, sang ibu adalah pemilik asli biro jodoh yang meneruskannya kepada putra-putranya. Sebuah "cavorting bimbo of a mother",[41] dia memiliki hubungan dengan pelatih pribadi Hispanik dan sering berbicara tentang berhubungan seks dengan dia. Referensi ke sejarah perusahaan kencan dan keterlibatan Baldwins telah dihapus dari seri.[42] Untuk versi pilot kedua, LaRue ditambahkan ke pertunjukan setelah karakternya ( Maria Santos ) dihapus dari sinetron All My Children .[42][43] UPN memesan tiga komedi situasi baru untuk musim televisi 1997-1998: Head Over Heels, Hitz, dan Good News .[44] Mereka adalah bagian dari keputusan jaringan untuk memperluas jadwal prime-time menjadi empat malam dalam seminggu.[45] Meskipun UPN menargetkan programnya pada penonton Afrika-Amerika, Head Over Heels tidak menampilkan aktor kulit hitam.[46] Presiden jaringan Dean Valentine membantah tuduhan dari "pengamat industri" bahwa dia "meninggalkan penonton kulit hitam atau menolak proyek yang menampilkan bintang dan produser kulit hitam".[47] Ditayangkan setelah Hitz, Head Over Heels disiarkan pada hari Selasa pukul 9:30 pm EST ; itu awalnya dijadwalkan untuk 8:30 pm. Serial ini memiliki TV-PG peringkat orang tua [48] untuk bahasa sugestif dan situasi seksual; Scott Pierce dari Deseret News merasa seharusnya menerima rating TV-14 untuk konten seksualnya.[49] Serial ini menarik rata-rata mingguan 2,3 juta pemirsa Ini diikat dengan Baiklah Sudah sebagai acara dengan kinerja terendah (dilacak oleh Nielsen Holdings ) musim ini. Angka penayangan keseluruhan untuk kedua pertunjukan adalah 2,7 juta pemirsa.[50] Head Over Heels adalah korban pertama musim 1997-1998.[51][52] Meskipun 13 episode dipesan, hanya delapan yang disiarkan. Meskipun ada laporan bahwa serial ini akan tayang hingga November, episode terakhirnya ditayangkan pada 28 Oktober 1997. Dobson dan Whitfield muncul di semua delapan episode, Bristow muncul di tujuh, dan Ambuehl dan LaRue muncul di empat.[53]

1999[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1999, Viacom mengumumkan rencana untuk bergabung dengan CBS Corporation. Karena peraturan yang ditegakkan oleh FCC tahun lalu, melarang perusahaan memiliki dua jaringan siaran. Pengumuman Viacom menimbulkan pertanyaan mengenai masa depan Chris-Craft dan kepemilikan bersama Viacom atas UPN. Dalam perjanjian awal Viacom dan Chris-Craft, dua opsi untuk keluar dari kemitraan telah ditentukan—membeli mitra lain atau membayar apa yang telah diinvestasikan mitra hingga tanggal tersebut dan menyediakan dana untuk operasi UPN di masa mendatang. Pilihan mana pun akan menghabiskan banyak uang bagi Viacom. Analis industri setuju bahwa Chris-Craft dapat muncul sebagai pemenang dan menawarkan skenario lain yang mungkin—bahwa Viacom mungkin menawarkan Chris-Craft beberapa stasiunnya sebagai imbalan untuk memutuskan kemitraan atau bahwa Chris-Craft mungkin menjual saham Viacom ke perusahaan lain.

Namun, setelah merger Viacom-CBS selesai pada tahun 2000, sebuah gugatan diajukan oleh BHC terhadap merger Viacom-CBS karena BHC melihat ini sebagai pelanggaran kemitraan UPN. BHC kehilangan gugatan dan menjual sisa kepemilikannya di UPN ke Viacom seharga $5 juta. Tak lama kemudian, Chris-Craft mengumumkan bahwa mereka keluar dari penyiaran setelah kehilangan $500 juta di UPN, kemungkinan UPN ditutup atau afiliasi mereka ditarik. Banyak pengamat industri mengira Viacom akan mendapatkan stasiun tersebut, tetapi tawaran Viacom kalah dari Fox Television Stations milik News Corporation, menghasilkan penjualan yang ditutup pada 31 Juli 2001.[54][55]

  • Guys Like Us tayang mulai 5 Oktober 1998 hingga 18 Januari 1999. Karena peringkat rendah, UPN membatalkan pertunjukan setelah musim pertamanya.
  • DiResta tayang perdana pada 5 Oktober 1998, pada jadwal Senin-nya. Itu dibatalkan setelah 1 Maret 1999 ditayangkan. Acara ini dinamai komedian stand-up John DiResta ; ini adalah usaha televisi pertamanya. Serial ini digambarkan oleh Entertainment Weekly sebagai "Seorang polisi transit, pekerjaannya yang lucu, dan keluarganya yang lucu." [56] Pada minggu 2–8 November 1998, adalah acara jaringan non-PAX dengan rating terendah yang ditayangkan.[57]
  • The Secret Diary of Desmond Pfeiffer ditayangkan dari tanggal 5–28 Oktober 1998. Bahkan sebelum memulai debutnya, serial ini memicu badai kontroversi karena pandangan yang ringan tentang masalah perbudakan Amerika .[58] Sebelum pemutaran perdana serial tersebut, beberapa kelompok aktivis Afrika-Amerika, termasuk NAACP area Los Angeles, memprotes premis serial tersebut. Pada 24 September 1998, sebuah protes terhadap serial tersebut diadakan di luar Paramount Studios . Lima hari kemudian, UPN merilis pernyataan mengenai kontroversi tersebut dan menyatakan bahwa jaringan tersebut berencana untuk menunda episode pilot kontroversial (yang tidak pernah ditayangkan) dan sebagai gantinya akan menayangkan episode alternatif sebagai gantinya. Episode pertama dari serial tersebut ditayangkan pada tanggal 5 Oktober 1998, menempati peringkat 116 dari 125 program televisi untuk minggu itu. Desmond Pfeiffer telah dihapus dari jadwal UPN pada 24 Oktober dan, setelah menayangkan satu episode dua hari setelah dikeluarkan dari lineup UPN, dibatalkan.[59] Itu peringkat # 5 di Top 50 TV Bombs Entertainment Weekly .[60]
  • Episode pertama Dilbert disiarkan pada 25 Januari 1999, dan merupakan pemutaran perdana serial komedi dengan rating tertinggi UPN pada saat itu dalam sejarah jaringan tersebut; itu berlangsung dua musim dengan tiga puluh episode di UPN dan memenangkan Primetime Emmy sebelum pembatalannya.[61] Scott Adams, pencipta Dilbert, memutuskan untuk membuat seri untuk UPN karena jaringan menjanjikan 13 episode di udara, sementara jaringan lain hanya akan mempertimbangkan seri terhadap opsi pemrograman lainnya. Adams menambahkan bahwa "Jika kita pergi dengan NBC, mereka akan memberi Dilbert minat cinta dengan ketegangan seksual." UPN adalah jaringan peringkat keenam pada saat itu dan mengambil pertunjukan dengan harapan memperluas daya tarik mereka dan untuk membuktikan bahwa mereka berkomitmen pada pertunjukan alternatif yang lebih berisiko. Adams menyatakan tentang mengubah Dilbert menjadi seri "Ini adalah pengalaman yang sangat membebaskan karena melakukan komik strip membatasi saya untuk tiga (gambar) panel dengan empat baris atau kurang dari dialog per masalah, dalam serial TV, saya memiliki 21 menit per episode untuk menjadi lucu. Saya dapat mengikuti tema dari awal hingga akhir, yang akan menambah kekayaan karakter." Adams ingin serial tersebut dianimasikan karena versi live action yang diambil sebelumnya untuk FOX tidak diterjemahkan dengan baik. Adams menambahkan bahwa "Jika Dilbert akan berada di puncak Pegunungan Alpen, Anda cukup menggambarnya seperti itu dan Anda tidak perlu membuat pemandangan Pegunungan Alpen. Anda juga dapat melanggar beberapa hukum fisika, dan sebab dan akibat. Orang-orang memaafkannya dengan sangat mudah. Jadi jauh lebih membebaskan secara kreatif." [62][63][64][65] Pada 22 November 2006, ketika Adams ditanya mengapa acara itu dibatalkan, dia menjelaskan:

Itu di UPN, jaringan yang jarang dilihat orang. Dan karena beberapa kesalahan manajemen antara musim pertama dan kedua, slot waktu terus berubah dan kami kehilangan pemirsa. Kami juga dijadwalkan untuk mengikuti acara TV terburuk yang pernah dibuat: Shasta McNasty. Di TV, penayangan Anda 75% ditentukan oleh berapa banyak orang yang menonton acara tersebut sebelum Anda. Itu membunuh kami.[66]

  • Home Movies tayang perdana pada 26 April 1999. UPN membatalkan seri setelah hanya lima episode karena peringkat rendah, tetapi Cartoon Network membeli hak untuk seri, melihat potensi di dalamnya; acara tersebut ditayangkan perdana sebagai program orisinal pertama di blok Adult Swim berorientasi dewasa malam mereka pada malam peluncuran blok tersebut pada 2 September 2001. Serial ini berakhir pada 4 April 2004, dengan total 52 episode selama empat musim.
  • Power Play ditayangkan di CTV dari tahun 1998 hingga 2000. Serial ini difilmkan di Copps Coliseum (sekarang FirstOntario Center ) di Hamilton, Ontario .[67] Acara ini ditayangkan secara singkat di jaringan siaran Amerika Serikat UPN, mulai tahun 1999, tetapi ditarik setelah hanya dua episode. Episode kedua yang ditayangkan di Amerika Serikat memiliki perbedaan sebagai episode dengan peringkat terendah (sejak layanan peringkat Nielsen dimulai pada 1950-an) dari semua serial TV prime-time yang pernah ditayangkan oleh jaringan Amerika Serikat mana pun.
  • Seven Days diproduksi dari 7 Oktober 1998 hingga 29 Mei 2001. Tiga musim Seven Days diproduksi. Seven Days didasarkan pada ide dari Kerry McCluggage, presiden Paramount Television saat itu. Dia mengajukan ide itu kepada Christopher Crowe, yang menggabungkannya dengan penelitiannya sendiri di Area 51 untuk membuat serial tersebut. Pertunjukan itu tidak menjadi hit dengan pengulas, yang mengkritik premis dan kekerasan "lemah" acara itu. Justina Vail, yang memerankan Dr. Olga Vukavitch, keluar dari seri sebelum akhir musim ketiga, meskipun dia setuju untuk memfilmkan beberapa adegan tambahan untuk menyelesaikan busur karakternya. Kepergiannya dan ketegangan di antara para pemain, serta peringkat acara yang rendah, berperan dalam keputusan UPN untuk tidak memperbarui seri untuk musim keempat.
  • Between Brothers ditayangkan perdana pada 11 September 1997 di Fox, dengan musim kedua ditayangkan di UPN, hingga 2 Maret 1999.
  • Mercy Point awalnya ditayangkan selama satu musim dari 6 Oktober 1998, hingga 15 Juli 1999. Menurut siaran pers dari UPN, serial ini menampilkan upaya karakter untuk "menyeimbangkan kehidupan pribadi yang rumit dengan tuntutan bekerja di rumah sakit mutakhir". Selama produksi, Trey Callaway membayangkan serial ini sebagai "bagian pendamping" untuk Star Trek: Voyager, dengan harapan bahwa itu akan memiliki pemirsa bersama. Meskipun elemen "Nightingale One" tetap dipertahankan, Callaway mengatakan bahwa "[dia] benar-benar memulai dari awal dan menyusunnya kembali sepenuhnya sebagai rangkaian dari bawah ke atas". Sebelum serial ini resmi diberi lampu hijau, Callaway berkolaborasi dengan penulis David Simkins untuk menyiapkan presentasi pilot "beranggaran rendah 30 menit". Simkins tidak mengerjakan serial ini setelah pilotnya, tetapi kontribusinya membuatnya mendapatkan kredit sebagai salah satu penciptanya. John de Lancie, yang terkenal karena bertindak sebagai Q di Star Trek: The Next Generation, telah menulis peran DeMilla, dan Steve Johnson merancang alien non-humanoid. Presentasi percontohan difilmkan di Los Angeles, tetapi set sepenuhnya direnovasi untuk episode seri. Tiga karakter non-humanoid, termasuk ANI dan Batung, ditambahkan ke pertunjukan setelah presentasi ini. Para eksekutif UPN menanggapi secara positif presentasi tersebut, dan memesan tiga belas episode dari seri tersebut, yang dianggap sebagai "setengah musim". Mercy Point adalah salah satu dari empat acara yang diproduksi oleh Mandalay Television yang muncul dalam jadwal televisi Amerika Serikat tahun 1998–99, bersama Cupid, Rude Awakening, dan Oh Baby .[68] Produksi acara tersebut merupakan bagian dari kesepakatan tiga juta dolar dengan Columbia TriStar Television untuk memproduksi 200 jam materi; sebagian besar konten yang dibuat dari perjanjian ini tidak berhasil secara komersial. Mercy Point ditempatkan pada hiatus setelah hanya tiga episode yang ditayangkan, dan digantikan oleh serial televisi realitas Hewan Peliharaan Terhebat Amerika dan sitkom Bersatu kembali . Acara ini menderita peringkat rendah, dengan rata-rata dua juta penonton. Empat episode terakhir dari serial tersebut disiarkan dalam dua blok 2 jam pada Kamis malam di bulan Juli 1999. Tanggapan kritis terhadap Mercy Point dicampur; beberapa komentator memuji karakterisasi dan penggunaan elemen fiksi ilmiah, sementara yang lain menganggapnya tidak menarik dan tidak orisinal. Callaway mengaku terkejut dengan pembatalan Mercy Point oleh UPN karena dukungan mereka yang kuat terhadap acara tersebut. Dia merasa keputusan itu dibuat sebagian karena biaya produksi pertunjukan yang tinggi.[69] Dia juga menyimpulkan bahwa keputusan untuk menyiarkan pilot pada saat yang sama dengan World Series mengakibatkan hilangnya target audiens Mercy Point ' Untuk lebih terhubung dengan pemirsa remaja UPN, Callaway mengalihkan fokus acara dari kasus medis dan etika ke hubungan karakter. Terlepas dari revisi tersebut, ia mengatakan bahwa eksekutif UPN lebih memilih untuk menayangkan acara seperti Moesha daripada program fiksi ilmiah. Ketika UPN mengumumkan pembatalan acara, episode kedelapan sudah di tengah-tengah produksi. Adegan yang awalnya ditulis untuk episode tersebut direvisi dan diedit menjadi episode ketujuh untuk membentuk seri akhir yang lengkap.
  • Reunited tayang mulai 27 Oktober hingga 29 Desember 1998. Pada saat itu, itu adalah salah satu program dengan peringkat terendah yang pernah ditabulasi, dengan peringkat rata-rata 0,9 Nielsen, yang berarti sekitar 885.000 pemirsa menontonnya setiap minggu.
  • Family Rules ditayangkan dari 9 Maret 1999 hingga 13 April 1999.[70]
  • Legacy ditayangkan selama delapan belas episode dari 1998–99.

2000-an[sunting | sunting sumber]

2000[sunting | sunting sumber]

Selama akhir 1990-an, United Paramount Network memproduksi sejumlah film televisi bermerek "Blockbuster Shockwave Cinema," bersama dengan sponsor (dan perusahaan sejenis) Blockbuster Video . Hampir semuanya adalah film fiksi ilmiah, dan juga, ketersediaan setelah penayangannya di video rumahan eksklusif untuk toko Blockbuster. Dari awal UPN hingga tahun 2000, jaringan tersebut juga menawarkan serial film yang dihosting yang disebut UPN Movie Trailer ke stasiun mereka. Acara ini menampilkan sebagian besar film aksi dan komedi Hollywood yang lebih tua, seringkali yang dibuat oleh Paramount Pictures . Trailer Film dihentikan pada tahun 2000 untuk memberikan ruang bagi stasiun yang memilih mereka untuk menjalankan Star Trek: Enterprise dan America's Next Top Model (dan kemudian, Veronica Mars ) pada akhir pekan kedua. Ada juga tiga blok bermerek Paramount di stasiun yang dimiliki dan dioperasikan perusahaan ("O&O") saja: Paramount Teleplex sebagai merek utama untuk film pada slot waktu tertentu, Paramount Prime Movie untuk fitur primetime, dan Paramount Late Movie di Tengah malam.

  • The Parkers mengudara dari 30 Agustus 1999 hingga 10 Mei 2004. Mengingat popularitasnya selama empat musim di Moesha, Countess Vaughn meninggalkan pertunjukan untuk spin-off- nya sendiri. Itu berpusat pada petualangan Kim menghadiri community college dengan ibunya, diperankan oleh komedian Mo'Nique . Meninggalkan Moesha, Yvette Wilson bergabung dengan pemeran The Parkers sebagai Andell Wilkerson, sahabat masa kecil Nikki, pada tahun 2000. Beberapa anggota pemeran Moesha (termasuk Brandy Norwood) membuat penampilan crossover di The Parkers . Meskipun bukan spin-off langsung dari Moesha, acara Girlfriends and The Game dibuat oleh penulis Moesha Mara Brock Akil dan ada di alam semesta yang sama dengan Moesha . Karakter Maya Wilkes ( Golden Brooks ) dari Girlfriends tinggal di Leimert Park seperti karakter Moesha, dan muncul dalam sebuah episode mengasuh adik iparnya Barbara Lee, yang kebetulan adalah ibu kandung Dorian. Niecy kemudian muncul dalam sebuah episode Girlfriends .
  • Grown Ups tayang perdana pada 1 Agustus 1999 pukul 8:30 EST /7:30 CST . Pada tanggal 30 Agustus 1999, serial tersebut pindah ke hari Senin pukul 9 pm EST/8 pm CST, mengikuti spin-off Moesha The Parkers .[71] Serial ini awalnya mengumpulkan peringkat yang baik,[72] tetapi peringkat segera turun dan UPN membatalkan seri (pada cliffhanger yang tidak pernah diselesaikan) [73] pada Mei 2000.
  • Shasta McNasty ditayangkan selama musim 1999-2000. Pratinjau sekilas dari seri ini setelah WWF SmackDown dengan rating tinggi dari UPN! menarik 4,52 juta penonton.[74] Namun, ketika seri dipindahkan ke jadwal 8 pm timeslot, peringkat turun.[75] Di pertengahan musim pertama, UPN mempersingkat judul acara menjadi Shasta, dan serial tersebut dibatalkan setelah musim pertamanya.[76][77] Meskipun Shasta McNasty ditayangkan perdana dengan ulasan yang kurang baik dari para kritikus,[78] program ini dinominasikan untuk People's Choice Award untuk komedi baru terbaik.[79]
  • The Strip ditayangkan dari 12 Oktober 1999 hingga 7 Juli 2000, selama musim televisi 1999–2000 . Serial ini dibatalkan setelah sembilan episode, dengan episode kesepuluh ditayangkan beberapa bulan kemudian pada Juli 2000.
  • I Dare You: The Ultimate Challenge ditayangkan mulai 17 Januari 2000 hingga 30 Mei 2000.
  • Secret Agent Man ditayangkan mulai 7 Maret 2000 hingga 28 Juli 2000. Secret Agent Man awalnya dijadwalkan untuk tayang perdana di UPN pada bulan September 1999, tetapi diundur ke pemutaran perdana pertengahan musim pada bulan Agustus 2000 karena keinginan untuk memberi produser acara lebih banyak waktu untuk mengerjakan alat peraga dan efek khusus. Itu juga tidak memiliki pilot satu jam tradisional yang difilmkan, dan malah diperintahkan untuk seri oleh UPN hanya dengan kekuatan gulungan presentasi.[80] Hanya 12 episode yang diproduksi dan disiarkan sebelum serial tersebut dibatalkan karena peringkat yang buruk.
  • The Beat tayang perdana pada 21 Maret 2000 dan berakhir setelah hanya enam episode sebulan kemudian pada 25 April.[81][82] Tujuh episode tambahan diproduksi meskipun tidak pernah ditayangkan.
  • WWF Smackdown! didirikan untuk bersaing dengan acara Kamis malam WCW, Thunder . Smackdown! pertama kali muncul pada tanggal 29 April 1999 menggunakan perangkat Raw sebagai satu-satunya acara televisi khusus di UPN . Pada tanggal 26 Agustus 1999, SmackDown! resmi debut di UPN. Seperti WCW Thunder, SmackDown! direkam pada hari Selasa dan kemudian disiarkan pada hari Kamis. Pertunjukan WWF baru sangat populer sehingga WCW memindahkan Thunder ke hari Rabu sehingga tidak akan bersaing secara langsung. Sepanjang keberadaan awal pertunjukan, The Rock secara rutin disebut SmackDown! "pertunjukannya", mengacu pada fakta bahwa nama itu berasal dari salah satu slogannya, "Lay the smack down".[83] Pada bulan Maret 2002, WWF menerapkan " perpanjangan merek ", di mana Raw dan SmackDown! akan memiliki daftar pemain terpisah yang eksklusif untuk program dan acara masing-masing, dan diposisikan di alam semesta sebagai "merek" yang bersaing (dengan cara yang mengingatkan pada konferensi atletik ).[84] Pada musim 2004–05, SmackDown memiliki rata-rata pemirsa 5,1 juta pemirsa, menjadikannya seri UPN dengan peringkat tertinggi kedua di belakang America's Next Top Model . Dengan pembatalan Star Trek: Enterprise, SmackDown pindah ke slot waktu sebelumnya pada Jumat malam untuk musim 2005–06, mulai 9 September 2005. WWE kemudian mengumumkan bahwa acara tersebut akan berganti nama menjadi Friday Night SmackDown! untuk menekankan penjadwalan baru.[85]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Croteau, David; Hoynes, William (2006). "3". The business of media : corporate media and the public interest (edisi ke-2nd). Thousand Oaks: Pine Forge. hlm. 85. ISBN 1-4129-1315-2. 
  2. ^ "Changing hands" (PDF). January 2, 1995. hlm. 46. Diakses tanggal January 19, 2019. 
  3. ^ Pascale, Anthony. "Rick Berman Talks 18 Years of Trek In Extensive Oral History". TrekMovie.com. Diakses tanggal April 6, 2014. 
  4. ^ "Tuned In: UPN announces name change, celebrates ratings". old.post-gazette.com. Diakses tanggal 2017-10-31. 
  5. ^ Carter, Bill (October 6, 1994). A New Network Hopes To Lure Fox Viewers. New York Times
  6. ^ Pierce, Scott D. (May 17, 1996). "UPN Will Try To Get Funny". deseret.com. Diakses tanggal November 29, 2019. 
  7. ^ Hontz, Jenny (May 21, 1998). "UPN shakes up fall sked". Variety. Diakses tanggal October 27, 2016. 
  8. ^ "Cover text". TV Guide. November 4, 1995. 
  9. ^ Rice, Lynette (2001-06-06). "'Band' On the Run". ew.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-04-21. Diakses tanggal 2009-07-19. 
  10. ^ The Complete Directory to Prime Time Network and Cable TV Shows, 1946-Present. Ballantine Books. 2003. hlm. 780. ISBN 0-345-45542-8. 
  11. ^ Coe, Steve (August 28, 1995). "From fighting cavities to fighting V-chips.(Richard Wolf goes from advertising copywriter to screenwriter)". Broadcasting & Cable. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 25, 2018.  (perlu berlangganan)
  12. ^ "Episode Guide". TV Guide. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 25, 2018. 
  13. ^ Saunders, Dusty (March 20, 1996). "Quasi-Network UPN Moving into Action-Adventure Arena". Rocky Mountain News. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 25, 2018.  (perlu berlangganan)
  14. ^ Dupree, Scotty (March 4, 1996). "UPN aims for boys' night in; Wednesday now a six-way race". Mediaweek. v6 (n10): 8(1). Diarsipkan dari versi asli tanggal August 25, 2018. Diakses tanggal August 25, 2018. 
  15. ^ Bonko, Larry (March 13, 1996). "UPN's Cool Rogue Cop Beats Laughable 'JAG'". The Virginian-Pilot. Diakses tanggal February 1, 2019. 
  16. ^ Graham, Renee (May 21, 1996). "Reader Feedback: Would you let your child watch this? A naughty 'Nanny' may be fine, but parents prefer to X out 'Files'". The Boston Globe. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 25, 2018.  (perlu berlangganan)
  17. ^ Lowry, Brian (May 17, 1996). "UPN Tries to Lure African Americans". Los Angeles Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 25, 2018. 
  18. ^ Heldenfels, R.D. (September 18, 1996). "Network TV is supposed to be getting more family-friendly, but…". Knight Ridder/Tribune News Service. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 25, 2018.  (perlu berlangganan)
  19. ^ Rice, Lynette (October 21, 1996). "TV reduces violence. (UCLA study of television violence during 1995-96 season)". Broadcasting & Cable. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 25, 2018.  (perlu berlangganan)
  20. ^ "Dick Wolf on producing Swift Justice". Academy of Television Arts & Sciences. January 10, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 25, 2018. 
  21. ^ The Complete Directory to Prime Time Network and Cable TV Shows 1946-Present. Ballantine Books. 2003. hlm. 479. ISBN 0-345-45542-8. 
  22. ^ McKissack, Fredrick L., Jr. (February 1997). "Homeboys in Outer Space". The Progressive. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-03-03. Diakses tanggal 2008-08-24. 
  23. ^ Tucker. Entertainment Weekly.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan);
  24. ^ Carmody, John (May 17, 1996). "The TV Column". The Washington Post. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 5, 2018. 
  25. ^ Johnson, Steve (May 29, 1996). "Dueling Networks". Chicago Tribune. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 26, 2015. 
  26. ^ Carter, Bill (May 17, 1996). "UPN Is Adding Comedies With Black Casts". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 26, 2015. 
  27. ^ Lowry, Brian (May 17, 1996). "UPN Tries to Lure African Americans". Los Angeles Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 4, 2015. 
  28. ^ Pierce, Scott D. (August 21, 1996). "Paranoid TV: Paranormal Will Be The Norm for Show After Show Turning Up On TV This Fall". Deseret News. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 7, 2018. 
  29. ^ Lebo, Harlan (January 13, 1998). "Third UCLA Television Report Shows Continuing Decline in Voilence in TV Series, Growth in 'Shockumentary' Specials". University of California, Los Angeles. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 5, 2018. 
  30. ^ Huff, Richard (May 20, 1997). "'Clueless' Catches on with UPN". New York Daily News. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 5, 2018. 
  31. ^ Levin, Gary (May 21, 1997). "'Clueless' set to lead UPN's Tuesday night". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 5, 2018. 
  32. ^ Freeman, Michael (April 13, 1998). "Bohbot financial report discloses Chris-Craft stake". Mediaweek. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 14, 2014. Diakses tanggal March 13, 2014. 
  33. ^ Variety.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan);
  34. ^ Snierson, Dan (September 7, 2007). ""The Love Boat" flashback". Entertainment Weekly. Diakses tanggal 2017-05-28. ...and the cast reunited on a 1998 episode of Love Boat: The Next Wave, UPN's unsuccessful franchise relaunch. 
  35. ^ Mitchelmore, Pam (2005). "Reunion", Love Boat: The Next Wave. Epguides.com.
  36. ^ Snow, Shauna (October 11, 1997). "Morning Report". Los Angeles Times. Diakses tanggal 2009-10-16. 
  37. ^ Hontz, Jenny (December 15, 1997). "'Danza,' 'Hitz' get the ax". Variety. Diakses tanggal 2009-10-16. 
  38. ^ James, Caryn (August 25, 1997). "Television in Review". The New York Times. hlm. C14. Diakses tanggal 2009-10-16. 
  39. ^ Tucker, Ken (December 26, 1997). "Best & Worst / Television". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-10-14. Diakses tanggal 2009-10-16. 
  40. ^ "Biography". Turner Classic Movies. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 23, 2017. 
  41. ^ Rosenberg, Howard (August 25, 1997). "A Wobbly Start, That's for Sure". Los Angeles Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 20, 2011. 
  42. ^ a b "New Star for 'Sun': Roseanne Appearing in '3rd Rock' Opener". New York Daily News. August 12, 1997. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 23, 2018. 
  43. ^ "Picks and Pans Review: Talking With..." People. September 8, 1997. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 26, 2018. 
  44. ^ Jicha, Tom (May 21, 1997). "UPN: Three New Shows, 'Clueless'". Sun-Sentinel. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 23, 2018. 
  45. ^ "UPN Expanding Prime-time Offerings". Chicago Tribune. May 21, 1997. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 19, 2015. 
  46. ^ Hill, Michael E. (August 24, 1997). "UPN Trots Out Three New Sitcoms; 'Clueless' Joins Next Month". The Washington Post. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 25, 2018.  (perlu berlangganan)
  47. ^ Braxton, Greg (December 20, 1997). "UPN denies giving up on its black viewers". Chicago Sun-Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 13, 2016.  (perlu berlangganan)
  48. ^ "'Hitz': New UPN sitcom has feet of (Andrew Dice) Clay". The Standard-Times. August 26, 1997. Diakses tanggal July 22, 2018. 
  49. ^ Pierce, Scott (August 25, 1997). "UPN premieres 3 new sitcoms". Deseret News. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 23, 2018. 
  50. ^ "What ranked and what tanked". Entertainment Weekly. May 29, 1998. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 12, 2018. 
  51. ^ Ryan, Joal (October 3, 1997). "UPN Clubs "Head"; Gumbel's Got Droopy "Eye"". E! News. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 14, 2018. 
  52. ^ "Worst of Tube". People. December 29, 1997. Diakses tanggal July 22, 2018. 
  53. ^ "Cast". TV Guide. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 25, 2018. 
  54. ^ Wootliff, Benjamin (14 Aug 2000). "News Corp's $3.7bn for American TV stations". The Telegraph. Diakses tanggal 21 March 2011. 
  55. ^ "Fox Entertainment Group Inc. 2001 Annual Report". EDGAR. Fox Entertainment Group. September 28, 2001. Diakses tanggal May 31, 2013. 
  56. ^ Entertainment Weekly - Fall TV Preview/ DiResta - 09-10-1998
  57. ^ Nielsen Ratings – Nov 2 – 8
  58. ^ Millner, Denene (1998-09-20). "A Racial TV Battle: Blacks Rip Sitcom About Lincoln Butler That Find Humor in Slavery". nydailynews.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-09-30. Diakses tanggal 2009-05-26. 
  59. ^ "Q & A: The Secret Diary of Desmond Pfeiffer, Whodunnit?". tvobscurities.com. 2009-05-20. Diakses tanggal 2009-05-26. 
  60. ^ TV's Biggest Blunders Ever - CBS News
  61. ^ "Dilbert Debut Sets Record For Upn". Chicago Tribune. February 2, 1999. Diakses tanggal 2010-09-09. 
  62. ^ Knutzen, Eirik. "An Animated Cartoon 'Dilbert' Comes To The Tube On Upn". The Morning Call. Diakses tanggal 10 February 2014. 
  63. ^ Rubin, Sylvia (17 January 1999). "Meeting of the Minds / 'Dilbert' creators slogged through corporate mire to bring lovable office dweeb to TV". SFGate. Diakses tanggal 10 February 2014. 
  64. ^ Rozansky, Michael. "'Dilbert' Is Serious Business From The Cubicle To ... Practically Everywhere". philly.com. Diakses tanggal 10 February 2014. 
  65. ^ Jicha, Tom. "Dilbert To Get A New Cubicle -- On Upn". SunSentinel. Diakses tanggal 10 February 2014. 
  66. ^ Foster, Darren (22 November 2006). "Scott Adams interview". GroundReport.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 February 2014. Diakses tanggal 9 February 2014. 
  67. ^ "Internet Movie Database – List of Films shot in Hamilton, Ontario". IMDb. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-12-04. Diakses tanggal 2008-01-29. 
  68. ^ Edwards, Ian (July 13, 1998). "B.C. Scene: Mandalay sends Mercy Point to Vancouver, but where?". Playback. Brunico Communications. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 23, 2017. 
  69. ^ "Cost Of Tv Shows Spiraling Upward". Sun-Sentinel. tronc. February 18, 1999. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 23, 2017. 
  70. ^ The Complete Directory to Prime Time Network and Cable TV Shows, 1946–Present. Ballantine Books. 2003. hlm. 392. ISBN 0-345-45542-8. 
  71. ^ Wallenstein, Andrew. "'Grown Ups': Weak sitcom bodes tough season for UPN". medialifemagazine.com. Diakses tanggal 2009-03-24. 
  72. ^ Tucker, Ken (1999-09-10). "Mo' and More". ew.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-05-08. Diakses tanggal 2009-03-24. 
  73. ^ Huff, Dominique (2006-02-02). "UPN and WB shut down and create The CW". gsusignal.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-10-03. Diakses tanggal 2009-03-24. 
  74. ^ Wallenstein, Andrew. "'Shasta McNasty': One dreadful show from UPN". medialifemagazine.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-03. Diakses tanggal 2008-11-11. 
  75. ^ Carman, John (1999-10-28). "Fall Fallout: 'Judging Amy,' 'WWF Smackdown!' among season's early hits – 'Action,' 'Wasteland' top list of losers". sfgate.com. Diakses tanggal 2008-11-11. 
  76. ^ Fretts, Bruce (1999-12-16). "Laugh Off-Track". ew.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-03. Diakses tanggal 2008-11-11. 
  77. ^ Childs, T. Mike (2004). The Rocklopedia FakebandicaPerlu mendaftar (gratis). Macmillan. hlm. 196. ISBN 0-312-32944-X. 
  78. ^ "The Ratings: Ray of Light". ew.com. 1999-10-15. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-10-12. Diakses tanggal 2008-11-11. 
  79. ^ "26th Annual People's Choice Awards Names Favorites; First Awards Show of the New Millennium to Be Presented Live on CBS Jan. 9, 2000". Business Wire. 1999-12-01. Diakses tanggal 2008-11-11. 
  80. ^ Cynthia Littleton (6 August 1999). "UPN's silver lining". Variety. Diakses tanggal 2016-08-07. 
  81. ^ Hontz, Jenny (April 30, 1999). "Viacom gets the 'Beat'". Variety. Diakses tanggal June 24, 2018. 
  82. ^ Gibbons, Kent (August 27, 2012). "After 'Homicide,' Before 'Copper,' Fontana, Levinson Walked a 'Beat'". Multichannel News. Diakses tanggal June 24, 2018. 
  83. ^ Shields, Brian; Sullivan, Kevin (2009). WWE: History of WrestleMania. hlm. 56. 
  84. ^ Shields, Brian; Sullivan, Kevin (2009). WWE: History of WrestleMania. hlm. 57. 
  85. ^ Benson, Jim (23 August 2005). "UPN Wrestling Re-Dubbed Friday Night Smackdown". Broadcasting & Cable (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-29.