Segitiga Polinesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Segitiga Polinesia adalah wilayah geografis Samudra Pasifik dengan Hawaiʻi (1), Selandia Baru (Aotearoa) (2) dan Rapa Nui (3) di bagian sudutnya. Di tengah adalah Tahiti (5), dan Samoa (4) di bagian barat.

Segitiga Polinesia adalah wilayah Samudra Pasifik dengan tiga kelompok pulau di sudutnya: Hawaiʻi (sebelumnya "Kepulauam Sandwich"), Pulau Paskah (Rapa Nui) dan Selandia Baru (Aotearoa). Ini sering digunakan sebagai cara sederhana untuk mendefinisikan Polinesia.

Di luar segitiga, juga terdapat permukiman Polinesia jauh ke utara di Pulau Necker (Mokumanamana), jauh ke timur di Pulau Salas y Gómez (Motu Motiro Hiva), dan jauh ke selatan di Pulau Enderby (Motu Maha). Permukiman Polinesia juga pernah ada di Pulau Norfolk dan Pulau Kermadec (Rangitahua). Namun, pada saat orang Eropa pertama kali tiba, pulau-pulau tersebut semuanya tidak berpenghuni.

Saat ini, Orang-orang Polinesia yang paling banyak adalah Māori, Hawaii, Tonga, Samoa, Niue dan Tahiti. Bahasa asli dari segitiga yang luas ini adalah Bahasa Polinesia, yang di klasifikasikan oleh ahli bahasa sebagai bagian dari Subkelompok Oseanik dari Melayu-Polinesia. Berasal dari Bahasa Proto-Austronesia yang digunakan di Asia Tenggara 5,000 tahun yang lalu. Terdapat pula banyak pulau terluar Polinesia di luar segitiga di negara Melanesia dan Mikronesia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Polinesia Templat:Wilayah di Oseania