Sapere aude

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sapere aude adalah frasa Latin yang berarti "Beranilah untuk tahu"; kadang-kadang diterjemahkan menjadi "Beranilah untuk menjadi bijaksana", atau bahkan diterjemahkan menjadi "Beranilah untuk berpikir sendiri". Frasa ini pertama kali digunakan dalam First Book of Letters (20 SM) oleh penyair Romawi Horatius. Frasa Sapere aude menjadi terkait dengan Zaman Pencerahan, selama abad ke-17 dan ke-18, setelah Immanuel Kant menggunakannya dalam esai, "Menjawab Pertanyaan: Apakah Pencerahan itu?” (1784).[1] Sebagai seorang filsuf Pencerahan, Kant mengklaim frasa Sapere aude sebagai motto untuk seluruh periode Abad Pencerahan, dan menggunakannya untuk mengembangkan teorinya tentang penerapan akal dalam ruang publik urusan manusia.

Pada abad ke-20, dalam esai "Apa itu Pencerahan?" (1984) Michel Foucault mengambil rumusan Kant tentang "beranilah untuk tahu" sebagai upaya untuk menemukan tempat bagi pria dan wanita individu dalam filsafat pasca-strukturalis, dan dengan demikian menerima warisan bermasalah dari Masa Pencerahan. Selain itu, dalam esai The Baroque Episteme: the Word and the Thing (2013) Jean-Claude Vuillemin mengusulkan agar frasa Latin Sapere aude menjadi motto episteme Barok.[2]

Frasa ini banyak digunakan sebagai motto, terutama oleh lembaga pendidikan.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Abad ke-1[sunting | sunting sumber]

Horatius

Penggunaan pertama kali frasa Sapere aude terdapat dalam First Book of Letters (20 SM), oleh penyair Romawi Horatius; dalam surat kedua, ditujukan kepada Lolius, baris 40, kutipannya adalah: Dimidium facti, qui coepit, habet; sapere aude, incipe. ("Dia yang memulai telah setengah selesai; beranilah untuk tahu; mulai!" )

Ungkapan itu adalah pesan moral untuk sebuah cerita ketika orang bodoh menunggu sebuah sungai berhenti mengalir, sebelum mencoba menyeberanginya. Dengan mengatakan, "Dia yang memulai sudah setengah selesai. Beranilah untuk tahu, mulai!" , Horatius menunjukkan nilai dari usaha manusia, ketekunan dalam mencapai tujuan, kebutuhan akan usaha untuk mengatasi rintangan. Selain itu, bahasa Latin singkat dari Sapere aude terkadang juga diterjemahkan menjadi "Beranilah untuk menjadi bijaksana" dan "beranilah untuk berpikir sendiri".

Abad ke-16[sunting | sunting sumber]

Philip Melanchthon

Dalam pidato pengukuhannya sebagai Guru Besar Bahasa Yunani di Wittenberg pada tanggal 29 Agustus 1518, Philip Melanchthon mengutip surat Horatius.[3]

Abad ke-18[sunting | sunting sumber]

Immanuel Kant

Menjawab Pertanyaan: Apakah Pencerahan itu?, oleh Immanuel Kant.[1]

Dalam esai, "Menjawab Pertanyaan: Apakah Pencerahan itu?" (1784), filsuf Immanuel Kant menggambarkan Zaman Pencerahan sebagai "pembebasan manusia dari ketidakdewasaan yang ditimbulkannya sendiri"; dan, dengan ungkapan Sapere aude, Kant meminta pembaca untuk mengikuti semacam program pembebasan intelektual diri melalui penggunaan akal budi. Esai itu adalah tantangan Kant terhadap pria dan wanita, yang menunjukkan bahwa massa "sapi domestik" telah dibiakkan, oleh pelayan yang tidak setia, untuk tidak mempertanyakan apa yang telah diberitahukan kepada mereka tentang dunia dan mekanismenya.

Kant mengklasifikasikan penggunaan akal budi menjadi alasan publik dan privat. Penggunaan nalar publik adalah diskursus yang terjadi di ruang publik, seperti wacana politik (argumen dan analisis); penggunaan nalar privat alasan adalah argumen rasional, seperti yang digunakan oleh seseorang yang dipercaya untuk melakukan suatu tugas secara resmi atau melalui organisasi. Kant memuji Raja Frederick II dari Prusia (memerintah 1740–86) atas penerimaan intelektualnya terhadap ide-ide politik, sosial, dan budaya Pencerahan. Kant mengatakan bahwa seorang pangeran yang tercerahkan adalah seorang yang menginstruksikan rakyatnya untuk: "Berdebatlah sebanyak yang Anda mau, dan tentang apa yang Anda kehendaki, patuhi saja!"

Keberanian seorang individu untuk mematuhi nasihat Sapere aude akan mematahkan belenggu despotisme, dan melalui wacana publik, akan mengungkap, untuk kepentingan populasi massa dan Negara, metode pemerintahan yang lebih baik, dan komplain yang benar.[4]

Abad ke-19[sunting | sunting sumber]

Pendiri Homoeopati, Dr Christian Frederich Samuel Hahnemann menggunakan frase sapere aude di sampul bukunya Organon of Medicine (1810,1819,1824,1829,1833,1922).

Pada tahun 1869, Universitas Otago yang baru didirikan[5] di Dunedin memilih frasa tersebut sebagai motto institusi mereka.

Abad ke-20[sunting | sunting sumber]

Michel Foucault

Menanggapi proposisi Zaman Pencerahan Immanuel Kant untuk keberanian intelektual, dalam esai "Apa itu Pencerahan?" (1984), Michel Foucault menolak banyak politik penuh harapan yang diusulkan oleh Kant: rakyat yang diperintah oleh penguasa yang adil; pemimpin etis yang diilhami oleh keberanian yang disarankan dalam ungkapan Sapere aude. Sebaliknya, Foucault menerapkan ontologi untuk memeriksa sumber daya bawaan untuk berpikir kritis dari fakultas akal seseorang. Dengan nilai analitis Sapere aude yang diperkuat oleh konsep "Pengkhianatan yang setia" terhadap keyakinan yang tidak praktis, Foucault membantah argumen era Pencerahan yang disajikan Kant dalam esai " Menjawab Pertanyaan: Apa itu Pencerahan? " (1784).

Seperti pendahulunya di abad ke-18, Foucault juga mendasarkan interpretasi filosofisnya tentang Sapere aude pada praktik pemikiran kritis yang pasti yang merupakan "sikap, etos, kehidupan filosofis di mana [ditemukan] kritik tentang siapa kita". Sikap intelektual yang tercerahkan seperti itu menerapkan alasan pada pengalaman, dan dengan demikian menghasilkan kritik historis terhadap "batas yang dipaksakan pada kita". Kritik tersebut merupakan “sebuah eksperimen dengan kemungkinan melampaui” batasan-batasan yang dipaksakan, untuk mencapai limit-experience, yang sekaligus merupakan tindakan individu, pribadi, dan tindakan yang mendobrak konsep individu pribadi.[6]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Kant, Immanuel (2006). Kleingeld, Pauline, ed. "Toward Perpetual Peace and Other Writings on Politics, Peace, and History (Rethinking the Western Tradition)" (PDF). David L. Colclasure (translator). Yale University Press. Diakses tanggal 31 Januari 2022. 
  2. ^ Jean-Claude Vuillemin, Epistémè baroque: le mot et la chose, Paris, Hermann, coll. "Savoir Lettres," 2013.
  3. ^ Thaidigsmann, Edgar (2014). ""Sapere aude!"". Zeitschrift für Theologie und Kirche. 111 (4): 389. doi:10.1628/004435414X14135326005951. 
  4. ^ "ereau.de steht zum Verkauf". sap.ereau.de. 
  5. ^ "University of Otago founded". 
  6. ^ "Foucault's Essay, What is Enlightenment?". Foucault.info. Diakses tanggal 2012-03-08. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]