Santalum

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Santalum
Santalum acuminatum
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Santalum

Spesies

Lihat teks

Sinonim[1]

Santalum adalah sebuah genus tumbuhan berbunga berkayu dalam keluarga Santalaceae. Anggotanya yang paling terkenal dan bernilai komersial adalah pohon cendana (S. album). Anggotanya adalah tumbuhan pohon atau perdu. Sebagian besar merupakan parasit akar yang melakukan fotosintesis makanannya sendiri, namun memanfaatkan akar tumbuhan lain untuk mendapatkan air dan nutrisi anorganik. Beberapa spesies (terutama S. album) menghasilkan kayu yang sangat aromatik, yang digunakan untuk wewangian dan parfum serta untuk obat herbal. Sekitar 25 spesies yang diketahui tersebar di kawasan Lingkup Indomalaya, Australasia, dan Oseania, dimulai dari India, Malesia, Kepulauan Pasifik, hingga Hawaiʻi dan Kepulauan Juan Fernández di lepas pantai Amerika Selatan.

Kayu cendana (S. album) ditemukan di hutan gugur daun tropis di India, Kepulauan Nusa Tenggara di Indonesia, dan Arnhem Land di Australia utara. Tumbuhan ini adalah satu-satunya spesies dari genus yang ditemukan di daratan Asia, dan mungkin telah diperkenalkan ke India dari Nusa Tenggara berabad-abad yang lalu. Kayu cendana telah ditebang dari sebagian besar hutan India, dan kini sudah langka di alam liar. Lima spesiesnya (termasuk S. album) berasal dari Australia. S. acuminatum (quandong manis) menghasilkan buah berwarna merah cerah mengkilat yang semakin banyak digunakan di Australia untuk selai, jeli, chutney, dan pai. Empat spesies yang biasa disebut ʻiliahi adalah tumbuhan endemik Hawaiʻi. S. fernandezianum merupakan tumbuhan endemik Kepulauan Juan Fernández di lepas pantai Chili, yang juga dieksploitasi secara berlebihan untuk dimanfaatkan kayu aromatiknya, dan sekarang mungkin sudah punah.

Spesiesnya digunakan sebagai makanan oleh larva beberapa spesies Lepidoptera, termasuk ngengat Endoclita malabaricus.

Daftar Spesies[sunting | sunting sumber]

Daftar[1][sunting | sunting sumber]

Dahulu Ditempatkan Disini[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Santalum L. Plants of the World Online. Retrieved 12 November 2023.
  2. ^ "Santalum". Germplasm Resources Information Network (GRIN) online database. Diakses tanggal 2009-04-05. 
  3. ^ Little Jr., Elbert L.; Roger G. Skolmen (1989). "ʻiliahi-a-lo e, coast sandalwood" (PDF). United States Forest Service. 
  4. ^ Little Jr., Elbert L.; Roger G. Skolmen (1989). "ʻIliahi, Freycinet sandalwood" (PDF). United States Forest Service. 
  5. ^ Allen, James A. (2003-01-01). "Santalum freycinetianum Gaudich". Tropical Tree Seed Manual. Reforestation, Nurseries & Genetics Resources. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal January 16, 2009. Diakses tanggal 2009-03-01. 
  6. ^ "Santalum". Germplasm Resources Information Network (GRIN) online database. Diakses tanggal 2009-04-05.