Lingkup Australasia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Zona Ekologi Australasia

Lingkup Australasia adalah lingkup biogeografi yang berada di kawasan geografis Australasia. Lingkup ini mencakup Australia, pulau Nugini (termasuk Papua Nugini dan provinsi Papua di Indonesia), dan bagian timur kepulauan Indonesia, termasuk Sulawesi, Maluku (provinsi Maluku dan Maluku Utara), dan Nusa Tenggara (Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores, dan Timor). Lingkup Australasia juga mencakup beberapa gugus pulau Pasifik, termasuk Kepulauan Bismarck, Vanuatu, Kepulauan Solomon, dan Kaledonia Baru. Selandia Baru dan pulau-pulau sekitarnya merupakan subregion lingkup Australasia. Wilayah Indonesia sisanya adalah bagian dari Lingkup Indomalaya.[1]

Dari sudut pandang ekologi, lingkup Australasia adalah kawasan terpisah dengan sejarah geologi dan evolusi bersama dan berbagai macam tumbuhan dan hewan. Dalam konteks ini, Australasia terbatas hingga Australia, Nugini, Selandia Baru, Kaledonia Baru, dan pulau-pulau tetangga, termasuk pulau Lombok dan Sulawesi sampai ke timur. Garis yang memisahkan lingkup Australasia dari lingkup Indomalaya (Asia tropis) adalah Garis Wallace. Kalimantan dan Bali terletak di sebelah barat garis di sisi Asia.

Australia, Selandia Baru, dan Kaledonia Baru adalah bagian dari bekas superbenua kuno bernama Gondwana. Tanda-tandanya masih ada di Provinsi Gunung Laut Pulau Christmas dan fitur geofisik lainnya. Tiga daratan ini terpisah dari benua-benua lain dan satu sama lain selama jutaan tahun. Seluruh Australasia memiliki flora Antarktika, tetapi pulau-pulau tropis di utara juga memiliki flora Asia Tenggara.

Australia, Nugini, dan Tasmania dipisahkan oleh landas kontinen dangkal dan terhubung ketika permukaan laut lebih rendah pada Zaman Es. Ketiga wilayah ini memiliki fauna yang sama, misalnya mamalia marsupial dan monotrema dan burung ratite. Eukaliptus adalah pohon terbanyak di sebagian besar Australia dan Nugini. Selandia Baru tidak memiliki mamalia darat endemik, tetapi memiliki burung ratite, termasuk kiwi dan moa. Lingkup Australasia mencakup beberapa gugus pulau seperti Wallacea, Kepulauan Bismarck, Kepulauan Solomon, dan Vanuatu yang sebelumnya bukan bagian dari Gondwana, tetapi memiliki tumbuhan dan hewan khas Australasia.

Perlu diketahui bahwa zonasi ini didasarkan pada flora; hewan tidak selalu mengikuti batas biogeografi yang sama. Kini, banyak spesies burung yang terdapat di kawasan "Indomalaya" dan "Australasia", tetapi tidak menyeluruh. Di sisi lain, ada beberapa persamaan fauna yang hanya dimiliki oleh Australiad an Selandia Baru, kecuali beberapa spesies burung. Sementara itu, Australia, Melanesia, dan Wallacea disatukan oleh hewan-hewan yang serupa, tetapi tidak banyak yang tersebar hingga Pasifik. Kebanyakan fauna Polinesia berkaitan dengan fauna Melanesia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Australasia ecozone". World Wildlife Fund. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2006-10-07. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]