Lingkup Indomalaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lingkup Indomalaya berwarna kecokelatan

Lingkup Indomalaya merupakan salah satu dari delapan lingkup biogeografi yang berada di bumi.[1] Lingkup biogeografi ini terbentang dari wilayah Asia Selatan, Asia Tenggara, hingga wilayah selatan dari Asia Timur.

Lingkup biogeografi ini juga biasa disebut oleh para ahli biogeografi sebagai Lingkup Oriental. Lingkup Indomalaya ini sendiri tersebar di seluruh wilayah Anak Benua India dan daratan utama Asia Tenggara hingga dataran rendah di selatan Tiongkok, dan Indonesia hingga sejauh Pulau Jawa, Bali, dan Kalimantan. Selain itu, Lingkup Indomalaya juga tersebar di seluruh wilayah Filipina, Taiwan, dan Kepulauan Ryukyu di Jepang.

Sebagian besar lingkup Indomalaya aslinya tertutupi oleh hutan dengan pelbagai jenisnya, yaitu hutan tropis dan subtropis basah berdaun lebar dan hutan monsun yang banyak dijumpai di wilayah Asia Selatan dan daratan utama Asia Tenggara. Hutan tropis Indomalaya memiliki keanekaragaman yang tinggi, terutama dengan beberapa jenis pohon yang sangat penting secara ekonomis dari famili Dipterocarpaceae dan Fabaceae.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Indomalayan realm biologyonline.com. Dikutip pada 29 Agustus 2021