Santa Maria dei Miracoli dan Santa Maria in Montesanto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Gereja "kembar" Santa Maria in Montesanto (kiri) dan Santa Maria dei Miracoli (kanan), dilihat dari Piazza del Popolo. Antara dua gereja Via del Corso dimulai. Meskipun sangat mirip, perbedaan dapat dilihat pada gambar ini pada dua menara tempat lonceng bergantung kecil dan pada dua kubah (terlihat dari jumlah jendela di tympanum masing-masing gereja).

Santa Maria dei Miracoli dan Santa Maria di Montesanto adalah dua gereja Katolik terkenal di Roma.

Mereka terletak di Piazza del Popolo, menghadap gerbang utara Tembok Aurelian, di pintu masuk Via del Corso di alun-alun. Gereja-gereja ini sering disebut sebagai "kembaran", karena kemiripan tampilan luarnya: memang memiliki beberapa perbedaan, baik dalam denah maupun detail eksteriornya.

Dilihat dari alun-alun, kedua gereja membentuk apa yang disebut "trisula" jalan yang berangkat dari Piazza del Popolo: mulai dari kiri, Via del Babuino, Via del Corso dan Via di Ripetta. Dua yang pertama dipisahkan oleh Santa Maria di Montesanto, yang terakhir oleh Santa Maria dei Miracoli.

Asal usul kedua gereja ini dapat ditelusuri kembali ke restorasi abad ke-17 yang merupakan pintu masuk utama ke Abad Pertengahan dan Renaisans Roma, dari Via Flaminia (dikenal sebagai Via Lata dan Via del Corso di kawasan perkotaannya). Paus Aleksander VII menugaskan desain monumental pintu masuk Via del Corso kepada arsitek Carlo Rainaldi. Ini mencakup dua gereja dengan rencana terpusat, namun perbedaan bentuk dari dua area yang tersedia memaksa dilakukannya modifikasi besar-besaran pada proyek tersebut.

Keduanya dibiayai oleh kardinal Girolamo Gastaldi, yang lambangnya terdapat di kedua gereja tersebut.

Santa Maria dei Miracoli[sunting | sunting sumber]

Santa Maria dei Miracoli

Santa Maria dei Miracoli dimulai pada tahun 1675 dan selesai pada tahun 1681. Dengan denah melingkar, bangunan ini memiliki menara lonceng abad ke-18 yang elegan karya Girolamo Theodoli dan kubah segi delapan. Interiornya memiliki dekorasi plesteran yang kaya oleh Antonio Raggi, murid Bernini. Monumen Kardinal Benedetto dan Gastaldi dirancang oleh Carlo Fontana, yang juga menyediakan desain untuk kubah dan lampu. Patung perunggu diselesaikan oleh Girolamo Lucenti.[1]

Di altar tinggi terdapat gambar ajaib Perawan yang memberi nama pada gereja. Kapel pertama di sisi kanan memiliki altar yang didedikasikan untuk Bunda Maria dari Bétharram, dinamai menurut nama sebuah kuil di dekat Lourdes. Masyarakat Imam Hati Kudus didirikan di Bétharram. Ada reproduksi Madonna Renoir di Bétharram.

Santa Maria di Montesanto[sunting | sunting sumber]

Santa Maria in Montesanto

Santa Maria di Montesanto, didirikan di atas sebuah gereja dengan nama yang sama yang terletak di awal Via del Babuino, ditempati oleh para biarawan Karmelit. Nama Montesanto (Gunung Suci) mengacu pada Gunung Karmel di Israel. Pembangunan gereja yang sekarang dimulai pada tanggal 15 Juli 1662, di bawah naungan Kardinal Girolamo Gastaldi, dan selesai pada tahun 1675, dengan penambahan lainnya pada tahun 1679. Awalnya dirancang oleh Carlo Rainaldi, rencana tersebut direvisi oleh Gian Lorenzo Bernini, dan akhirnya diselesaikan oleh Carlo Fontana. Sebuah menara tempat lonceng bergantung ditambahkan pada abad ke-18. Patung orang suci di bagian luar dikaitkan dengan desain Bernini. Interiornya berbentuk elips, dengan kubah dodecagonal. Pada tahun 1825, gereja ini dijadikan basilika kecil.

Pada tanggal 10 Agustus 1904, Angelo Giuseppe Roncalli, calon Paus Yohanes XXIII, ditahbiskan menjadi imam oleh Patriark Giuseppe Ceppetelli di gereja ini.[2] Pada tahun 1953, Monsinyur Ennio Francia mendirikan tradisi Misa Para Seniman. Pada hari Minggu terakhir bulan Oktober hingga 29 Juni, diadakan misa setiap hari Minggu dengan pembacaan oleh seorang seniman, dan dimeriahkan oleh musik. Di akhir misa, doa untuk para seniman dibaca.[3] Karena alasan inilah gereja Montesanto juga disebut Gereja Para Seniman.

Dekorasi interior[sunting | sunting sumber]

Kapel pertama di sebelah kiri adalah cappella di Santa Lucia (Saint Lucy). Kapel kedua didedikasikan untuk Santa Maria Magdalena de Pazzi, dirancang oleh Carlo Rainaldi untuk menghormati biarawati Karmelit yang dikanonisasi oleh Paus Clemente XI pada tahun 1669. Langit-langit dan altar Keajaiban santo (c .1685) dilukis oleh Ludovico Gimignani.

Kapel ketiga adalah cappella Montioni. Keluarga Monitoni menugaskan desain tersebut oleh Tommaso Mattei, murid Carlo Fontana. Altar Madonna dengan Anak dan Santo Fransiskus dan Yakub (c. 1687) diselesaikan oleh Carlo Maratta. Lukisan dinding Asumsi dilukis oleh Giuseppe Chiari. Di atas altar terdapat patung modern Malaikat untuk para seniman karya Guelfo (1937–1997). Pada suatu waktu, sakristi mengadakan lukisan dinding oleh Baciccia.

Presbiteri ini dilapisi dengan malaikat oleh Filippo Carcani dan menampung altar ajaib Perawan Montesanto abad ke-15, yang menurut tradisi dilukis oleh seorang gadis berusia 11 tahun. Sakristi memiliki kubah lukisan dinding dengan malaikat dan instrumen gairah, altar Deposisi (c. 1600) dikaitkan dengan Biagio Puccini.[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]