Sanrego, Kahu, Bone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sanrego
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiSulawesi Selatan
KabupatenBone
KecamatanKahu
Luas10,91 km²
Jumlah penduduk3.740 jiwa
Kepadatan343 jiwa/km²

Sanrego adalah sebuah desa di wilayah Kecamatan Kahu, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Di desa ini terdapat Bendungan Sanrego. Spesies kayu sanrego, berasal dari desa ini.kepala desa sanrego saat ini adalah A.Malla Petta longi periode 2015-2019.Desa sanrego merupakan jalur poros utama makassar- palattae( ibu kota kec. Kahu) yg juga bertetangga dengan desa Tompon patu (timur dan selatan),desa palakka (barat), Desa maradda(utara). Desa sanrego merupakan daerah agraris (pertanian )yang sangat subur,setahun 2 kali panen.hal tersebut dipengaruhi oleh 2 bendungan yang ada di dusun berru teko dan dusun poppai.

desa sanrego pun sangat strategis dalam hal potensi bisnis,pendidikan,dan transportasi. Desa sanrego merupakan desa yang berkontribusi paling signifikan di kec kahu d sektor hasil pertanian,SMK pertanian Arung Sanrego didirikan guna untuk memberdayakan generasi muda agar lebih fokus dalam pengelolaan pertanian tersebut.perputaran uang pun sangat lancar,dikarenakan Desa sanrego memiliki TERAS BRI untuk mempermudah transaksi masyarakat setempat.adapun skolah lainnya yakni SMP Negeri 3 kahu yang di kepalai oleh DRS,Asgar,SD 281 Sanrego yg dikepalai oleh Andi Masjaya Iskar S.Pd.,MM dan bebrapa sekolah dasar lainnya. Kondisi badan jalan desa sanrego yang sangat bagus,dapat memudahkan para pebisnis transportasi dan bahkan salah satu cabang anak perusahaan Kalla Group PT.Bumi Karsa yang bergerak di bidang Konstruksi, investasi, plant, & alat berat, telah menginvestasikan sebuah lokasi untuk dijadikan plant (Stone Crusher) yg telah berdiri sejak tahun 2012 sampai sekarang,

lokasi produksi dan pengolahan terletak di desa sanrego. dampak positif dari masuknya Kalla Group sangat dirasakan oleh warga setempat yang dijadikan karyawan di perusahaan tersebut. Salah satunya adalah Muhammad Irfan A.Md lulusan 2014 teknik sipil Politeknik Negeri Ujung pandang yg bekerja sebagai staf Quality control di anak perusahaan Kalla Gruop tersebut. Kesenian daerah pun merupakan salah satu titik fokus masyarakat setempat, beberapa generasi muda diberikan wadah untuk mengembangkan bakatnya dibidang seni tari . Tari padduppa merupakan tari daerah yang biasa di tampilkan untuk menjemput tamu agung yang datang,dan juga biasa ditampilkan untuk acara adat perkawinan. Andi Eva astiana,S.pd.,Gr adalah budayawan sekaligus pembina/pelatih seni tari Di Desa sanrego. Dia adalah alumni UNM jurusan pendidikan seni tari yang mengabdikan dirinya untuk pelestarian budaya,diapun telah memiliki segudang pengalaman mengajar,setahun di waingapu NTT,dan setahun pun di jakarta sehingga tidak diragukan lagi kapabilitasnya.diapun merupakan guru kesenian di SMA negeri 1 Kahu.tokoh lainnya yakni A.Muh.fauzan,S.Kom yang merupakan penjaga gawang terbaik di Desa sanrego.dia merupakan alumni UMI jur ilmu komputer .