Samuel Cornelis van Musschenbroek

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Samuel Cornelis van Musschenbroek (lahir di Olst, Olst-Wijhe, 30 Desember 1857 – meninggal di Amsterdam, 9 Desember 1914 pada umur 56 tahun) adalah pengusaha kolonial Belanda yang menjadi ketua Sindikat Pabrik Gula di Pulau Jawa dan menjadi makmur di sana.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Samuel Cornelis van Musschenbroek adalah putera Jean Gisberto Pierre Herman van Musschenbroek (1829-1890) dan jkvr. Maria Teding van Berkhout (1831-1901). Leluhur Samuel yang ke-5, Pieter van Musschenbroeck (1692-1761), adalah seorang dokter dan ilmuwan.

Pada tanggal 11 April 1885, Samuel menikah dengan Marie Christine von Balluseck (1863-1946), puteri Felix von Balluseck dan Maria van Lynden, di Pekalongan, Hindia Belanda (kini Indonesia). Dari pernikahan SC. van Musschenbroek dan Marie Christine von Balluseck, lahir seorang puteri dan 2 putera; sang puteri menikah dengan sepupunya Felix von Balluseck. Setelah meninggalnya sang suami, Marie Christine von Balluseck bertempat tinggal di Aalsmeer hingga akhir hayatnya. Cucu mereka berdua, Eduard Samuel Adriaan van Musschenbroek, adalah pejuang Perang Dunia II.

Karier[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1907, Van Musschenbroek kembali bersama isterinya ke Belanda dan mengadakan mitra di sana untuk mendirikan Handels- en Cultuurmaatschappij Van Heekeren & Co, sebuah bank di Amsterdam. Di Amsterdam, mereka menghabiskan musim dingin di salah satu rumah terapung paling bergengsi di Keizersgracht dan di musim panas mereka berada di rumah pribadi mereka di Baarn.

Bersama dengan pengusaha Belanda lainnya, ia juga turut mendirikan Maatschappij tot Ontginning van de Peel. Di bawah arahan perusahaan tersebut, didirikanlah desa hasil reklamasi yang kelak berkembang sebagai Elsendorp. Setelah itu, didirikanlah 2 pertanian percontohan di sana. Salah satunya bernama De Dompt, yang menjadi nama salah satu desa di sana.