Sagitarius (astrologi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sagitarius
Sagitarius, sang pemanah
S ari.gif
S tau.gif
S gem.gif
S can.gif
S leo.gif
S vir.gif
S lib.gif
S sco.gif
S sag.gif
S cap.gif
S aqu.gif
S pis.gif
AriesTaurusGeminiCancerLeoVirgoLibra
SkorpioSagitariusKaprikornusAkuariusPises
Sagittarius.svg
Simbol Panah
Durasi 21 November – 21 Desember (2016, UTC)
Rasi bintang Sagitarius
Element Api
Kualitas Mudah berubah

Sagitarius ( ) adalah zodiak kesembilan dalam urutan di tabel zodiak. Di langit, zodiak ini membentang di antara 240 derajat dan 269 derajat dari sistem koordinat ekliptika. Dalam zodiak tropis, Matahari transit di daerah ini dari 21 November sampai 20 Desember setiap tahun. Dalam astrologi sideris, saat matahari transit di rasi bintang Sagitarius dari sekitar 16 Desember - 14 Januari.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Sagitarius diperintah oleh planet Jupiter. Elemen sagitarius adalah api (Bersama Aries, Leo), elemen yang menandai ambisi dan kekuatan fisik. Kualitas sagitarius adalah Berubah-ubah (Bersama Gemini, Virgo, Pises). Sagitarius akan mengalami kejatuhan derajat apabila sagitarius berada di planet Merkurius. Lawan dari sagitarius adalah gemini.

Asal Mula[sunting | sunting sumber]

Lambang dari zodiak Sagitarius adalah Centaur, yaitu sebuah mahluk dengan kepala, tangan, dan dada manusia namun berbadankan kuda. Sedangkan kisah mitologi dari asal mula zodiak Sagitarius ini berasal dari tokoh mitologi Chiron yang adalah centaur ternama yang merupakan anak Poseidon dengan kebijakan yang diajarkan oleh Apollo dan Artemis. Chiron juga adalah teman dari berbagai tokoh ternama mitologi seperti Hercules dan Achilles.

Sayangnya dalam sebuah perkelahian, Hercules yang melindungi dirinya dari serangan panah beracun lawan membuat panah beracun tersebut mengenai kaki Chiron. Chiron yang memiliki keabadian tidak dapat mati dan harus merasakan rasa sakit yang luar biasa. Hercules kemudian berjanji untuk membantu Chrion, dalam pengelanaan mereka Hercules bertemu dengan Prometheus, pencipta umat manusia yang terkurung.

Satu-satunya cara Prometheus dapat terbebas adalah agar seseorang menggantikan dirinya untuk terkurunng. Walaupun sedang kesakitan, Chiron kemudian bersedia menggantikan Prometheus. Melihat tindakan pahlawan tersebut, Zeus kemudian memperbolehkan Chiron untuk memberikan keabadiannya ke Prometheus dan kemudian menempatkan Chiron di rasi bintang sebagai zodiak Sagitarius.