Aries (astrologi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aries
Simbol zodiakDomba
Jangka waktu (Astrologi tropis)20 Maret – 19 April (2024, UTC)
Jangka waktu (Astrologi sideris)19 April – 13 Mei (2024, UTC)
Rasi bintangAries
ElemenApi
KualitasKardinal
DomisilMars
KerugianVenus
PeninggianMatahari
JatuhSaturnus
AriesTaurusGeminiKanserLeoVirgoLibraSkorpioSagitariusKaprikornusAkuariusPises

Aries atau dalam Bahasa Indonesia Mesa, (Diserap dari Bahasa Sanskerta) () /ˈɛərz/ (yang berarti "Domba") adalah rasi Zodiak pertama, yang mencakup 30 derajat pertama bujur langit (0°≤ λ <30°). Di bawah zodiak tropis, Matahari transit di rasi ini umumnya antara 20 Maret sampai 20 April setiap tahunnya. Durasi waktu ini persis bulan pertama Kalender Persia (Farvardin). Di bawah zodiak sidereal, matahari saat transit Aries dari 15 April - 15 Mei (kurang-lebih). Simbol domba yang didasarkan pada Chrysomallus, domba terbang.

Tergantung pada sistem yang digunakan, individu yang lahir pada tanggal tersebut, dapat disebut Arian atau Ariens .

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Aries adalah zodiak berelemen api yang berkarakter energik dan memiliki ego besar, rasi api lainnya adalah Leo dan Sagitarius. Seorang berzodiak Aries biasanya berwatak impulsif, pantang menyerah dan suka kebebasan. Dari sisi negatifnya, Aries memiliki tabiat gegabah, berjiwa pemberontak dan emosional, dengan rasa empati yang rendah.

Aries diperintah oleh planet Mars (Bersama Skorpio). Elemen aries adalah api (Bersama Leo, Sagitarius), elemen yang menandai ambisi dan kekuatan fisik. Kualitas aries adalah kardinal (Bersama Kanser, Kaprikornus, Libra). Aries akan mengalami peninggian derajat apabila berada di Matahari, dan mengalami kejatuhan derajat apabila berada di planet Venus. Lawan dari aries, pada dasarnya adalah libra. Namun ada yang mengatakan bahwa lawan dari aries adalah leo.

Asal Mula[sunting | sunting sumber]

Asal mula dari zodiak Aries ini sendiri berasal dari tokoh mitologi domba jantan berbulu emas yang dapat terbang, yakni Chrysomallus. Chrysomallus sendiri dikirimkan oleh Peri Awan, Nephele, untuk menyelamatkan kedua anaknya yang akan dikurbankan ke para Dewa yakni Phrixus dan Helle.

Chrysomallus berhasil membawa kabur kedua anak Nephele namun sayangnya Helle jatuh dan meninggal. Chrysomallus kemudian mengantarkan Phrixus ke Colchis, yakni sebuah wilayah di Kaukasia Selatan. Sebagai ganti atas perbuatannya menyelamatkan Phrixus dan Helle, maka Chysomallus meminta Phrixus untuk menggantungkan bulu emasnya di hutan belukar Dewa Perang Ares dan Chrysomallus terbang ke Surga untuk mengurbankan dirinya bagi para Dewa, atas tindakannya yang mengunggah ini Zeus kemudian memberikan Aries sebuah tempat di para bintang sebagai konstelasi Aries.

Referensi[sunting | sunting sumber]