Leo (astrologi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Leo
Leo2.jpg
Leo.svg
Simbol zodiakSinga
Jangka waktu (Astrologi tropis)23 Juli – 23 Agustus (2019, UTC)
Jangka waktu (Astrologi sideris)10 Agustus – 15 September (2019, UTC)
Rasi bintangLeo
ElemenApi
KualitasTetap
DomisilMatahari
KerugianSaturnus, Uranus
PeninggianPluto
JatuhMerkurius
AriesTaurusGeminiKanserLeoVirgoLibraSkorpioSagitariusKaprikornusAkuariusPises

Leo () (Yunani Kuno: Λέων, Latin: Leōn), adalah tanda zodiak ke 5, berasal dari konstelasi Leo. Muncul setelah Kanser (Yunani: Καρκίνος, Latin: Karkinos) dan sebelum Virgo (Yunani: Παρθένος, Latin: Parthenos). Pada zodiak tropis, Matahari transit konstelasi ini pada 23 Juli sampai 22 Agustus;[1]

Hubungan[sunting | sunting sumber]

Tanda tetap.
Kanser dan Leo, 1602.

Leo adalah tanda tetap bersama dengan Taurus, Skorpio, dan Akuarius. Di bawah zodiak tropis, Matahari transit antara 23 Juli sampai 22 Agustus setiap tahun, dan di bawah zodiak sideris, Matahari saat ini transit sekitar 16 Agustus sampai 15 September.[2] Lambang singa didasarkan pada singa Nemean, seekor singa dengan kulit yang tidak bisa ditembus.[3] Tanda ini adalah tanda utara dan tanda selatannya yang berlawanan adalah Akuarius.[1][4] Leo adalah tanda Api, bersama Aries dan Sagitarius. Leo biasanya paling cocok dengan tanda lawan Akuarius dan lainnya seperti Skorpio dan Taurus. Leo kurang cocok dengan Pises dan Virgo dan dalam hal persahabatan Leo cocok bersama Kaprikornus dan Taurus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Leo". Encyclopædia Britannica. United States: Encyclopædia Britannica, Inc. 2017. Diakses tanggal June 17, 2017. 
  2. ^ Swift, Jackson (2015). "Astrology: Tropical Zodiac and Sidereal Zodiac". goarticles.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 23, 2015. Diakses tanggal March 24, 2016. 
  3. ^ Atsma, Aaron J. "Nemean Lion". The Theoi Project: Greek mythology. Diakses tanggal July 27, 2016. 
  4. ^ "Leo". Windows to the Universe. Arlington, Virginia: National Science Teachers Association. Diakses tanggal July 27, 2016. 

Sumber[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]