Sadako Yamamura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sadako Yamamura
Rie Inō sebagai Sadako di Ring (1998)
Penampilan
perdana
Ring (1991)
Penampilan
terakhir
Sadako DX (2022)
PenciptaKoji Suzuki
Didasarkan
dari
Kehidupan dari Sadako Takahashi
Pemeran
Informasi
Nama lengkap
  • Sadako Yamamura
  • Park Eun-seo
  • Samara Morgan
Alias
  • Masako (Spiral)
  • Julia (Rings (2017))
Spesies
Jenis kelaminPerempuan
PekerjaanAktris (dahulunya)
Pihak lainnya
KewarganegaraanJapanese

Sadako Yamamura (山村 貞子, Yamamura Sadako), atau yang dinamai ulang sebagai Park Eun-seo (Hangul박은서) dan Samara Morgan untuk adaptasinya masing-masing, adalah antagonis utama dari seri novel Ring karya Koji Suzuki dan waralaba film dengan nama yang sama. Sejarah fiksi Sadako berganti-ganti antar serial kelanjutan, tetapi semuanya menggambarkan dia sebagai hantu pendendam dari seorang paranormal yang dibunuh dan dibuang ke dalam sumur. Sebagai hantu, dia menggunakan nensha. Dia memiliki kekuatan yang paling khas, yaitu membuat rekaman video terkutuk. Siapa pun yang menonton rekaman itu akan mati tepat satu minggu kemudian kecuali rekaman itu disalin dan diperlihatkan kepada orang lain, yang kemudian harus mengulangi proses yang sama.

Sadako Yamamura pernah diperankan oleh sejumlah aktris film, antara lain Rie Inō di Ring dan Ring 2, Hinako Saeki di Rasen, Yukie Nakama di Ring 0: Birthday, Ayane Miura di Ring: Kanzenban, Tae Kimura di Ring: The Final Chapter dan Rasen, dan Ai Hashimoto di Sadako 3D. Adaptasi asing mengganti nama karakter tersebut, dengan Bae Doona memerankan Park Eun-seo dalam film Korea Selatan The Ring Virus, dan Daveigh Chase memerankan Samara Morgan dalam film Amerika The Ring. Bonnie Morgan nantinya akan mengambil alih peran dalam Rings. Karakter tersebut juga muncul dalam film persilangan tahun 2016 karya Kōji Shiraishi, Sadako vs. Kayako diperankan oleh Elly Nanami, bersama antagonis Ju-On dan The Grudge karya Kayako Saeki.

Seri novel[sunting | sunting sumber]

Sadako lahir pada tahun 1947 dari pasangan Shizuko Yamamura dan Dr. Heihachiro Ikuma di Pulau Oshima. Setahun sebelumnya, Shizuko memperoleh kekuatan psikis setelah mengambil patung kuno En no Ozuno dari laut. Shizuko juga melahirkan seorang bayi laki-laki namun meninggal empat bulan kemudian karena sakit. Berencana pindah ke Tokyo bersama Ikuma, dia mempercayakan ibunya untuk merawat bayi Sadako. Atas dorongan Ikuma, Shizuko menunjukkan kekuatan psikisnya selama demonstrasi yang dipublikasikan. Namun, Shizuko mengundurkan diri dari demonstrasi karena migrain yang disebabkan oleh kekuatannya. Pers mengecam Shizuko sebagai penipu karena hal ini. Tertekan, Shizuko akhirnya kembali ke Pulau Oshima dan bunuh diri dengan melompat ke Gunung Mihara. Sementara itu, Ikuma berusaha untuk membuka kekuatan psikisnya sendiri dengan bermeditasi di bawah air terjun, yang akhirnya menyebabkan dia tertular tuberkulosis, mengharuskan dia untuk memulihkan diri di sanatorium di Semenanjung Izu, meninggalkan Sadako untuk diasuh oleh kerabat Shizuko. Seperti ibunya, Sadako adalah seorang paranormal yang kuat; sedangkan Shizuko hanya bisa membakar gambar ke kertas, Sadako juga bisa memproyeksikan gambar ke media elektronik, seperti TV.

Pada usia sembilan belas tahun, Sadako bergabung dengan grup akting berbasis di Tokyo. Seperti yang terungkap dalam cerpen Lemon Heart, dia jatuh cinta dengan operator suara, Hiroshi Toyama. Toyama mengetahui kekuatan Sadako dan menerimanya, tetapi kekuatan kutukan Sadako yang dibuat dalam bentuk rekaman suara akhirnya membunuh empat orang, termasuk direktur rombongan. Hal itu mengakibatkan Sadako yang patah hati meninggalkan Toyama. Akhirnya, Sadako mengunjungi Ikuma di sanatorium Izu. Namun, ia malah diperkosa oleh seorang dokter bernama Jotaro Nagao yang tanpa sadar telah terinfeksi cacar. Selama memperkosa, ia menemukan bahwa Sadako mengidap sindrom feminisasi testis sehingga Sadako sebenarnya memiliki alat kelamin ganda. Sadako menggigit bahu Nagao, yang malah menyebabkan dia tertular virus cacar yang diderita Nagao. Akhirnya, Nagao melemparkannya ke sumur terdekat dan menyegelnya di dalam. Meramalkan dirinya akan terlahir kembali bertahun-tahun kemudian, Sadako bersumpah akan membalas dendam pada dunia sebelum dia mati. Kekuatan psikisnya mengubah virus cacar menjadi jenis virus baru, yang disebut "virus cincin", yang menyebabkan siapa saja yang tertular meninggal dalam waktu seminggu.

Dalam Ring, pada tahun 1991, sanatorium Izu, termasuk sumur tempat Sadako dibuang, telah dibangun kembali menjadi resor pegunungan. Sumur terletak tepat di bawah layar TV salah satu kabin resor. Ketika sebuah keluarga yang sedang berlibur lupa membawa pulang kaset video mereka setelah satu malam, Sadako memproyeksikan virus baru ke layar TV, dalam bentuk video, dan VCR merekamnya ke dalam kaset. Pengunjung berikutnya di kabin, Tomoko Oishi yang berusia 17 tahun, secara tidak sengaja menemukan dan menonton rekaman itu, membuat Sadako membunuhnya. Paman Tomoko, jurnalis Kazuyuki Asakawa, mulai menyelidiki kematiannya dan menonton rekaman itu, yang membuatnya dikutuk oleh Sadako. Dia belajar tentang asal Sadako dan menulis jurnal yang merinci penyelidikannya.

Seperti terungkap dalam Spiral, virus cincin awalnya memiliki cara melepaskan diri yang memungkinkannya untuk menyebar secara otomatis. Akan tetapi, Tomoko dan teman-temannya yang tidak mempercayainya, dengan nakal menulis ulang bagian rekaman yang memberikan solusi sebagai lelucon. Akibatnya, virus tersebut tidak memiliki sarana untuk memberi tahu penonton rekaman tentang cara menggandakan dirinya sendiri, sehingga virus tersebut bermutasi ketika pemirsa rekaman berikutnya, Kazuyuki, menontonnya dan menyalinnya untuk temannya, Ryuji Takayama. Dua jenis virus kemudian muncul, yang pertama berbentuk cincin, yang selalu akan membunuh penontonnya dalam waktu seminggu, dan yang lainnya berbentuk spermatozoid, yang akan tidak aktif di antara penonton kecuali mereka adalah wanita yang sedang berovulasi, yang sel telurnya akan terinfeksi oleh virus dan berubah menjadi klon Sadako. Hal ini terjadi karena Sadako ingin dilahirkan kembali, sesuatu yang tidak dapat dia lakukan secara biologis karena dia interseks. Akhirnya, meskipun kaset asli dan salinannya telah dibuang oleh peristiwa Spiral, virus tersebut menemukan jalannya ke media baru, yaitu jurnal Kazuyuki yang diterbitkan saudaranya setelah kematiannya dalam kecelakaan mobil. Kelangsungan hidup Kazuyuki yang terancam sebenarnya bukan karena dia menyalin rekaman untuk Ryuji, melainkan karena tanpa disadari dia membantu penyebaran virus. Inilah mengapa Kazuyuki selamat sementara istri dan putrinya, yang juga menyalin rekaman itu sesuai instruksinya, tidak selamat.

Virus yang tidak aktif menginfeksi Mai Takano yang sedang berovulasi ketika dia menonton rekaman itu, menyebabkan dia melahirkan klon Sadako yang menggunakan nama Masako. Masako digambarkan sebagai "hermafrodit lengkap" karena dia memiliki organ reproduksi pria dan wanita yang berfungsi penuh. Setelah identitasnya terungkap, Sadako memberi tahu Mitsuo Ando bahwa dia membuat kesepakatan dengan Ryuji. Sebagai imbalan atas kebangkitannya, Sadako akan membantu Ryuji dilahirkan kembali, sesuatu yang dia lakukan ketika dia menarik Ando ke dalam kasus tersebut. Dia kemudian memeras Ando, sebagai imbalan untuk tidak mengaktifkan virus cincin aktif yang dia derita saat dia membaca jurnal Kazuyuki, dia akan menahan diri untuk menghentikannya agar tidak diterbitkan. Sebagai insentif, Sadako, yang memiliki kemampuan untuk mengkloning seseorang dengan menanamkan gen mereka ke dalam dirinya, akan melahirkan putranya yang sudah meninggal, Takanori, untuk hidup kembali. Menyadari bahwa Sadako akan menang meski apa pun yang telah dia lakukan, Ando dengan menolak untuk bekerja sama.

Dalam novel ketiga, Loop, yang mengungkapkan bahwa peristiwa dari dua buku sebelumnya diatur dalam realitas virtual yang disebut LOOP, disebutkan bahwa virus cincin tanpa disadari lolos ke dunia nyata setelah penciptanya mengkloning Ryuji, yang sekarat karena virus tersebut. Virus tersebut terpisah dari Ryuji dan bermutasi dengan bakteri, menciptakan kanker yang sangat berbahaya yang disebut Metastatic Human Cancer (MHC), yang mengancam semua kehidupan. Kloning Ryuji, yang dibesarkan sebagai Kaoru Futami dan tidak memiliki ingatan akan hidupnya di LOOP, akhirnya harus masuk kembali ke realitas virtual untuk mendapatkan obat untuk virus cincin dan MHC. Dalam cerita pendek "Selamat Ulang Tahun", Kaoru menemukan obat yang menetralkan semua klon dalam realitas virtual, menyebabkan dirinya dan klon Sadako menua dengan cepat dan mati dalam hitungan tahun.

Novel kelima, S, mengungkapkan bahwa Masako dihamili oleh Ryuji dan melahirkan seorang gadis bernama Akane Maruyama. Akane, tidak seperti klon Sadako, tidak mewarisi gen cacat yang membahayakan klon, termasuk Masako, yang meninggal beberapa tahun setelah dia lahir. Sementara itu, Ryuji mencoba untuk menghentikan penyebaran virus cincin melalui jurnal Kazuyuki tetapi mengalah untuk membiarkan empat klon Sadako terus ada, berpikir bahwa mereka memiliki umur pendek dan karenanya tidak menimbulkan ancaman. Namun, klon tersebut dibunuh satu per satu oleh murid Ryuji, Hiroyuki Niimura, yang merasa itu adalah tugasnya untuk menghancurkan Sadako untuk selamanya.

Serial manga[sunting | sunting sumber]

Dalam Sadako-san dan Sadako-chan yang berlatar setelah film 2019 Sadako, Sadako berusaha untuk beralih dari masa lalu tragis mereka dan menyebarkan kutukan mereka melalui rekaman video dengan menggunakan YouTube serta media sosial melalui seorang gadis muda yang dikenal sebagai "Sadako Kecil", reinkarnasi dari dirinya sendiri. Sadako kecil, seorang anak kecil dan YouTuber pemula yang menghabiskan sepanjang hari di lemari kecil atas permintaan ibunya, berteman dengan Sadako setelah dia tiba tujuh hari setelah menonton rekamannya dan tidak takut padanya, membuat saluran YouTube bersama dengan julukannya "Twodako". Dalam set pasca-apokaliptik Sadako di Ujung Dunia, Sadako dipanggil setelah dua gadis muda menonton rekaman videonya untuk menemukan kiamat telah terjadi sejak dia terakhir dipanggil, dan bahwa kedua gadis itu tampaknya adalah manusia terakhir yang masih hidup. Bertentangan tentang apa yang harus dilakukan ketika periode tujuh hari gadis-gadis itu habis, Sadako membantu pasangan itu mencari lebih banyak korban di dunia untuknya dengan kedok teman, karena ikatan ketiganya memperluas kemungkinan Sadako sendiri menemukan kedamaian dan kutukannya berhasil dipatahkan. Akhirnya, setelah membunuh penata rambut terakhir di bumi sesudah membiarkan dia menata rambut teman-temannya dan bertemu dengan Okiku, Sadako memilih untuk dengan enggan mengambil nyawa kedua gadis itu pada hari ketujuh, mengakhiri kutukannya sendiri dan bersatu kembali dengan mereka yang ada di akhirat.

Seri film[sunting | sunting sumber]

Masa lalunya digambarkan berbeda dalam film seri. Dalam kelanjutan versi ini, Sadako bukanlah anak kandung dari Dr. Ikuma dan Shizuko tetapi tersirat sebagai hasil hubungan seksual antara Shizuko dan iblis laut yang penuh teka-teki setelah Shizuko menghabiskan waktu berjam-jam menatap dan berbicara dengan lautan. Saudara laki-laki Shizuko, Takashi, kemudian mengetahui prediksi psikisnya tentang letusan Gunung Mihara dan memberi tahu semua orang tentang hal itu sehingga menjadikan Shizuko sebagai selebriti dadakan. Dr Ikuma yang memiliki keinginan untuk membuktikan keberadaan ESP, mendorong Shizuko untuk berpartisipasi dalam sebuah demonstrasi di Tokyo. Selama demonstrasi, Shizuko berhasil membuktikan kemampuan psikisnya. Akan tetapi, seorang jurnalis yang dengki bernama Miyaji, menuduh Shizuko sebagai penipu, menghasut jurnalis lain untuk bergabung dalam keributan. Sadako yang menonton dari belakang panggung membentak dan membunuh Miyaji, untuk membela ibunya.

Ai Hashimoto memerankan Sadako dalam Sadako 3D (2012).

Sadako akhirnya terpecah menjadi kembar identik, yang satu baik dan polos, dan yang lainnya pemarah dan merusak. Setelah Shizuko bunuh diri, Ikuma pindah ke Izu bersama si kembar. Sadako yang baik tumbuh menjadi dewasa dan menjadi seorang aktris, sedangkan si kembar jahat dikurung oleh Ikuma dan dibius untuk menghambat pertumbuhannya. Akiko Miyaji, tunangan jurnalis yang dibunuh Sadako, memimpin massa yang marah untuk membunuh Sadako yang jahat. Akan tetapi si kembar kemudian bergabung menjadi satu dan membantai para penyiksanya. Ikuma kemudian melukai dan melemparkan Sadako ke dalam sumur di belakang rumahnya. Sadako bertahan selama 30 tahun, meninggal tak lama sebelum peristiwa Ring, membuat rekaman video terkutuk.

Di akhir Sadako 3D 2, terungkap bahwa Sadako memiliki seorang putri, yang secara singkat digambarkan sebagai "benih keputusasaan yang tumbuh dan siap mekar".[1]

Sadako muncul di film persilangan Sadako vs. Kayako, menghadapi Kayako Saeki, antagonis dari film Ju-On. Rekaman video terkutuk Sadako, dalam versi ini, dikurangi menjadi tenggat waktu dua hari, bukan tujuh hari seperti biasanya. Dia juga terbukti jauh lebih kuat dan lebih kejam kali ini. Kutukannya memaksa orang yang mencoba untuk melarikan diri dari kutukan agar bunuh diri dengan cara yang brutal. Kedua hantu itu kemudian direncanakan untuk bertempur satu sama lain agar dapat membebaskan kedua wanita yang berada di bawah kutukan masing-masing hantu. Mereka dibujuk ke sumur tua dengan bantuan paranormal Keizo Tokiwa dan Tamao dalam upaya untuk menghancurkan mereka berdua. Namun, hal itu akhirnya menyebabkan kedua hantu tersebut melebur menjadi entitas besar dan mengerikan yang disebut Sadakaya. Selanjutnya, sebelum pertempuran dan penggabungannya dengan Kayako, kutukan Sadako secara tidak sengaja dipindahkan dari rekaman video ke Internet, berpotensi melepaskan kutukan itu ke seluruh dunia.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Latar belakang Sadako sangat terinspirasi oleh legenda Jepang tentang Okiku.

Sadako muncul sebagai seorang wanita muda yang wajahnya tersembunyi di balik rambut hitam panjangnya, dan dia mengenakan gaun putih yang memiliki noda air di atasnya yang juga compang-camping di ujungnya. Penampilan ini adalah ciri khas yūrei. Secara khusus, Sadako adalah sejenis yūrei yang dikenal sebagai onryō, sebuah hantu yang terikat oleh keinginan untuk membalas dendam. Dalam Sadako 3D, Sadako tampil sebagai dirinya sebagai manusia sambil tetap menampilkan ciri-ciri onryō, selain penampilan standar yūrei. Ring: Kanzenban adalah satu-satunya film yang menggambarkan Sadako secara berbeda dari penampilan yūrei tradisional. Dia ditampilkan mirip dengan seorang wanita muda, namun rambutnya hampir menutupi wajahnya, dan sering digambarkan telanjang sebagai lawan dari pakaian putih. Sadako juga merupakan gabungan dari dua hantu Jepang yang terkenal, Oiwa dan Okiku. Dari Oiwa, Sadako mengambil satu mata yang cacat dan dari Okiku, ia mengambil aspek gaya pembunuhan, dan asal-usulnya yang bermula dilempar ke dalam sumur dan kemudian hantu bangkit dari sumur untuk membalas dendam.[2]

Kesuksesan film Ring tahun 1998 akhirnya membawa citra yūrei tradisional ke dalam budaya populer barat untuk pertama kalinya, meskipun citra tersebut telah ada di Jepang selama berabad-abad. Gambar yūrei ini sering digunakan dalam film-film J-Horror lain, seperti Ju-on (dan remake-nya The Grudge), One Missed Call, serta Dark Water.

Dalam film Jepang aslinya, wajah Sadako tidak pernah terlihat selain tatapan satu matanya. Tampilan tersebut dipilih karena itu memanfaatkan ketakutan manusia atas ketidaktahuan/ketidakpastian. Di Ringu 2, wajahnya terlihat rusak parah akibat kontak yang terlalu lama dengan air. Dalam remake yang ada di Barat, Samara Morgan menampilkan wajahnya secara singkat, dia muncul sebagai wanita dengan kulit keriput yang ditutupi sayatan.

Chizuko Mifune, seorang paranormal terkenal di awal abad ke-20, menjadi inspirasi bagi Sadako dan ibunya Shizuko.

Sadako juga didasarkan pada kehidupan paranormal awal abad ke-20 Sadako Takahashi, seorang praktisi nensha, yaitu seni memproyeksikan gambar ke dalam film hanya dengan pikiran. Pada tahun 1931 Takahashi dipelajari oleh psikolog Tomokichi Fukurai untuk bukunya, Clairvoyance and Thoughtography. Fukurai juga bekerja dengan paranormal Chizuko Mifune, yang mengilhami latar belakang Sadako dan ibunya Shizuko.[3]

Pada tahun 2022, dia muncul sebagai karakter yang dapat dimainkan di Dead by Daylight, dan menjadi cameo di Erma (webtoon yang secara tidak langsung terinspirasi oleh Ju-On dan The Ring).[4]

Kekuatan[sunting | sunting sumber]

Sadako memiliki berbagai kekuatan psikis di semua buku dan film Ring cycle. Yang paling terkenal adalah kemampuannya membuat rekaman video "terkutuk".

Kaset video[sunting | sunting sumber]

Dalam film, metode pembunuhannya sering tidak dijelaskan, tetapi ketika seseorang terbunuh olehnya, Sadako terlihat memanjat keluar dari permukaan terdekat, sering kali dari layar televisi, dan mendekati mereka. Mayat-mayat dari korbannya ditemukan dengan ekspresi kesedihan yang tidak wajar di wajah mereka.

Di Spiral, kutukan itu dijelaskan secara rinci dan ditemukan sebagai virus. Ketika seseorang menonton kaset terkutuk (atau sesuatu yang membawa kutukan) beberapa DNA mereka diubah menjadi Virus Cincin (hibrida DNA Sadako dan virus cacar). Ini menyebar ke seluruh tubuh mereka dan dalam banyak kasus menyebabkan sarkoma terbentuk di salah satu arteri jantung mereka. Jika kutukan tersebut tidak diredakan dalam waktu tujuh hari, sarkoma terlepas dari arteri dan menyumbatnya, menyebabkan gagal jantung. Namun, akhirnya, virus tersebut dapat menginfeksi orang melalui cara selain rekaman video, seperti laporan yang merinci peristiwa Ring yang ditulis oleh Kazuyuki Asakawa di mana virus telah masuk dari tubuh Asakawa, versi baru dari laporan tersebut diterbitkan oleh saudara Asakawa. dalam sebuah film berdasarkan novel (di mana Sadako berperan sebagai dirinya sendiri), dan terakhir virus Metastatic Human Cancer yang muncul di novel ketiga, <i id="mw3A">Loop</i>.

Setiap versi rekaman video berisi citra yang mengganggu. Versi novel menampilkan pesan di awal dan akhir rekaman, meskipun metode untuk menghilangkan kutukan telah direkam. Sebagian besar rekaman dari sudut pandang Sadako, termasuk pelecehan seksual oleh Nagao Jotaro. Inkarnasi film tersebut memiliki citra yang lebih abstrak, dan menampilkan sosok misterius yang wajahnya tertutup handuk, menunjuk ke sesuatu di luar layar. Dia secara kolektif disebut sebagai "Manusia Handuk", dan berspekulasi untuk melambangkan ayah biologis Sadako yang tidak diketahui, mungkin dari dunia lain. Dia muncul di Ring, mengarahkan Reiko ke Yoichi menonton rekaman itu, dan kemudian menunjukkan salinan yang dia buat dari rekaman itu, menyiratkan bahwa dia sebenarnya adalah Ryuji Takayama setelah kematiannya.[5] Bidikan terakhir dari rekaman itu adalah sumur, yang meluas dengan setiap penayangan, hingga batas waktu kutukan di mana Sadako muncul dari sumur dan kemudian merangkak keluar dari permukaan reflektif terdekat untuk membunuh korbannya.

Versi alternatif dari rekaman itu ditampilkan di Ring: The Final Chapter, digambarkan direkam selama video musik penyanyi pop Nao Matsuzaki, dan batas waktu kutukan diperpanjang menjadi tiga belas hari.[6] Inkarnasi film Amerika mungkin yang terpanjang, dan sebagian besar terdiri dari citra abstrak atau penglihatan berlebihan yang telah dilihat Samara Morgan, tetapi masih banyak mengadaptasi dari versi Jepang termasuk urutan terakhir yang terkenal di mana Samara muncul dari televisi untuk membunuh korbannya.

Versi lain[sunting | sunting sumber]

Park Eun-Seo[sunting | sunting sumber]

Sadako adalah sumber karakter Park Eun-Seo dalam film remake Korea The Ring Virus (1999), diperankan oleh aktris Korea Bae Doona.

Park Eun-Seo lebih mirip dengan Sadako dari novel. Dia tampaknya seumuran dengan Sadako, meskipun usianya tidak pernah dikonfirmasi; dia hanya dikatakan menghilang setelah sekolah menengah. Dia dan ibunya sama-sama memiliki kekuatan supernatural (mirip dengan Sadako dan Shizuko) dan dikabarkan sebagai penyihir. Setelah ibu Eun-Seo melemparkan dirinya dari tebing ke laut, kekuatan Eun-Seo menghilang secara misterius. Seiring bertambahnya usia, dia bekerja di klub malam dengan nama "Sunny Park". Kekuatannya kembali. Dia mampu menyalakan TV yang dicabut dan membunuh seorang pria dengan kemampuannya setelah dia menangkapnya sedang mengintip saat mandi.

Eun-Seo diperkosa oleh saudara tirinya sesaat sebelum kematiannya, di mana dia menemukan bahwa dia adalah seorang hermafrodit. Dia malu dan secara telepati mengancamnya. Karena takut, saudara tirinya mencekik dia hingga pingsan dan menjatuhkannya ke sumur terdekat di Sanitarium tempat dia menginap karena cacar.

Samara Morgan[sunting | sunting sumber]

Daveigh Chase berperan sebagai Samara Morgan di The Ring (2002).

Sadako adalah pengaruh utama Samara Morgan dari remake Amerika tahun 2002, The Ring dan sekuelnya, The Ring Two and Rings. Dia diperankan oleh Daveigh Chase, Kelly Stables dan Bonnie Morgan. Samara Morgan digambarkan sebagai gadis kecil dari dunia lain, yang bertanggung jawab atas pembuatan rekaman video terkutuk dari cerita Cincin versi Amerika. Penampilannya yang biasa adalah seorang gadis dengan rambut hitam panjang menutupi wajahnya dan mengenakan gaun putih. Samara memiliki kekuatan <i>nensha</i> seperti Sadako, mampu membakar gambar ke permukaan dan ke dalam pikiran orang lain. Tidak seperti Sadako, Samara secara fisik merusak wajah korbannya sebelum akhirnya meninggal karena serangan jantung.

Sejarah Samara diliput melalui film-film Amerika. The Ring menyatakan bahwa Anna dan Richard Morgan (Shannon Cochran dan Brian Cox), yang memiliki peternakan kuda di Pulau Moesko, Washington, mengaku telah mengadopsi Samara dari orang tua tak dikenal di daratan setelah banyak upaya yang gagal untuk memiliki anak sendiri. Seiring bertambahnya usia Samara, kekuatannya membakar gambaran mengerikan ke dalam benak Anna, hampir membuatnya gila. Richard mengusir Samara untuk tinggal di gudang peternakan, tetapi dia menggunakan kekuatannya untuk membuat kuda kesayangan Anna bunuh diri setelah mereka "membuatnya terjaga di malam hari". Suatu saat, Samara dibawa ke rumah sakit jiwa tetapi para dokter tidak dapat menjelaskan kekuatannya. Selama liburan keluarga di Shelter Mountain, Anna menyerang Samara saat dia berdiri di depan sumur tua, mencekiknya dengan kantong sampah dan kemudian menjatuhkannya ke dalam sumur. Anna kemudian bunuh diri dengan melompat dari tebing. Namun, Samara bertahan hidup selama tujuh hari sendirian di dalam sumur sebelum meninggal karena kombinasi kelaparan dan hipotermia. Akhirnya, satu set kabin sewaan dibangun di dekat sumur, satu di atasnya. Hal ini memungkinkan Samara memproyeksikan penglihatannya ke dalam kaset VCR, menciptakan kutukan tujuh hari. Kutukan Samara membunuh Katie (Amber Tamblyn), keponakan jurnalis Rachel Keller (Naomi Watts), yang menyelidiki asal-usul rekaman itu. Rachel, mantan pacarnya Noah Clay (Martin Henderson) dan putra mereka Aidan (David Dorfman) semuanya menonton video tersebut. Rachel bertemu Richard, yang memperingatkannya untuk menjauh dan kemudian bunuh diri melalui sengatan listrik. Rachel dan Noah akhirnya menemukan mayat Samara di dalam sumur dan menguburnya. Namun ini tidak melakukan apa pun untuk menenangkan Samara seperti yang diharapkan oleh Rachel dan Noah dan dia membunuh Noah sesuai aturan kutukan. Rachel menghancurkan kaset video asli karena marah, tetapi menggunakan versi salinan dari video tersebut untuk melanjutkan kutukan untuk menyelamatkan Aidan.

The Ring Two memperluas latar belakang Samara: ibunya, seorang wanita bernama Evelyn (diperankan oleh Mary Elizabeth Winstead di masa mudanya dan oleh Sissy Spacek sebagai wanita yang lebih tua), percaya bahwa putrinya memiliki setan di dalam dirinya dan mencoba menenggelamkan gadis itu. tapi dia dicegah oleh biarawati. Evelyn dikirim ke rumah sakit jiwa, sementara Samara disiapkan untuk diadopsi. Dalam garis waktu film saat ini, Samara dengan sengaja memanipulasi rekaman itu untuk kembali ke Rachel, setelah memutuskan menjadikan Rachel sebagai ibu barunya. Setelah Rachel membakar kaset itu, Samara merasuki Aidan. Rachel membius Samara dan kemudian hampir menenggelamkan Aidan untuk mengusirnya. Samara mundur ke pesawat televisi, dan Rachel membiarkan dirinya ditarik ke dunia visioner Samara dan jatuh ke dalam sumur. Rachel keluar dari sumur dengan Samara mengejarnya, tetapi Rachel menutupi segel sumur tepat pada waktunya.

Di Rings, film berkembang lebih jauh ke belakang cerita latar Evelyn. Evelyn (Kayli Carter) diculik oleh seorang pendeta lokal, Galen Burke (Vincent D'Onofrio), yang memperkosa dan menghamilinya, yang menyebabkan Samara dikandung selama penahanan Evelyn. Bertahun-tahun setelah kematian putrinya, Burke menyegel sisa-sisa Samara di dinding rumahnya di beberapa titik setelah peristiwa film pertama, mengetahui arwahnya masih akan mengganggu orang-orang yang pernah bertemu dengannya. Dia juga membutakan dirinya sendiri agar Samara tidak bisa membunuhnya. Samara telah mencari tuan rumah yang penuh kasih untuk dilahirkan kembali, yang dia temukan pada seorang gadis remaja bernama Julia (Matilda Lutz). Burke mencoba membunuh Julia, tetapi Samara keluar dari iPhone Julia, memulihkan penglihatan Burke, dan membunuhnya. Setelah jenazahnya dikremasi, arwah Samara kini bersemayam di dalam diri Julia. Dalam adegan penutup film, video Samara mulai menyebar secara daring dan menjadi viral.

Penggambaran[sunting | sunting sumber]

Sejumlah aktris telah memerankan Sadako dalam berbagai film dan adaptasi televisi dari novel tersebut, serta adaptasi asing.[butuh rujukan]

Sadako Yamamura[sunting | sunting sumber]

Park Eun-Seo[sunting | sunting sumber]

Samara Morgan[sunting | sunting sumber]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Karakter Sadako Yamamura dan Samara Morgan telah diterima dengan baik oleh penonton dan kritikus film. The Movie Book mendeskripsikan Sadako sebagai sosok yang memengaruhi seluruh genre horor Jepang, membuat citra mitologis yurei menjadi populer dalam film.[7] Kritikus film Inggris Mark Kermode mencantumkan penjelajahan ikonik Sadako keluar dari televisi sebagai momen paling menakutkan ketujuh dari genre film horor.[8] Adegan itu juga berada di urutan keenam dalam 100 Momen Menakutkan Terbesar Channel 4.[9] Pada tanggal 10 Agustus 2002, Sadako diberi pemakaman umum di Museum Laforet di Harajuku, Tokyo, bersamaan dengan pembukaan pameran Ring di museum dan peluncuran The Ring, dengan Koji Suzuki menghadiri pemakamannya.[10] Mark Dinning dari Empire menggambarkan Samara sebagai salah satu "penjahat yang tak kenal lelah, tidak masuk akal, dan tak terkendali yang pernah ada" di industri film.[11] Daveigh Chase dipuji atas penampilannya sebagai Samara Morgan, dan memenangkan Penghargaan Film MTV untuk Penjahat Terbaik pada upacara tahun 2003.[12]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Suzuki, Koji (1995). Spiral. Ring (dalam bahasa Inggris). Vertical Inc. 
  2. ^ "Sadako's Secrets: Explaining "Ringu" at the Asian Art Museum | JETAANC". 2018-05-26. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-05-26. Diakses tanggal 2021-09-06. 
  3. ^ Enns, Anthony (2010). "The Horror of Media: Technology and Spirituality in The Ring Films". Dalam Lacefield, Kristen. The Scary Screen: Media Anxiety in 'The Ring'. Burlington, Vermont: Ashgate. ISBN 978-0754669845. Not only was Koji Suzuki -- the author of the Ring novels -- familiar with the history of Japanese parapsychology, but the story of Tomokichi Fukurai significantly influenced him as he wrote the first novel in the Ring trilogy. 
  4. ^ "Dead by Daylight Chapter 23: Ringu (The Ring) comes to the game in 2022". Polygon. 2021-12-14. Diakses tanggal 2022-05-26. 
  5. ^ Lopez, J. (2006). "FAQ - The original Japanese series". Internet Archive. Curse of the Ring. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 March 2016. Diakses tanggal 8 July 2018. 
  6. ^ "Ring Saishusho Cursed Videotape". The Ring Area. 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 December 2014. Diakses tanggal 8 January 2015. 
  7. ^ Baxter, Louis; Farndon, John; Grant, Kieran (2015). Danny Leigh, ed. The Movie Book (dalam bahasa Inggris). Damon Wise. DK Publishing. hlm. 288–289. ISBN 978-0-2411-8802-6. 
  8. ^ Kermode, Mark (2003). "All Fright On the Night". The Guardian. Diakses tanggal 8 January 2015. 
  9. ^ "Shining Tops Screen Horrors". BBC News. 2003. Diakses tanggal 8 January 2015. 
  10. ^ Lopez, J. (2006). "The Ring exhibit". Internet Archive. Curse of the Ring. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 March 2016. Diakses tanggal 8 July 2018. 
  11. ^ Dinning, Mark. "The Ring Movie Review". Empire Online. Diakses tanggal 8 January 2015. 
  12. ^ "2003 MTV Movie Awards". MTV Awards. 2003. Diakses tanggal 8 January 2015.