SMP Negeri 1 Padang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
SMP Negeri 1 Padang
Logo SMPN 1 Padang.jpg
Informasi
Didirikan 1950
Jenis Negeri
Akreditasi A
Nomor Statistik Sekolah 201086106001[1]
Nomor Pokok Sekolah Nasional 10303508[1]
Moto Paradigma Baru, Komitmen Benar, Pelayanan Prima
Kepala Sekolah Drs. Hakim, M.Pd.[2]
Ketua Komite Drs. Azhar Nuri
Jumlah kelas 19 Kelas Reguler dan 2 Kelas Akselerasi
Rentang kelas VII, VIII, IX
Kurikulum Kurikulum 2013
Status Diakui
Alamat
Lokasi Jalan Jend. Sudirman No. 3, Kampung Jao, Padang Barat, Padang, Sumatera Barat
Situs web www.smpn1-padang.sch.id
Moto

SMPN 1 Padang adalah sekolah menengah pertama negeri yang terletak di Jl. Jend. Sudirman No. 3, Kota Padang. Bangunan sekolah ini merupakan salah satu bangunan bersejarah di Kota Padang. Pada zaman penjajahan, tempat ini menjadi basis gerakan militer rakyat dalam mengusir penjajahan Belanda di Kota Padang. Sekolah ini pada awalnya bernama MULO saat zaman penjajahan Belanda. Namun setelah Indonesia merdeka, namanya berubah menjadi PERMINDO. Kemudian berubah menjadi SLTPN 1 Padang hingga akhirnya berubah menjadi SMP Negeri 1 Padang.

Beberapa tokoh terkenal bersekolah di sini. Di antaranya adalah proklamator bangsa, Dr. H. Moh. Hatta, Mantan Perdana Menteri IndonesiaMohammad Natsir, dan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Sejak beberapa tahun belakangan ini SMPN 1 Padang sangat banyak meraih prestasi. Mulai dari tingkat kota hingga tingkat Internasional. Di tingkat provinsi Sumatera Barat, SMPN 1 Padang setiap tahun hampir selalu meraih nilai Ujian Nasional tertinggi. Selain itu di bidang sains, pelajar SMPN 1 Padang hampir selalu mendominasi peringkat tertinggi. Pada bulan September 2006 yang lalu, salah seorang siswa SMPN 1 Padang berhasil meraih perunggu dalam Olimpiade Sains Biologi Nasional di Semarang.dan pada tahun 2011 SMPN 1 Padang berhasil meraih perak dalam Olimpiade Biologi tingkat Internasional di Afrika Selatan, Selain itu tahun 2013 SMPN 1 Padang berhasil menjadi sekolah Adiwiyata Nasional.dan pada tahun 2015 SMP Negeri 1 Padang berhasil menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Struktur Sekolah[sunting | sunting sumber]

  • Kepala Sekolah : Drs. Hakim, M.Pd.[2]
  • Wakil Kurikulum : Dra. Eva Yulianti[3]
  • Wakil Kesiswaan : Erwan Effendi, S.Pd.
  • Wakil Sarana dan Prasarana : Dra. Ester Bustaman[3]
  • Kepala Tata Usaha : Marnis

Pautan Luar[sunting | sunting sumber]