SMP Labschool Kebayoran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
SMP Labschool Kebayoran
Logo Labschool.png
Informasi
Didirikan12 Juli 2001
JenisSwasta
AkreditasiA
Nomor Pokok Sekolah Nasional20106976
Kepala SekolahDrs. Yati Suwartini, M.Pd.
Jumlah kelasVII: 7
VIII: 6
IX: 6
Rentang kelasVII, VIII, IX
KurikulumKurikulum 2013
Jumlah siswa232 siswa kelas VII, 227 siswa kelas VIII, 233 siswa kelas IX
StatusSwasta
Alamat
LokasiJl. KH. Ahmad Dahlan No. 14 Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Bendera Indonesia Indonesia
Tel./Faks.(021) 7257367
Situs webwww.labschool-unj.sch.id/smpkebayoran/
InstitusiYayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta
Moto
MotoIman, Ilmu, Amal

SMP Labschool Kebayoran atau populer dengan sebutan SMP Labsky adalah sekolah menengah pertama yang berlokasi di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Fasilitas

Ekstrakurikuler

Kegiatan Kesiswaan

Labs Fresh School Day

Labs Fresh School Day adalah kegiatan pengenalan kepada sekolah. Kegiatan ini merupakan Masa Orientasi Siswa yang dilakukan kepada siswa Kelas 7. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah mengenalkan siswa dengan lingkungan dan peraturan di lingkungan SMP Labschool Kebayoran.

KALAM

Kalam adalah singkatan dari Kajian Islam Ramadhan. KALAM merupakan sejenis pesantren kilat yang berlangsung selama 3 hari 2 malam. Dalam kegiatan ini, siswa Kelas 7 diberikan materi mengenai ilmu agama oleh pembicara. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan ilmu agama kepada siswa Kelas 7. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan ilmu agama kepada siswa Kelas 7.

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa bertujuan untuk menumbuhkan sifat kepemimpinan pada diri siswa Kelas 7. Hal tersebut dilakukan dengan cara pemberian materi mengenai kepemimpinan oleh pembicara kepada siswa. Selain itu, penumbuhan sifat kepemimpinan juga dilakukan dengan cara PBB (Pelatihan Baris Berbaris) dan latihan fisik yang cukup berat sesuai dengan kemampuan siswa.

Bina Mental Siswa Indonesia

Bina Mental Siswa Indonesia (BIMENSI) adalah kegiatan yang diikuti siswa kelas 8 setiap tahunnya yang dilakukan dengan bantuan Korps Marinir. Bina Mental Siswa Indonesia bertujuan untuk membina mental siswa Kelas 8 agar menjadi pribadi yang lebih baik, menjalin kesolidan antar sesama angkatan, dan melatih jiwa kepemimpinan. Kegiatan pembinaan mental dilakukan dengan cara pelatihan fisik dan pelatihan mental.

ACEX (Art, Culture, and Sport Exhibition)

ACEX adalah sebuah kegiatan yang dipanitiai oleh siswa kelas 8 SMP Labschool Kebayoran. Kegiatan yang dilakukan antara lain pertandingan antar SMP dan SD di DKI Jakarta dan sekitarnya, meliputi lomba futsal, bola basket, bulu tangkis, cerdas cermat, band competion, solo singer, desain grafis, paskibra, fotografi, dan berbalas pantun. ACEX dimulai dengan opening dan berlangsung kurang lebih 3 minggu pada bulan Februari dan diakhiri dengan closing di akhir pelaksanaan. Closing ACEX berisi penyerahan hadiah serta pertunjukan dari para pemenang lomba. Di dalam closing ACEX, terdapat pula pameran budaya dari berbagai provinsi di Indonesia dan negara di berbagai belahan dunia.

Sky On Stage

Sky on Stage adalah kegiatan pentas seni yang ditampilkan dan dipanitiai oleh siswa kelas 8. Sky On Stage biasanya dilakukan di bulan Mei, dan merupakan salah satu proyek terbesar yang digarap selain ACEX. Jarak waktu antara ACEX dan Sky On Stage berdekatan, hanya selang kurang lebih sebulan. Sky On Stage ini merupakan wadah untuk menampung kreativitas siswa-siswi.