SMK Negeri 1 Cimahi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
SMK Negeri 1 Cimahi
STM Negeri Pembangunan Bandung
Logo SMK Negeri 1 Cimahi - 2014
Informasi
Didirikan 24 Maret 1977
Jenis Sekolah Mengengah Kejuruan
Akreditasi SMK - SBI (Sekolah Berstandar Internasional) - INVEST (International Vocational Education Strengthening)
Kepala Sekolah Drs. H. Ermizul, M.Pd.
Program/jurusan/
peminatan
Teknik Elektronika Industri (TEI), Teknik Elektronika Komunikasi (TEK), Kontrol Proses (KP), Kontrol Mekanik (KM), Teknik Otomasi Industri (TOI), Teknik Pendinginan dan Tata Udara (TPTU), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian (TP4)
Status Negeri
Alamat
Lokasi Jl. Maharmartanegara No. 48, Kec. Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat,
Bendera Indonesia Indonesia
Tel./Faks. (022) 6629683
Koordinat 6°54′08″LS 107°32′18″BT / 6,902189°LS 107,538401°BT / -6.902189; 107.538401
Situs web http://smkn1-cmi.sch.id/
Moto
Moto Menjadi Lembaga Diklat yang bermutu dan berbudaya, sehingga menghasilkan insan yang mandiri, kompetitif, sejahtera dan agamis serta berkemampuan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat lokal maupun global.

SMK Negeri 1 Cimahi (STM Pembangunan Bandung) merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Menengah Kejuruan di Kota Cimahi, Jawa Barat yang menyelenggarakan Program Pendidikan Kejuruan 4 Tahun, dan merupakan salah satu SMK dari 8 (delapan) SMK Negeri di Indonesia yang memiliki program 4 (empat) Tahun, yang pembangunan fisiknya dimulai sejak tahun 1969, di atas tanah seluas 3,4 Ha, dan telah menerima siswa sejak tahun 1974 dengan nama STM Negeri Pembangunan Bandung, yang diresmikan pada tanggal 24 Maret 1977.

Perkembangan SMK Negeri 1 Cimahi dari sejak berdiri sampai dengan tahun 1995/1996 bernama STM Pembangunan Bandung, sedangkan nama SMK Negeri 1 Cimahi - Bandung berlaku sejak tahun pelajaran 1996/1997 dengan berdasarkan SK Mendikbud No. 036/O/97.

Sejalan dengan otonomi daerah, dengan berpisahnya Kota Cimahi dengan Kab. Bandung, maka pada tahun pelajaran 2001/2002 STM Pembangunan Bandung yang setelahnya bernama SMK Negeri 1 Cimahi - Bandung berubah nama menjadi SMK Negeri 1 Kota Cimahi.

Secara geografis SMK Negeri 1 Cimahi terletak di kawasan Industri, yang dapat dijangkau dari berbagai sudut kota Cimahi, baik dari atau ke Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Jakarta dengan mudah, serta dapat dengan mudah diakses oleh industri-industri yang berada di kawasan industri di Jalur Pantura Provinsi Jawa Barat. Sehingga akses yang dapat dilakukan untuk kepentingan akademik baik pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah (Dunia Usaha / Dunia Industri ) dapat dilakukan dengan baik.

Infrastruktur[sunting | sunting sumber]

SMK Negeri 1 Cimahi,beralamat di Jl. Mahar Martanegara (Leuwigajah) No. 48 Kota Cimahi, dengan luas lahan kira-kira 3,4 Ha berada di lingkungan kawasan Industri, yang terdiri dari Ruang Teori, Ruang Gambar, Ruang Praktik (Bengkel), Laboratorium dan Sarana Olah Raga. Dengan ukuran luas sebagai berikut :

Luas Tanah : 30.360 m2 | Luas Bangunan : 9.964 m2

  1. Parkir Mobil
  2. Parkir Motor
  3. Parkir Sepeda
  4. Lapangan Upacara
  5. Lapang Basket
  6. Lapang Bola Volley
  7. Lapangan Futsal
  8. Masjid
  9. Kantin
  10. Rumah Kompos (Bank Sampah)
  11. Green House
  12. Taman Bambu Kuning
  13. Jalur Penghubung / Koridor
  14. Jalan Aspal
  15. Gardu Listrik
  16. Sumur resapan dan biopori
  17. Pompa Air ( Jet Pump )

Jurusan[sunting | sunting sumber]

Saat ini, SMKN 1 Cimahi memiliki beberapa jurusan/kompetensi keahlian, yaitu:

  1. Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU)
  2. Teknik Otomasi Industri (TOI) [dulu Listrik Industri (LIND)]
  3. Kontrol Proses (KP)
  4. Kontrol Mekanik (KM)
  5. Teknik Elektronika Komunikasi (TEK) [dulu Teknik Transmisi (TETRAN)]
  6. Teknik Elektronika Industri (TEI) [dulu Elektronika Industri dan Komputer (EINDKOM)]
  7. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  8. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  9. Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian (TP4)

Potensi Unggulan[sunting | sunting sumber]

Potensi unggulan yang ada di SMK Negeri 1 Cimahi diantaranya adalah

  1. Siswa : Nilai masuk siswa yang cukup tinggi merupakan potensi yang lebih mudah dalam mengembangan karena kemampuan yang dimiliki siswa dapat dengan mudah digunakan dalam penyerapan pengetahuan dan keterampilan yang harus mereka terima di sekolah.
  2. Program Keahlian : Program Keahlian yang ada di SMK Negeri 1 Cimahi hampir semuanya merupakan satu-satunya program keahlian yang ada di Indonesia, kecuali untuk program ICT ada untuk yang 3 tahun tapi untuk yang 4 tahun di sekolah ini merupakan satu-satunya. Semua program keahlian perintisnya dari SMK Negeri 1 Cimahi. Hal ini merupakan suatu potensi unggulan karena dengan mudah siswa yang lulus terserap oleh industri hal ini telah berlangsung sejak berdirinya STM Pembangunan Bandung yang sekarang menjadi SMK Negeri 1 Cimahi.
  3. Kegiatan Pelatihan : Adanya berbagai kegiatan pelatihan dari luar yang sering dilakukan di sekolah ini memudahkan sekolah berhubungan dengan dunia usaha dan dunia industri juga dalam mengadopsi kemajuan teknologi yang saat ini berkembang dengan pesat.
  4. English Testing Centre : Sebagai pusat pelaksanaan Test TOEIC (Test Of English for International Communication) SMK Negeri 1 Cimahi merupakan pusat dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris untuk daerah Bandung dan Cimahi.
  5. Kegiatan Ekstra Kurikuler : Berbagai jenis kegiatan ekstra kurikuler yang dilaksanakan disekolah ini telah menghasilkan beberapa prestasi baik ditingkat regional maupun di Tingkat nasional.
  6. Sertifikasi : Adanya program sertifikasi untuk Teknik Informatika (Diploma 1 Teknik Komputer Jaringan) kerjasama dengan SEAMOLEC-ITB dan Diploma 1 Teknik Mekatronika kerjasama dengan POLMAN Bandung (PMS-ITB) (Program Seamless Education - Pendidikan Vokasi Berkelanjutan) juga merupakan suatu unggulan bagi SMKN 1 Cimahi.

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

Selain Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Majelis Permusyawaratan Kelas (MPK), terdapat beberapa organisasi ekstra kurikuler di sekolah ini, diantaranya adalah :

  • Bidang Keagamaan
  • Bidang Kepemimpinan
  • Bidang Kebahasaan
    • Forum Pembangunan English Club
    • Forum Sastra dan Bahasa Indonesia
    • Nihongo Kurabu
  • Bidang Olahraga
  • Bidang Seni & Budaya
    • Lingkung Seni Pembangunan (LSP)
    • Drumband Gita Suara Pembangunan (GSP)
    • Harmoni Angklung Pembangunan (HAP)
  • Bidang Sains dan Teknologi
  • Bidang Lingkungan Hidup
    • Kelompok Siswa Pecinta Lingkungan Hidup (KSPLH)
  • Bidang Bisnis & Kewirausahaan
    • Young Entrepreneur Club

Selain itu, ada beberapa komunitas belajar jurusan yang merupakan kegiatan tambahan. Komunitas belajar jurusan ini memiliki pembahasan lebih intensif pada pelajaran jurusan. Beberapa jurusan yang memiliki komunitas belajar jurusan :

  • Sugar Artwork - Teknik Produksi dan Penyiaran Program Pertelevisian
  • Science Club - Elektronika Industri dan Komputer
  • Transmission Club (TC) - Teknik Elektronika Komunikasi
  • Information Communication Technology Club - Rekayasa Perangkat Lunak
  • The Power Of Green - Kontrol Mekanik

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Beberapa Prestasi[sunting | sunting sumber]