SMA Negeri 2 Pariaman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
SMA Negeri 2 Pariaman
Informasi
Didirikan1980
JenisNegeri
AkreditasiA
Nomor Statistik Sekolah301080501004[1]
Nomor Pokok Sekolah Nasional10307310
Kepala SekolahDra. Jaslidar, M.M.
Ketua KomiteRudi Anton, S.E.
Jurusan atau peminatanIPA dan IPS
Rentang kelasX, XI, XII
KurikulumKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Kurikulum 2013
Alamat
LokasiJl. R.A. Kartini No. 75, Rawang, Pariaman Tengah, Pariaman, Sumatra Barat
Tel./Faks.(0751) 91023
Situs websman2pariaman.sch.id
Surelsmadwipa@yahoo.com
Moto
MotoMewujudkan Insan Madani yang Cinta Lingkungan, Disiplin, dan Kompetitif

SMA Negeri 2 Pariaman, merupakan sekolah menengah atas negeri yang terletak di Kota Pariaman, Provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 2 Pariaman ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.

Pada tahun 2007, sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebelumnya dengan KBK. Lalu pada tahun 2016, sekolah ini sudah mulai menggunakan kurikulum 2013 dimulai dari angkatan 2016/2017.[butuh rujukan]

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Berbagai fasilitas dimiliki SMAN 2 Pariaman untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas tersebut antara lain:

Agenda Tahunan[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 2 Pariaman memiliki agenda tahunan yaitu IPA CUP. IPA CUP yaitu lomba sains dalam bidang Matematika yang diadakan oleh SMA Negeri 2 Pariaman dan diikuti oleh SMA/MA se-Sumatra Barat. Lomba ini merupakan lomba Matematika tertua di Sumatra Barat yang telah mendapatkan rekor MURI dan masih eksis sampai saat ini. Untuk pertama kalinya pada tahun 2019 IPA cup juga hadir untuk tingkat SLTP.

Ekstrakurikuler[sunting | sunting sumber]

SMA Negeri 2 memiliki banyak kegiatan ekstrakurikuler, di antaranya,

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Sejak 2013 SMA Negeri 2 Pariaman bertabur prestasi baik dibidang akademik maupun di bidang non-akademik. Sebagai contohnya yaitu siswa–siswi SMA Negeri 2 Pariaman Juara 3 Olimpiade Fisika pada bulan April, Juara I TIK tingkat Kota Pariaman, Juara I dan III Bunkasai ke 13 se-Sumatra Barat yang diadakan oleh Universitas Bung Hatta, Juara I rodoku (story telling dalam Bahasa Jepang) di Universitas Negeri Padang, Juara harapan I debat bahasa Inggris se kota Pariaman.

"Dibidang ekskul Bulan Mei juara I Gandang Tambua tingkat Sumatra Barat, juara umum Festival Tari Tradisional Kreasi se-Kota dan Kabupaten Padang Pariaman. Juni Juara I terfaforit I Festival Tambua Kreasi se-kota Pariaman, pada bulan September siswa-siswi SMA N 2 Pariaman mendapat juara I Lomba futsal se-kota Pariaman, juara III semifinal kuis cerdas SMATVRI Sumbar. Oktober festival Dance BRI Pariaman. Juara III Putri BRI Pariaman, juara II pidato adat Minangkabau se kota Pariaman, juara I Karate, Tingkat Sumbar, Juara I Taekwondo tingkat Sumbar, juara II dan III tenis Meja se kota Pariaman, di bidang Pramuka pada Festival Suarna Dwipa Tahunan Fiesta 27 Unand mendapat Juara Umum se Sumatra” ujar Kanderi yang didampingi Elkhiyami,S.Pd,M.si. selaku Wakil kepala kesiswaan dan Sri Siswani, SP.d selaku pembina Basket Genta Dwipa.

Ahmad Yani, SE MM mantan anggota DPRD 2 periode yang ditunjuk menjadi ketua komite SMA Negeri 2 Pariaman merasa bangga akan prestasi yang diraih siswa-siswi pada tahun 2013.

Kemenangan siswa-siswi SMA 2 merupakan kemenangan masyarakat sekitarnya yang peduli dengan pendidikan terutama pada Harry Pribadi selaku pelatih yang sudah meluangkan waktunya tanpa mengeluh untuk membina siswa –siswi sehingga memperoleh prestasi yang membanggakan Kota Pariaman.

Merebut prestasi juara merupakan upaya yang bernilai patriotis namun kebanyakan setelahnya prestasi akan anjlok karena tidak adanya jiwa dan semangat mempertahankan, ini diakibatkan rasa eforia juara yang berlebihan sehingga lupa bahwa yang kita peroleh itu juga diincar pihak lain dan ketika kita lengah pihak lain tersebut langsung merebutnya karena yang namanya perlombaan itu hitungannya perdetik, lengah satu detik saja alamat nilai berkurang” ujar Ahmad Yani mengingatkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Selayang Pandang SMAN Negeri 2 Pariaman". Situs web resmi SMA Negeri 2 Pariaman. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-01. Diakses tanggal 18 November 2017. 


Akun sosial media Instagram : @smandwipa youtube : SMA N 2 Pariaman